Apakah Wasir Selalu Ditandai dengan Benjolan?

Oleh Kartika Tarigan pada 20 Oct 2017, 16:41 WIB
Biasanya, munculnya wasir ditandai dengan adanya benjolan. Apakah selalu begitu?
Apakah Wasir Selalu Ditandai dengan Benjolan?

Klikdokter.com, Jakarta Hemoroid alias wasir sering diidentikkan dengan benjolan atau gumpalan daging di sekitar rektum atau anus. Seseorang dapat segera mengidentifikasi wasir lewat benjolan yang akan terasa bahkan terlihat. Namun jika tidak dibarengi benjolan, apakah sudah pasti bukan wasir?

Wasir sendiri terjadi karena adanya pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) di seputar anus. Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, menurut gejala dan lokasi tumbuhnya, wasir dibedakan menjadi dua, yaitu wasir interna dan wasir eksterna.

Wasir interna adalah kondisi wasir yang terbentuk di tempat yang cukup dalam, sehingga penderita tidak mampu melihat atau bahkan merasakan pelebaran pembuluh darah yang terjadi. Sementara wasir eksterna biasanya terjadi di pembuluh darah yang lebih luar dari tempat wasir interna berkembang.

Pada wasir eksterna, benjolan wasir biasanya akan timbul keluar saat penderita sedang Buang Air Besar (BAB). Pada kondisi ini, wasir akan mudah untuk dilihat dan dirasakan. Umumnya wasir jenis ini akan menimbulkan perasaan tak nyaman pada penderita, sebab pembuluh darah akan mudah teriritasi dan menimbulkan rasa nyeri.

Untuk memastikan jenis wasir dan menentukan cara pengobatan yang terbaik, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan. Pemeriksaan akan dimulai dengan wawancara untuk mengetahui keluhan yang Anda rasakan. Setelah itu, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lainnya akan dilakukan untuk mengetahui wasir.

Nah jika Anda merasa nyeri dan mencurigai wasir, namun tidak menemukan benjolan di sekitar anus, bisa jadi Anda mengalami wasir interna. Untuk memastikan, segera lakukan pemeriksaan ke dokter dan sampaikan semua keluhan Anda.

Gejala-gejala umum Wasir

Saat Anda merasakan sakit di sekitar perut dan saluran pembuangan, jangan buru-buru meyakini hal itu sebagai wasir. Bisa saja ada kondisi kesehatan lain yang terjadi, seperti masalah usus, atau masalah pencernaan yang membuat Anda kesulitan buang air.

Sementara itu, wasir biasanya bisa dikenali dengan beberapa gejala yang sering timbul. Gejala-gejala umum tersebut meliputi:

-          Munculnya darah segar menetes dari anus saat buang air besar

-          Gatal pada anus

-          Rasa nyeri yang akan timbul akibat teriritasinya wasir, bisa jadi karena bergesekan dengan pakaian atau saat duduk. Nyeri hebat juga dapat timbul bila terdapat pembekuan darah pada wasir

-          Tampak benjolan lembab di area anus yang berwarna merah muda (lebih terang) dari area sekitarnya

-          Muncul benjolan keluar dari anus setelah buang air besar. Benjolan dapat masuk sendiri atau harus didorong terlebih dahulu

-          Wajah pucat, tubuh mudah lemas dan sulit berkonsensentrasi. Gejala ini biasanya muncul bila telah terjadi komplikasi anemia akibat perdarahan yang berlebihan.

Nyatanya wasir tidak melulu ditandai dengan timbulnya benjolan. Jika Anda menemui gajala-gejala di atas yang tak kunjung hilang, segeralah lakukan pemeriksaan. Tingkatkan pula kesadaran akan kesehatan anus dan hindari menahan BAB agar Anda terhindar dari penyakit wasir.

[NP/ RVS]