Inilah Efek Samping Filler Hidung

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 29 Jun 2020, 16:56 WIB
Banyak yang memilih prosedur filler hidung untuk mendapatkan hidung yang mancung. Namun, Anda harus berhati-hati pada bahaya yang mengancam.
Inilah Efek Samping Filler Hidung

Klikdokter.com, Jakarta Hidung mancung sering dianggap dapat menambah kecantikan seseorang. Sayangnya, tidak semua orang terlahir dengan hidung mancung. Oleh karena itu, berbagai upaya pun dilakukan untuk memperoleh hidung yang diidam-idamkan tersebut.

Dulu, demi memperoleh hidung yang mancung, seseorang harus melakukan operasi plastik. Namun seiring dengan perkembangan zaman, bentuk hidung idaman tersebut dapat dicapai hanya dengan filler hidung. Walau demikian, Anda tetap harus berhati-hati dengan kemungkinan efek samping filler hidung bagi kesehatan.

Sekilas Tentang Filler Hidung

Filler merupakan suatu tindakan menyuntikkan cairan berupa asam hialuronat ke bawah kulit. Tindakan filler dapat dilakukan di beberapa bagian tubuh, seperti hidung, dagu, bibir, dan lainnya.

Suntik filler pada hidung biasanya digunakan pada orang dengan kondisi tertentu, seperti:

  • Tidak siap dengan operasi plastik yang hasilnya permanen.
  • Khawatir terhadap risiko pembedahan.
  • Ingin mengubah sedikit bagian di hidung, tapi masih mencari bentuk yang pas.
  • Kondisi medis tertentu yang tidak memungkinkan melakukan pembedahan.

Artikel Lainnya: Mengungkap Bahaya Suntik Filler bagi Kesehatan

Selain pada hidung, suntik filler juga dapat digunakan untuk mengurangi smile line dan kerutan pada dahi maupun kantong mata.

1 of 3

Efek Samping Filler Hidung

Ilustrasi Filler Hidung
Ilustrasi Filler Hidung

Walaupun memiliki manfaat untuk memenuhi standar kecantikan, termasuk untuk membuat hidung lebih mancung, Anda tetap harus memperhatikan bahaya filler hidung yang mengancam kesehatan, di antaranya:

1. Infeksi

Infeksi adalah efek samping filler hidung pertama yang perlu Anda waspadai. Suntikan pada prosedur ini mengakibatkan luka kecil pada tubuh. Infeksi dapat terjadi ketika alat serta prosedur yang dilakukan tidak terjamin kebersihannya.

Anda dapat menghindari infeksi dengan memastikan bahwa kebersihan alat sudah terjamin. Selain itu, prosedur filler harus dilakukan dokter tenaga ahli.

2. Benjolan

Reaksi tubuh tiap orang berbeda-beda. Ketika tubuh diberikan suntikan filler, tubuh akan memberikan reaksi terhadap benda asing tersebut.

Pada beberapa orang, dampak filler hidung yang terjadi dapat berupa reaksi peradangan kronis, sehingga kulit berusaha untuk membungkus cairan filler dalam suatu kapsul dan menyebabkan benjolan.

Artikel Lainnya: Kecanduan Suntik Filler, Adakah Efek Sampingnya?

3. Perubahan Warna Kulit

Efek samping filler hidung berikutnya adalah dapat menyebabkan perubahan warna kulit. Cairan asam hialuronat bisa memantulkan cahaya pada spektrum tertentu. Ketika cairan filler ini disuntikkan terlalu dekat ke permukaan kulit, hal ini dapat menyebabkan warna kebiruan pada kulit. Efek samping ini disebut efek Tyndall.

4. Reaksi Alergi

Filler juga dapat menyebabkan reaksi alergi yang tak terduga, meski ini jarang terjadi. Reaksi alergi dari efek filler hidung beragam, mulai dari yang ringan seperti ruam merah, hingga yang berat dan mengancam nyawa (syok anafilaksis).

5. Asimetri

Cairan filler dapat bermigrasi atau berpindah ke sisi tubuh lain seiring dengan waktu. Efek samping filler hidung yang satu ini dapat menyebabkan asimetri atau perubahan bentuk pada tubuh Anda.

2 of 3

Perhatikan Hal ini Sebelum Melakukan Filler Hidung

Ilustrasi Seorang Wanita Konsultasi dengan Dokter Sebelum Melakukan Filler Hidung
Ilustrasi Seorang Wanita Konsultasi dengan Dokter Sebelum Melakukan Filler Hidung

Jika Anda sudah yakin dengan prosedur suntik filler yang akan dilakukan, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menghindari bahaya filler hidung:

  • Mahal tidak menjamin hasil filler lebih bagus. Anda harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih dokter atau klinik tempat Anda menjalani filler.
  • Lakukan prosedur filler hidung dengan dokter yang terpercaya, kompeten, dan sudah tersertifikasi.
  • Lakukan filler hidung di klinik atau rumah sakit yang memiliki fasilitas memadai.
  • Filler hidung tidak bisa mengecilkan bentuk hidung, hanya bisa membuat hidung lebih mancung.
  • Filler hanya bertahan 6-12 bulan. Untuk hasil permanen, Anda harus melakukan operasi plastik.

Nah, kini Anda mengetahui berbagai efek samping filler hidung. Sebelum melakukan tindakan suntik filler, sebaiknya Anda mengetahui dampak positif-negatifnya terlebih dahulu.

Jika memang sudah mantap, perhatikan beberapa hal di atas agar tidak mengalami dampak filler hidung yang merugikan diri sendiri. Selain itu, penting diingat untuk mengerjakan prosedur tersebut dengan dokter dan instansi kesehatan yang terpercaya.

[WA]

Lanjutkan Membaca ↓