Bunga Kenanga Hijau Bisa Sembuhkan Kanker Payudara?
searchtext customer service

Benarkah Bunga Kenanga Hijau Bisa Sembuhkan Kanker Payudara?

Rumor yang beredar di masyarakat mengatakan bahwa bunga kenanga hijau bisa menyembuhkan kanker payudara. Inilah penjelasannya.
Benarkah Bunga Kenanga Hijau Bisa Sembuhkan Kanker Payudara?

Klikdokter.com, Jakarta Akhir-akhir ini banyak berita yang mengatakan bahwa bunga kenanga hijau bisa sembuhkan kanker payudara. Informasi tersebut sebenarnya belum dapat dipastikan apakah benar atau tidak.

Bunga kenanga hijau (Cananga odorata) adalah jenis bunga yang banyak tumbuh di daerah Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia dan Filipina. Tumbuhan ini sudah lama digunakan sebagai bahan untuk aromaterapi dan dipercaya dapat mengurangi kecemasan, stres, depresi, serta tekanan darah tinggi.

Tidak hanya sebagai aromaterapi, bunga kenanga hijau juga dapat diproses menjadi minyak pijat.

Menurut penelitian dari jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine tahun 2015, khasiat dari bunga kenanga hijau yang sudah dapat dibuktikan secara ilmiah adalah efek antimikrobial, antioksidan, insektisidal (antiserangga), antimelanogenesis, efek menenangkan dan relaksasi serta antidiabetik.

Bahan aktif yang memberikan efek-efek tersebut antara lain adalah monoterpene, sesquiterpene dan fenilpropanoid. Bahan-bahan ini diambil dari ekstraksi bunga kenanga hijau. Selain itu, tanaman ini juga banyak digunakan sebagai bahan untuk krim pengusir serangga.

Artikel Lainnya: Jenis Bunga yang Bisa Dimakan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

 

1 dari 2

Bunga Kenanga Memberikan Efek Relaks

Bunga Kenanga
loading

Berkaitan dengan kanker payudara, sejauh ini belum ditemukan penelitian atau studi ilmiah yang menunjukkan bahwa bunga kenanga hijau dapat menyembuhkan kanker payudara.

Menurut studi yang dipublikasi pada Health Sciences Journal tahun 2014 terhadap penderita kanker payudara, didapatkan bahwa aromaterapi yang menggunakan bunga kenanga hijau sebagai bahan dasar dapat memberikan efek relaks dan mengurangi kecemasan.

Pada penelitian tersebut, responden yang diteliti adalah responden penderita kanker yang sedang menerima kemoterapi.

Menurut studi ini, responden yang memiliki tingkat kecemasan dan stres yang lebih rendah menunjukkan hasil pengobatan kemoterapi yang lebih baik, dibandingkan dengan responden yang memiliki kecemasan atau stres yang tinggi.

Baca Juga

Jadi dapat kita simpulkan, bahwa bunga kenanga hijau belum terbukti sebagai obat untuk mengobati kanker payudara. Namun, perasaan relaks dan tenanglah yang membuat kondisi pasien membaik. Masih dibutuhkan penelitian-penelitian serta studi ilmiah untuk dapat membuktikan tanaman ini sebagai obat bagi kanker payudara.

[NP/RVS]

ARTIKEL TERKAIT

Rutin Konsumsi Buah Efektif Mencegah Kanker Payudara?

Info Sehat
08 Agt

Anda Bisa Deteksi Dini Kanker Payudara Sendiri

Info Sehat
07 Agt

Penderita Kanker Payudara Tidak Harus Kemoterapi, Benarkah?

Info Sehat
07 Agt

Selain SADARI, Pemeriksaan Dini Kanker Payudara Bisa dengan SADANIS

Info Sehat
06 Agt

Anda Pria dengan Payudara Besar? Waspada Hal Ini!

Info Sehat
06 Agt

REAKSI ANDA

2 KOMENTAR

Avatar
bajigur 73
2 Tahun Lalu

www.chalwaflower.com

Avatar
bajigur 73
2 Tahun Lalu

<a href="https://chalwaflower.com/">Toko Bunga di Jakarta</a>

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat