Kiat Tetap Semangat Bekerja di Hari Kejepit

Hari kejepit bukan menjadi alasan Anda untuk bermalas-malasan, apalagi sampai cuti! Ini beberapa tips agar tetap semangat bekerja di hari kejepit.
Kiat Tetap Semangat Bekerja di Hari Kejepit

Klikdokter.com, Jakarta Tanggal merah atau hari libur merupakan momen yang paling ditunggu oleh hampir semua orang yang bekerja. Tapi, bila libur jatuh di hari yang “tanggung” seperti hari Kamis sementara harus tetap bekerja di hari Jumat tentu sangat mengesalkan, bukan?

Hal ini biasanya membuat motivasi bekerja jadi menurun karena sudah ingin libur. Anda pun mungkin berpikir untuk mengambil cuti. Jangan cepat menyerah, berikut tips semangat bekerja yang dapat Anda lakukan meski di hari kejepit!

1 dari 5

1. Berpikir Positif

Berpikir Positif Saat Kerja
loading

Pikiran dapat memengaruhi bagaimana cara Anda bertindak. Karena itu, berpikirlah positif. Arahkan pikiran pada target yang ingin dicapai. Pejamkan mata dan bayangkan suatu hari Anda mendapatkannya.

Jadikanlah impian menjadi motivasi dalam bekerja. Dengan pikiran yang positif, bekerja pun akan terasa lebih fokus dan ringan. 

2. Buat Daftar

Dibanding terus-menerus lihat jam sambil menunggu waktu pulang, buatlah daftar pekerjaan apa saja yang belum dilakukan. Setelah itu, segera lakukan pekerjaan tersebut tanpa menundanya lagi.

Anda juga bisa membuat rencana pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan minggu depan. 

2 dari 5

3. Hindari Buka Media Sosial

Seorang Pekerja Membuka Media Sosial
loading

Media sosial bisa jadi “bumerang” bila digunakan tidak pada waktu dan kondisi yang tepat. Tutup seluruh aplikasi media sosial Anda saat bekerja pada hari kejepit.

Dengan demikian, Anda tidak akan merasa malas atau terpengaruh akibat foto liburan teman-teman yang mengambil cuti di hari kejepit.

Artikel lainnya: Loyo di Tempat Kerja? Bisa Jadi Akibat AC Terlalu Dingin!

4. Bekerja sambil Mendengarkan Musik Favorit

Beberapa orang lebih menikmati waktu kerja sambil mendengarkan musik. Putar lagu kesukaan Anda saat menyelesaikan pekerjaan.

Lagu dapat membantu Anda merasa lebih relaks dan nyaman. Tambahan beberapa lagu baru yang sedang populer juga dapat menjadi pilihan, lho.

3 dari 5

5. Pakai Baju Favorit

Seorang Wanita Pakai Baju Favorit Saat Kerja
loading

Pakaian yang kita kenakan dapat membawa perubahan yang baik pada suasana hati. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan memberikan aura positif.

Selain itu, coba kenakan aksesori yang disukai, misalnya jam tangan, syal, atau gelang saat bekerja. Menata rambut dan merias wajah di pagi hari juga dapat membuat Anda merasa lebih semangat.

6. Luangkan 5 Menit untuk Istirahat

Sisakan waktu lima menit untuk bebas dari tekanan pekerjaan. Coba berjalan-jalan santai, melakukan peregangan, minum air, dan lain-lain. Momen singkat tersebut dapat membantu Anda kembali fokus saat bekerja.

4 dari 5

7. Buat Rencana Menyenangkan Sepulang Kerja

Buat Rencana Menyenangkan Sepulang Kerja
loading

Coba rancang kegiatan yang menyenangkan seusai kerja. Rencana yang dibuat juga tak perlu yang terlalu sulit.

Anda bisa melakukan hobi yang selama ini tidak sempat dilakukan, bertemu dengan kawan lama, atau sekadar bersantai di rumah bersama keluarga. Hal ini pasti bisa membuat kembali bersemangat.

8. Jangan Lupa Bersyukur

Sering kali, saat bekerja terus-menerus Anda akan merasa kelelahan. Apalagi ketika target yang diinginkan belum terpenuhi. Kondisi ini dapat membuat tidak fokus dan membanding-bandingkan diri dengan orang lain.

Cobalah untuk merasa bersyukur terhadap hal-hal kecil yang ada. Hal ini akan membantu Anda merasa bahagia dan bekerja dengan sepenuh hati.

Bekerja di hari kejepit tidak akan membawa sengsara. Nikmati pekerjaan Anda, jangan anggap itu sebagai sebuah beban atau halangan. Jangan lupa untuk bersyukur atas pekerjaan yang ada.

Baca Juga

Tetap jaga kesehatan dengan konsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, dan istirahat cukup. Tubuh yang sehat akan membuat Anda jadi lebih produktif bekerja!

Itulah tips semangat kerja di hari kejepit yang bisa Anda terapkan. Ingin konsultasi dokter seputar gaya hidup sehat? Pakai fitur Live Chat dari KlikDokter, lebih praktis dan cepat.

(FR/JKT)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Efek Nocebo, Pikiran Negatif yang Bikin Sakit Jadi Beneran

Info Sehat
31 Agt

Hati-Hati, Golongan Darah, A, B, O Lebih Mudah Kena Stres Berat!

Info Sehat
21 Agt

Cara Kembalikan Performa Kerja Setelah Stres

Info Sehat
04 Agt

Stres Saat Temani Anak Sekolah Online, Apa Wajar?

Info Sehat
03 Agt

Kiat Mengatasi Masalah Kulit Karena Stres

Info Sehat
28 Mei

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk