Air Putih, Asupan Alami untuk Jaga Kesehatan Hati

Hati merupakan organ vital yang memiliki banyak fungsi untuk tubuh Anda. Jaga kesehatan hati Anda hanya dengan minum air putih.
Air Putih, Asupan Alami untuk Jaga Kesehatan Hati

Klikdokter.com, Jakarta Tubuh Anda sebagian besar terdiri dari air. Air putih merupakan kebutuhan dasar yang penting untuk kelangsungan hidup manusia. Selain mencegah dehidrasi, air juga mempengaruhi fungsi organ tubuh Anda seperti hati,

Hati memiliki banyak fungsi penting seperti membuang racun, metabolisme lemak, melawan infeksi, pembekuan darah, memproduksi cairan empedu, dan sebagainya. Karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan hati.

Meski hati adalah satu-satunya organ yang dapat menyembuhkan diri sendiri (beregenerasi). Namun, kerusakan hati yang cukup parah dapat merusak hati secara permanen dan baru akan memberikan gejala pada tubuh Anda.

Artikel Lainnya: Apakah Diet Air Efektif?

1 dari 2

Air Merupakan Komponen Utama Darah

loading

Air merupakan komponen terbesar dari darah. Sementara hati merupakan organ yang juga menyaring darah karena kemampuannya membuang racun. Sehingga, air juga berpengaruh terhadap fungsi detoksifikasi hati dan membantu membuang racun pada hati melalui kulit serta sistem pencernaan.

Jika kurang banyak asupan air, darah akan menjadi lebih kental. Hal ini membuat beban kerja hati lebih berat untuk menyaring darah yang kental tersebut.

Artikel Lainnya: Cara Agar Si Kecil Minum Air Putih Lebih Banyak

Terlebih, jika sudah mengalami kerusakan hati. Beban hati akan bertambah dan dapat memperparah merusak sistem hati jika kekurangan asupan air. Karena itu, penting bagi penderita penyakit hati sangat penting untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.

Pada beberapa penderita penyakit hati seperti sirosis hati akan mengalami penumpukan cairan pada perut (asites). Banyak yang menyangka jika mengkonsumsi air putih justru akan memperparah asites, padahal air tidak akan menyebabkan atau memperparah asites.

Jumlah garam yang dikonsumilah yang berhubungan dengan asites. Karena itu pengobatan asites adalah diet garam dan bukan diet cairan. Namun, pada kondisi kadar garam darah lebih rendah (hiponatremia) mungkin diperlukan untuk diet cairan.

Minum air putih baik untuk kesehatan tubuh. Selain mencegah dehidrasi dapat juga membantu proses detoksifikasi hati. Selain itu, untuk menjaga kesehatan hati, Anda dapat mengonsumsi obat-obatan. Salah satu obat yang bisa Anda coba adalah Hepamax.

Baca Juga

Hepamax mengandung silymarin yang sudah berabad-abad digunakan sebagai terapi herbal untuk penyakit hati. Gunakan selalu 3–4 kapsul per hari agar memelihara kesehatan fungsi hati Anda.

(DA/ RH)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Kiat Mengenali Minyak Zaitun Terbaik untuk Kesehatan

Info Sehat
11 Sep

4 Manfaat Daun Seledri yang Belum Anda Ketahui

Info Sehat
08 Agt

5 Alasan Anda Harus Jalan Kaki Mulai Sekarang

Info Sehat
19 Jul

Inilah Manfaat Besar Flaxseed bagi Kesehatan

Info Sehat
02 Feb

Kiat Bebas Sakit Saat Liburan Akhir Tahun

Info Sehat
29 Des

1 KOMENTAR

Avatar
mhasby
3 Tahun Lalu

nice info

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk