Kapan Batu Ginjal Harus Dioperasi?

Oleh dr. Sara Elise Wijono MRes pada 25 Aug 2017, 16:15 WIB
Apakah setiap penderita batu ginjal harus menjalani operasi?
Kapan Batu Ginjal Harus Dioperasi?

Klikdokter.com, Jakarta Batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang menimbulkan gejala nyeri luar biasa. Nyeri hebat ini biasa muncul di area pinggang. Namun seiring perjalanan batu melewati saluran kemih, rasa nyeri dapat berpindah ke area perut bawah dan sekitar organ kelamin.

Lalu bagaimana cara mengatasi batu ginjal? Apakah operasi adalah satu-satunya solusi?

Dalam dunia kedokteran, batu ginjal disebut nephrolithiasis. Salah satu faktor yang memengaruhi pertimbangan untuk terapi batu ginjal adalah ukuran dan lokasi dari batu tersebut. Batu berukuran kecil dan terletak di ujung saluran kemih dapat ditunggu hingga keluar dengan sendirinya.

Sekitar 60 persen batu dapat keluar secara spontan dalam jangka waktu sebulan, setelah penderita merasakan gejalanya. Umumnya selama menunggu batu keluar, penderita akan diberi obat-obatan guna membantu pengeluaran batu dan meredakan rasa nyeri.

Pada umumnya, batu ginjal dengan ukuran di bawah 5 mm dapat keluar dengan sendirinya. Setengah dari kasus batu yang berukuran di atas 5 mm mungkin memerlukan operasi untuk membantu pengeluaran batu. Batu berukuran 10 mm atau lebih sangat jarang dapat keluar dengan sendirinya.

Terdapat beberapa kondisi tertentu yang membutuhkan tindakan bedah dengan segera, antara lain:

  • Adanya sumbatan pada saluran kemih bagian atas dengan disertai infeksi.
  • Adanya gangguan pada fungsi ginjal yang mungkin memburuk.
  • Nyeri hebat yang tidak membaik setelah pengobatan dengan antinyeri.
  • Mual atau muntah yang tidak membaik dengan pengobatan, atau kesulitan dalam mengonsumsi cairan.
  • Pilihan pribadi pasien.

Jika Anda mengalami batu ginjal dengan kondisi di atas, kemungkinan besar operasi adalah pilihan. Batu ginjal memang keadaan yang tidak mengenakkan, terutama karena menimbulkan gejala nyeri hebat. Tidak semua batu ginjal perlu ditangani dengan dioperasi. Namun sebelum itu terjadi, Anda bisa mencegahnya dengan mengonsumsi banyak cairan.

[BA/ RVS]