Camilan Sebelum Tidur di Malam Hari yang Aman bagi Pelaku Diet

Ini daftar camilan yang aman dimakan di malam hari dan justru dapat membantu diet Anda.
Serealia Merupakan Camilan Sebelum Tidur di Malam Hari yang Aman bagi Pelaku Diet

Klikdokter.com, Jakarta Godaan untuk menghabiskan stok camilan terkadang datang di malam hari, sebelum tidur. Padahal, kebiasaan tersebut dapat berakibat buruk terhadap program diet Anda. Kenaikan berat badan adalah salah satu dampak yang bisa mengintai.

Untuk memenuhi hasrat mengudap sebelum tidur tanpa mengganggu diet, Anda perlu memperhatikan jenis camilan. Pastikan camilan tersebut tidak berpotensi menaikkan berat badan. Ada beberapa alternatif cemilan diet malam hari yang wajib Anda ketahui jika sedang menjalani diet.

1 dari 2

Camilan Sehat di Malam Hari

loading

Jangan berkecil hati, mengudap pada malam hari itu boleh-boleh saja. Tapi pastikan Anda memilih cemilan yang sehat sebelum Anda tidur. Cemilan sehat ini tentunya aman bagi Anda yang sedang diet. Berikut adalah camilan sehat yang dapat Anda makan di malam hari:

  1. Pisang

Wanita sedang Makan Pisang
loading

Pisang adalah jenis camilan yang dapat meningkatkan energi. Pisang juga kaya akan magnesium yang berperan untuk melemaskan otot dan memberikan efek menenangkan.

Artikel Lainnya: Makan Malam Sebelum Tidur Selalu Buruk bagi Kesehatan?

Selain itu, pisang mengandung serotonin dan melatonin yang dapat membantu Anda lebih cepat terlelap. Studi membuktikan, kadar melatonin dalam darah pada laki-laki sehat naik hingga empat kali lipat setelah makan dua buah pisang.

  1. Kiwi

Buah yang asam manis ini bisa menjadi cemilan sehat sebelum tidur. Kalori kiwi termasuk rendah, yaitu sekitar 93 untuk dua buah kiwi. Kiwi juga membantu Anda tidur lebih baik karena mengandung serotonin yang membuat rileks.

  1. Kacang Pistachio

Kacang Pistachio
loading

Kacang pistachio adalah kacang yang paling memengaruhi kadar melatonin tubuh dibandingkan dengan kacang lainnya. Satu porsi kacang pistachio (28 gram) mengandung 160 kalori dan 6,5 gram melatonin. Pada umumnya, tubuh Anda memerlukan 0,5-5 mg melatonin untuk membantu tidur.

  1. Crackers dan Keju

Kudapan yang mengandung nutrisi seimbang antara karbohidrat, protein seperti whole-grain crackers, dan keju dapat menjaga kadar gula darah tubuh. Makanan yang kaya akan karbohidrat dikombinasikan dengan keju yang tinggi triptofan, juga baik untuk otak. Kandungan triptofan ini dapat menimbulkan rasa rileks serta kantuk.

Artikel Lainnya: Tubuh Langsing dengan Camilan Sehat

  1. Semangkuk Serealia

Semangkuk Serealia
loading

Tidak semua jenis serealia itu baik untuk dikonsumsi. Anda dapat memilih serealia yang berbahan dasar gandum utuh, seperti oatmeal, sebagai camilan sehat malam hari. Jenis makanan ini lebih mudah dicerna dan rendah kalori.

  1. Yoghurt Tanpa Rasa (Plain Yoghurt)

Yoghurt dapat menjadi salah satu alternatif cemilan diet di malam hari. Namun Anda perlu memilih yoghurt tanpa rasa dan gula tambahan (plain yoghurt). Jenis camilan yang satu ini hanya mengandung sekitar 100-150 kalori.

Namun, alasan memilih yoghurt sebagai camilan di malam hari tidak hanya untuk diet. Karena yoghurt juga dapat mengobati sakit maag. Asam yang terbentuk di dalam yoghurt adalah asam laktat yang membantu menyembuhkan luka pada dinding lambung.

Agar tidak terlalu hambar, Anda bisa menambahkan potongan buah, seperti stroberi atau pisang. Yoghurt mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan juga berhubungan dengan kualitas tidur yang lebih baik. Kalsium dibutuhkan untuk membuat melatonin.

Artikel Lainnya: 6 Camilan Terbaik Setelah Olahraga

  1. Apel dan Selai Kacang

Apel dan Selai Kacang
loading

Apel mengandung banyak serat. Cobalah untuk mengombinasikan potongan buah apel dengan satu sendok selai kacang. Selai kacang mengandung protein yang akan membuat perut kenyang lebih lama. Jadi, tak ada hasrat untuk makan lagi setelahnya.

  1. Edamame

Kacang ini merupakan kudapan yang aman dikonsumsi pada malam hari tanpa harus khawatir berat badan Anda melonjak. Edamame yang sudah matang bahkan tidak perlu dimasak. Edamame kaya akan protein dan mengandung triptofan yang membantu otak membuat melatonin.

 

  1. Telur

Telur Rebus
loading

Telur bisa menjadi cemilan diet malam hari yang baik. Anda dapat memasak telur dengan berbagai variasi seperti direbus, digoreng, dan dibuat sebagai salad. Selain itu, telur juga tinggi akan triptofan sehingga dapat membantu kualitas tidur Anda.

Baca Juga

Jadi, makan camilan di malam hari bukan lagi ide buruk untuk program diet Anda. Makan sebelum tidur boleh saja, asal pilih camilan sehat sebelum tidur yaitu yang rendah kalori, dan konsumsi dalam porsi yang wajar. Sediakanlah jenis-jenis makanan sehat tersebut di rumah Anda, ya!

Jika Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut tentang program diet, yuk tanyakan langsung kepada ahlinya melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Semoga bermanfaat.

[FY/ RS]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Camilan Sehat yang Bisa Dikonsumsi saat di Kantor

Info Sehat
31 Mar

Doyan Ngemil? Pilih Camilan Rendah Kalori agar Tubuh Sehat

Info Sehat
05 Sep

5 Camilan yang Tak Boleh Dimakan Saat Sedang Diet

Info Sehat
14 Agt

4 Penyebab Berat Badan Susah Turun Meski Sudah Diet

Info Sehat
12 Agt

5 Camilan Sehat yang Rasanya Semanis Permen

Info Sehat
25 Jul

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk