Saat Haid, Bolehkah Minum Soda?

Oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong pada 19 Dec 2019, 14:51 WIB
Ada banyak larangan yang harus dihindari saat haid, termasuk tak boleh minum soda. Ketahui faktanya berikut ini.
Saat Haid, Bolehkah Minum Soda?

Klikdokter.com, Jakarta Banyak mitos seputar haid yang beredar, salah satunya mengenai minuman bersoda. Katanya, minum soda saat haid bisa menyebabkan nyeri perut hebat. Bahkan, minum soda saat haid juga diduga bisa menyebabkan gangguan kesuburan. Benarkah demikian?

Sebelum mengungkap kebenaran di balik rumor tersebut, Anda perlu tahu bahwa haid membuat tubuh wanita mengalami perubahan hormon. Kondisi ini mengakibatkan wanita lebih memilih mengonsumsi makanan atau minuman yang kurang sehat, termasuk minuman bersoda. 

Minuman bersoda (soft drinks) memiliki kandungan air berkarbonasi, kafein, dan gula. Jenis minuman ini terbukti memiliki kandungan gula tinggi, yang kadarnya mencapai 10 gram per 100 mililter. Minuman soda juga mengandung kalori yang tinggi namun rendah nutrisi.

Artikel lainnya: Minum Es Saat Haid Bikin Darah Membeku, Mitos atau Fakta?

1 of 2

Minum Soda saat Haid

Ilustrasi Wanita Minum Soda saat Haid
Ilustrasi Wanita Minum Soda saat Haid

Faktanya, konsumsi minuman bersoda memang tak dianjurkan saat sedang haid. Kandungan kafein dan gula yang tinggi di dalamnya dapat memperburuk gejala haid. Karena itu, minum soda saat haid adalah hal yang sebaiknya tidak dilakukan.

Kafein bersifat vasokonstriktor atau mempersempit pembuluh darah, termasuk pembuluh darah di daerah rahim (uterus). Bila hal ini terjadi akan menyebabkan kram perut yang dialami saat haid semakin berat.

Tak hanya itu, kafein juga diketahui dapat memicu kecemasan, depresi, dan nyeri payudara pada saat haid.

Kandungan gula yang tinggi dalam minuman bersoda pun sama tidak baiknya dengan kafein. Gula memiliki sifat inflamatori atau memicu peradangan. Bila dikonsumsi saat haid, kadarnya akan menjadi tidak stabil dalam darah dan akan memperparah kram perut.

Artikel lainnya: 5 Mitos tentang Haid yang Perlu Anda Luruskan

Di samping itu, gula dapat mengakibatkan sistem kekebalan tubuh tidak seimbang sehingga memicu mudah lelah dan kurang berenergi.

Berbagai penelitian pun telah menunjukkan bahaya minum soda saat haid. Dikatakan bahwa minuman bersoda dapat menyebabkan masalah kesuburan di waktu yang akan datang.

Itu sebabnya, Anda sebaiknya tidak minum soda saat haid. Anak-anak pun perlu dibatasi dari minuman bersoda agar tidak mengalami dampak buruknya di kemudian hari.

Alih-alih minum soda, Anda dapat mengonsumsi makanan atau minuman lain yang lebih sehat saat haid.

Minum 2 liter air putih setiap hari, konsumsi buah serta yoghurt rendah lemak dapat menolong Anda tetap bugar selama hari-hari haid. Anda pun tidak perlu khawatir soal bahaya minum soda saat haid atau kondisi lainnya.

Nah, sekarang Anda sudah tahu fakta di balik larangan minum soda saat menstruasi, bukan? Mulai saat ini, jangan lagi minum soda saat menstruasi agar Anda tidak mengalami dampak buruknya di kemudian hari.

[RS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓