Menilik Salad yang Baik untuk Kesehatan

Yakin salad yang selama ini Anda konsumsi baik untuk kesehatan? Di bawah ini adalah panduan membuat salad yang sehat untuk kesehatan.
Menilik Salad yang Baik untuk Kesehatan

Klikdokter.com, Jakarta Salad merupakan alternatif makanan yang sering menjadi andalan bagi mereka yang sedang berdiet. Makanan ini disebut dapat membantu menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Meski begitu, ternyata tidak semua salad itu sehat. Salad yang sehat itu harus memenuhi beberapa persyaratan, lho!

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan mengenai manfaat salad untuk kesehatan dan apa sajakah hal yang harus diperhatikan agar salad yang Anda buat benar-benar sehat.

 

1 dari 3

Manfaat Salad untuk Kesehatan

Salad
loading

Tidak dimungkiri, salad buah maupun salad sayuran memang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Komposisi salad buah maupun sayuran yang tinggi akan serat, vitamin, dan mineral sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Selain itu, komponen serat pada salad yang sehat juga memiliki peran penting untuk saluran pencernaan. Tubuh dapat kenyang lebih lama dan proses pencernaan dapat berjalan dengan lancar. Alhasil, Anda pun dapat terhindar dari keluhan sulit buang air besar atau konstipasi.

Artikel Lainnya: 4 Manfaat Sehat Makan Salad Setiap Hari

Mengonsumsi salad juga membantu seseorang untuk menurunkan berat badan serta mempertahankan berat badan ideal. Dengan menjaga berat badan ideal berarti Anda juga membantu menjaga kesehatan tubuh, sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit kronis.

Itu dia beberapa dari sekian banyak manfaat salad untuk kesehatan. Karenanya, sayang sekali jika Anda melewatkan asupan sehat yang satu ini. Lalu, bagaimanakah kriteria salad yang sehat itu?

2 dari 3

Salad yang Sehat untuk Diet

Wanita Makan Salad untuk Diet
loading

Namun untuk mendapatkan manfaat itu, Anda harus memenuhi beberapa syarat pembuatan salad. Anda perlu memastikan bahwa salad yang dikonsumsi merupakan salad yang sehat.

Kriteria salad yang sehat haruslah mengandung unsur-unsur berikut ini:

  1. Bergizi Seimbang

Salad yang sehat adalah yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Keempat komposisi ini harus hadir dalam satu sajian salad, jika Anda ingin mendapatkan manfaat sehatnya.

  1. Hindari Dressing yang Bersifat Creamy

Dressing yang digunakan juga menentukan apakah salad yang Anda buat benar-benar sehat. Jangan menggunakan dressing berupa cheese, blue cheese, atau thousand island.

Ketiganya mengandung kalori tinggi, lemak jenuh, dan sodium, yang bila dikonsumsi dalam jumlah tidak tepat dapat meningkatkan berat badan Anda secara signifikan.

Artikel Lainnya: 3 Kebiasaan Ini Bikin Salad Menjadi Tidak Sehat

  1. Pilih Sumber Protein yang Benar

Hindari menggunakan kulit ayam goreng sebagai tambahan protein pada salad Anda. Sebagai gantinya, pilihlah dada ayam, salmon, atau udang yang direbus atau dipanggang.

  1. Tidak Ditambahkan Keju

Keju memang kaya kalsium. Sayangnya, makanan yang satu ini juga mengandung kalori yang tinggi, yaitu sekitar 100 kalori per 30 gram sajian.

Semakin banyak keju yang dicampurkan, semakin banyak pula jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini berpotensi meningkatkan berat badan Anda.

  1. Gunakan Olive Oil atau Cuka

Salad yang sehat bukan berarti harus benar-benar tanpa dressing. Dengan memilih dressing yang tepat, tidak hanya dapat meningkatkan kenikmatan salad, namun juga menambah komponen gizi di dalamnya.

Artikel Lainnya: Makan Salad Saat Buka Puasa, Ini Manfaat Sehatnya

Anda bisa menggunakan olive oil sebagai dressing salad yang sehat. Kandungan lemak tak jenuh pada minyak ini bersifat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, Anda juga dapat memakai cuka, air perasan lemon, maupun jeruk nipis sebagai dressing.

  1. Pilih Sumber Serat yang Tepat

Tidak semua sayuran memiliki cukup kandungan serat, vitamin, maupun mineral di dalamnya. Memilih sayuran yang tepat juga merupakan kunci untuk membuat salad yang sehat.

Pilihlah sayur yang memiliki warna daun hijau gelap. Nutrisi di dalamnya akan lebih tinggi. Sayur yang dapat menjadi pilihan adalah bayam. Bisa juga dikombinasikan dengan wortel, timun, dan brokoli.

  1. Kreasikan dengan Kacang-kacangan

Selain sayur dan buah, kombinasi salad dengan kacang-kacangan dapat membantu meningkatkan kadar serat di dalam salad. Tak hanya kaya serat, kacang juga mengandung zat antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga

Untuk memenuhi kebutuhan salad, Anda tidak harus membelinya di restoran ternama. Cobalah untuk membuatnya sendiri di rumah, sehingga Anda lebih dapat memastikan kualitas bahan-bahan yang digunakan.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk membuat salad di rumah, ya! Dan jangan lupa untuk mengikuti cara membuat salad yang sehat seperti yang telah dijelaskan. Selamat mencoba!

[FY/ RS]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Daftar Makanan yang Mengandung Kolagen untuk Kesehatan Kulit

Info Sehat
13 Apr

Adakah Pengaruh Warna terhadap Nafsu Makan? Ini Faktanya

Info Sehat
09 Apr

Makanan Pahit Ini Baik untuk Kesehatan

Info Sehat
06 Apr

Deretan Makanan yang Menyebabkan Inflamasi

Info Sehat
18 Mar

Benarkah Tak Boleh Makan Pisang dan Minum Susu saat Diare?

Info Sehat
26 Jan

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk