Berapa Kebutuhan Cairan Anak per Hari? Cek di Sini
searchtext customer service

Berapa Kebutuhan Air Minum yang Ideal untuk Anak?

Kebutuhan air minum anak-anak tentunya berbeda dengan orang dewasa. Berikut aturan minum per hari untuk anak-anak.
Berapa Kebutuhan Air Minum yang Ideal untuk Anak?

Klikdokter.com, Jakarta Air penting bagi manusia agar fungsi tubuh berjalan dengan baik. Bila kekurangan cairan (dehidrasi), tubuh akan terganggu. Orang bisa menjadi lemas hingga tidak sadarkan diri. 

Dibandingkan orang dewasa, anak lebih mudah mengalami dehidrasi. Untuk mencegah terjadinya dehidrasi, mencukupi kebutuhan cairan harian anak sangatlah penting. 

Kebutuhan cairan anak berbeda-beda dipengaruhi oleh usia, berat badan, suhu tubuh, suhu lingkungan, aktivitas anak, dan status hidrasinya. Cairan yang dimaksud bisa berasal dari air putih, susu/ASI, makanan berkuah, dan sebagainya. 

Bagaimana cara mengetahui jumlah cairan yang anak butuhkan per harinya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Cairan Anak?

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Cairan Anak?

Dalam menghitung kebutuhan cairan anak per hari, patokannya sering kali berat badan anak. Rumus yang digunakan adalah rumus Darrow. 

Rumus Darrow (kebutuhan minimal) adalah sebagai berikut: 

BB 0-10 Kg= 100 cc/kg

BB 11-20 Kg= ditambah 50 cc/kg dari selisih BB-10

BB >20 Kg= ditambah 20 cc/kg dari selisih BB-20

Artikel Lainnya: Cara Agar Anak Minum Air Putih Lebih Banyak

Artinya, anak dengan berat badan kurang dari 10 kg membutuhkan air 100 ml per kg berat badan. Misalnya berat si Kecil 7 kg, berarti kebutuhan cairannya 7x100ml = 800 ml air per hari. 

Anak dengan berat badan 10-20 kg membutuhkan 1.000 ml air ditambah 50 ml untuk setiap kenaikan berat di atas 10 kg (selisih). Misalnya berat badan anak 15 kg, berarti kebutuhan cairannya 1.000 ml + (50 ml x 5 kg) = 1.250 ml air per hari.

Untuk anak dengan berat badan lebih dari 20 kg, membutuhkan 1.500 ml air + 20 ml untuk setiap kenaikan berat badan di atas 20 kg. Misal berat si Kecil 26 kg, kebutuhan cairannya menjadi 1.500 ml + (20 ml x 6 kg) = 1.620 ml air per hari. 

Ketahui Juga Kebutuhan Cairan Anak Sesuai Usia

Ketahui Juga Kebutuhan Cairan Anak Sesuai Usia

Selain menggunakan berat badan, kebutuhan cairan anak juga dapat dibedakan sesuai usia dan berdasarkan angka kecukupan gizi yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan RI. 

Anak-anak harus sudah mulai dikenalkan air putih pada usia 7 bulan. Pada usia 7 bulan hingga 11 bulan, minimal cairan yang diminum adalah 800 ml dalam 1 hari. 

Saat anak berusia 1 sampai 3 tahun, kebutuhan air bertambah menjadi 1.200 ml atau 1,2 liter per harinya. Lalu pada anak usia 4 sampai 6 tahun, kebutuhan airnya sebanyak 1.500 ml atau 1,5 liter. 

Artikel Lainnya: Kiat Mencegah Dehidrasi pada Anak

Semakin bertambahnya usia, kebutuhan cairan pun bertambah. Hal tersebut karena aktivitas anak semakin banyak, sehingga cairan tubuh banyak terkuras. Karena itu, pada usia 7-9 tahun, cairan yang dibutuhkan sebanyak 1,9 liter atau 1.900 ml.

Begitulah kebutuhan minimal cairan pada anak. Pantau tanda-tanda kecukupan cairan atau status hidrasi anak setiap harinya. 

Salah satu caranya adalah dengan memantau warna urine anak. Bila urine berwarna kuning pekat atau kuning kecoklatan berarti anak kurang minum. Bila urine berwarna putih atau kuning muda berarti anak cukup minum.  

Jika terdapat perubahan tubuh seperti demam, diare, muntah, dan banyak aktivitas, kebutuhan cairan harus ditingkatkan melebihi kebutuhan minimal agar anak terhindar dari dehidrasi

Bila anak sedang diare dan muntah-muntah namun sulit minum, serta didapatkan anak lemas, cenderung tertidur, serta tangan dan kaki dingin maka segera bawa ke fasilitas kesehatan terdekat. 

Baca Juga

Untuk #JagaSehatmu dan keluarga, baca artikel kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Live Chat 24 jam

[RS]

ARTIKEL TERKAIT

Sakit Kepala pada Anak, Ini yang Perlu Orang Tua Tahu

Info Sehat
15 Jul

Bikin Orangtua Stres, Kenali Fase Terrible Two pada Anak

Info Sehat
13 Jul

Berbagai Permainan untuk Melatih Kesabaran Anak

Info Sehat
12 Jul

Tips agar Anak Tak Rewel Saat Diajak Belanja

Info Sehat
12 Jul

Anak Suka Memainkan Makanan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Info Sehat
07 Jul

REAKSI ANDA

1 KOMENTAR

Avatar
Rahmat Hidayat
5 Tahun Lalu

terimaksih,apk ini sangt membantu pengetahuan akan arti kesehatan

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat