Tingkatkan Konsentrasi Anda dengan Menu Sarapan Ini

Oleh dr. Bobtriyan Tanamas pada 21 May 2020, 15:44 WIB
Sarapan sangat penting untuk mengawali hari, agar Anda lebih fokus dan semangat. Tingkatkan konsentrasi Anda dengan konsumsi apel dan menu sarapan sehat berikut ini.
Tingkatkan Konsentrasi Anda dengan Menu Sarapan Ini

Klikdokter.com, Jakarta Kemampuan konsentrasi yang menurun bisa mengganggu kinerja dan produktivitas Anda. Di kantor, Anda akan lebih sulit menyelesaikan suatu pekerjaan dengan cepat, karena susah memusatkan pikiran. 

Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi menu sarapan sehat dan tepat untuk meningkatkan konsentrasi. Berdasarkan berbagai sumber, para ahli menyarankan untuk selalu menyertakan segelas jus apel dalam menu sarapan Anda. 

Benarkah? Simak penjelasan manfaat sarapan dan berbagai menu sarapan untuk tingkatkan konsentrasi berikut ini.

1 of 4

Pentingnya Sarapan untuk Konsentrasi Seharian

Pentingnya Sarapan untuk Konsentrasi Seharian
Pentingnya Sarapan untuk Konsentrasi Seharian

Tidak sedikit orang yang sibuk atau bangun kesiangan sehingga melewatkan jadwal sarapannya. Padahal, mereka melewatkan banyak manfaat kesehatan yang hanya bisa didapat saat sarapan. Berikut ini alasan mengapa Anda tidak boleh melewatkan sarapan.

Artikel lainnya: 6 Minuman Pendamping Sarapan yang Baik untuk Kesehatan

  1. Meningkatkan Kekuatan Otak

Jika Anda tidak sarapan, Anda mungkin merasa agak lamban dan kesulitan untuk fokus pada hal-hal tertentu. Ini karena otak Anda belum menerima energi (glukosa) yang diperlukan untuk melanjutkan. 

Studi menunjukkan bahwa tidak sarapan memengaruhi kinerja mental Anda, termasuk perhatian Anda, kemampuan berkonsentrasi dan daya ingat. Ini dapat membuat beberapa tugas terasa lebih sulit daripada biasanya.

Anak-anak dan remaja yang secara teratur makan sarapan juga cenderung memiliki kinerja akademis yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan. 

Mereka juga merasakan tingkat keterhubungan yang lebih besar dengan guru dan orang dewasa lainnya di sekolah mereka, yang mengarah pada hasil kesehatan dan akademik yang lebih positif.

Artikel lainnya: Lebih Sehat Mana, Sarapan atau Mandi setelah Bangun Tidur?

  1. Mengurangi Risiko Penyakit 

Dibandingkan dengan orang-orang yang tidak sarapan, mereka yang secara teratur sarapan cenderung memiliki risiko lebih rendah untuk obesitas dan diabetes tipe 2. Ada juga beberapa bukti bahwa orang yang tidak sarapan mungkin memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular.

  1. Membantu Membuat Pilihan Makanan Lebih Baik

Orang yang melewatkan sarapan cenderung ngemil makanan ringan selama pertengahan pagi atau sore hari. Ini bisa menjadi masalah jika camilan itu rendah serat, vitamin dan mineral, tetapi tinggi lemak dan garam. 

Tanpa energi ekstra yang bisa ditawarkan sarapan, beberapa orang juga akan merasa lesu. Jika Anda melewatkan sarapan, cobalah camilan bergizi seperti buah segar, yoghurt, atau oat untuk membantu Anda mengatasi rasa lapar di pagi hari.

2 of 4

Sarapan Buah Apel untuk Tingkatkan Fokus

Sarapan Buah Apel untuk Tingkatkan Fokus
Sarapan Buah Apel untuk Tingkatkan Fokus

Buah apel banyak mengandung quercetin yang berfungsi sebagai antioksidan. Quercetin juga membantu menangkal zat kimia yang mungkin mengontaminasi dan mengganggu kesehatan otak. 

Artikel lainnya: Makanan yang Tak Boleh Ada dalam Menu Sarapan Anda

Dengan demikian, Anda tentu akan mudah fokus. Di samping itu, sebuah penelitian yang dilakukan di Cornell University, Amerika Serikat, menemukan bahwa quercetin ampuh dalam menjaga otak dari serangan radikal bebas. 

Serangan radikal bebas dapat merusak lapisan luar otak dan menyebabkan penurunan kemampuan kognitif. Penelitian ini sekaligus membuktikan bahwa apel adalah pilihan makanan terbaik bagi otak. 

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda dapat mengonsumsi buah apel sekaligus bersama kulitnya. Sebab, quercetin banyak terdapat di kulit apel.

Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi dua sampai tiga buah apel dalam satu hari. Sebagai variasi, Anda bisa mengolah apel menjadi jus. Akan tetapi, Anda harus membuat jus apel tanpa gula untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Berikut adalah manfaat lainnya dari konsumsi apel setiap hari:

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Apel membantu mencegah arteri Anda rusak karena penumpukan plak, yang merupakan penyebab umum penyakit arteri koroner. Hal ini berkat senyawa fenolik yang ditemukan dalam kulit apel. 

Artikel lainnya: Alasan Mengapa Sarapan Tidak Boleh Dilewatkan

  1. Mengurangi Risiko Penyakit

Penelitian menunjukkan bahwa makan apel dapat membantu mengurangi risiko terkena stroke dan diabetes. 

  1. Meningkatkan Energi 

Jika Anda ingin melakukan olahraga di pagi hari, konsumsilah apel terlebih dulu. Ini karena makan apel sebelum berolahraga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

  1. Mengontrol Berat Badan

Apel dapat mengisi perut seseorang dengan lebih cepat. Dan jika Anda sibuk menghitung kalori, sebuah apel tidak akan menghancurkan program diet Anda karena kalorinya relatif rendah.

  1. Kolesterol Rendah

Serat larut yang terkandung dalam apel akan membantu menurunkan kadar kolesterol Anda. 

Artikel lainnya: 5 Menu Sarapan Paling Disukai Orang Indonesia, Mana yang Lebih Sehat?

3 of 4

Menu Sarapan Lain yang Dapat Membantu Meningkatkan Fokus

Selain apel, ada tiga bahan makanan lain yang bisa Anda jadikan menu sarapan untuk menambah konsentrasi. Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Cokelat

Anda mungkin pernah mendengar bahwa cokelat dapat menurunkan tekanan darah. Sekarang, para peneliti telah menemukan bahwa cokelat juga dapat membuat pikiran Anda tetap tajam dan fokus. 

  1. Kayu Manis (Cinnamon

Aroma khas dari kayu manis dapat membuat otak Anda lebih rileks. Di samping itu, sebuah penelitian mengatakan bahwa responden yang diberi permen kayu manis saat mengerjakan tugas, memiliki respons visual-motorik dan fokus yang lebih baik.

  1. Bayam

Sayuran hijau ini mengandung berbagai nutrisi yang dapat mencegah demensia, seperti folat, vitamin E, dan vitamin K. 

Setelah mengetahui manfaat sarapan dan menu sarapan sehat, tentunya sayang jika Anda melewatkan waktu sarapan, bukan? Apalagi untuk Anda yang sering merasa sulit konsentrasi di pagi hari. Jadi, cobalah untuk rutin sarapan demi kesehatan serta fokus yang lebih baik. 

Bagi Anda yang punya pertanyaan seputar menu sarapan sehat atau cara menambah konsentrasi, Anda dapat bertanya langsung kepada dokter kami. Gunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[NWS/ RS]

Lanjutkan Membaca ↓