Ini Manfaat Pisang untuk Jantung, Ampuh Cegah Penyakit?
searchtext customer service

Pisang Ternyata Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung

Makan pisang secara rutin dihubungkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Benarkah hal itu? Ini penjelasan terkait manfaat pisang untuk jantung.
Pisang Ternyata Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung

Klikdokter.com, Jakarta Pola makan sehat memainkan peran penting untuk mencegah serangan jantung. Salah satu teori bahkan menyebut, rutin mengonsumsi pisang dapat membantu menurunkan risiko penyakit tersebut secara signifikan. 

Benarkah teori tersebut? Apa saja manfaat pisang untuk jantung yang telah terbukti secara medis?

Kandungan Pisang yang Baik untuk Jantung

Kandungan Pisang yang Baik untuk Jantung

Pisang memang dikenal sebagai super food yang kaya akan gizi dan dapat membantu mendongkrak energi untuk beraktivitas. 

Tak jarang, saat tak sempat makan dengan benar, pisang menjadi salah satu alternatif untuk mengganjal rasa lapar. Kemudian, Anda pun tetap bisa berkegiatan dengan optimal. 

Tidak hanya bermanfaat sebagai sumber energi, pisang nyatanya juga mengandung mikronutrien yang dapat membantu memelihara kesehatan jantung Anda.

Adalah kalium, komponen penting dalam pisang yang dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung Anda. Satu buah pisang berukuran sedang diperkirakan mengandung 422 miligram kalium. 

Artikel lainnya: Menyingkap Manfaat Teh Pisang bagi Kesehatan Tubuh

Penelitian baru meningkatkan kemungkinan bahwa pada suatu hari nanti, dokter dapat membantu pasien menghindari penyakit jantung, dengan cara menganalisis kadar kalium mereka.

Para peneliti di University of Alabama at Birmingham (UAB) baru-baru ini menyimpulkan sebuah penelitian tentang diet kalium dan pembentukan kalsifikasi vaskular serta kekakuan aorta.

Kekakuan aorta, umumnya dikenal sebagai "pengerasan arteri”, adalah prediksi terjadinya risiko penyakit jantung pada manusia. 

Para peneliti menyimpulkan bahwa pengurangan asupan kalium sebenarnya akan meningkatkan kekakuan aorta. Sebaliknya, diet kaya kalium tampaknya mengurangi kalsifikasi vaskular dan kekakuan aorta.

Pada studi lain oleh Harvard Medical School ditemukan bahwa tubuh bergantung pada kalium untuk mengelola keseimbangan listrik jantung. Rendahnya kadar kalium bisa memicu terjadinya gangguan irama jantung. 

Di sisi lain, asupan kalium yang terlalu banyak dapat menyebabkan penyimpangan detak jantung dan berisiko menimbulkan kematian mendadak.

Artikel lainnya: Awas, Kebanyakan Makan Pisang Ambon Bisa Sebabkan Hal Ini!

Tips Konsumsi Pisang Agar Jantung Anda Sehat

Tips Konsumsi Pisang Agar Jantung Anda Sehat

Kalium adalah senyawa dalam pisang yang bermanfaat untuk jantung, asalkan dikonsumsi dalam jumlah seimbang setiap hari. 

Asupan kalium yang cukup bahkan disebut mampu menjaga tingkat cairan tubuh, serta mengatur pergerakan gizi.

Selain itu, kalium dapat menurunkan terbentuknya risiko batu ginjal. Dan, ginjal yang sehat akan memastikan jumlah kalium yang tepat untuk disimpan dalam tubuh agar nantinya tidak berlebihan. 

Nah, untuk mendapatkan seluruh manfaat tersebut, Anda perlu memperhatikan jumlah kalium yang dikonsumsi setiap hari. Khususnya jika  Anda sudah memiliki risiko penyakit jantung. 

Artikel lainnya: Makan Pisang Bisa Membantu untuk Mengatasi Flu, Benarkah?

Meskipun ada beberapa perdebatan mengenai jumlah optimal diet kalium, sebagian besar ahli gizi merekomendasikan asupan harian setidaknya 4.700 miligram.

Anda dapat membuat variasi makanan dengan menggunakan bahan baku pisang, seperti pancake atau menjadikannya sebagai campuran buah lain disertai yoghurt dan oat. 

Para praktisi medis menyarankan bahwa jika Anda makan makanan yang sehat, yang kaya sayur, buah, biji-bijian, dan lemak tak jenuh tunggal, Anda harus mendapatkan semua kalium yang biasanya Anda butuhkan. 

Namun, mereka juga menyarankan agar tidak terlalu sedikit ataupun terlalu banyak kalium.

Anda mungkin perlu berkonsultasi kepada dokter terkait jumlah kalium yang tepat untuk mendapatkan seluruh manfaat sehatnya. 

Hal ini penting, apalagi jika Anda memiliki penyakit ginjal. Karena faktanya, banyak dari obat penyakit ginjal yang dapat meningkatkan kadar kalium. 

Baca Juga

Manfaat pisang untuk jantung bukanlah isapan jempol belaka. Namun, untuk dapat merasakan khasiat tersebut, Anda tetap harus memperhatikan porsi pisang yang dikonsumsi agar tidak berlebihan. 

Berkonsultasilah lebih lanjut kepada dokter melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter apabila Anda punya pertanyaan terkait topik ini atau masalah kesehatan lainnya. 

[RS]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Yanuar Surya Pratama, Sp. JP

Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Diah Rachmaniah, Sp. JP , FIHA

Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah
wallet
Rp. 75.000

ARTIKEL TERKAIT

Benarkah Penderita Sakit Ginjal Tidak Boleh Makan Pisang?

Info Sehat
24 Mei

Turunkan Risiko Penyakit Jantung dengan Konsumsi Paprika

Info Sehat
19 Mei

Kapan Waktu yang Tepat untuk Makan Pisang?

Info Sehat
17 Mei

Pisang Kuning Vs Pisang Hijau, Mana yang Lebih Bermanfaat?

Info Sehat
17 Mei

Awas Kolesterol Picu Silent Killer, Cegah dengan Zaitun!

Info Sehat
18 Apr

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat