Mengolah Beras Merah untuk MPASI

Beras merah dapat menjadi pilihan untuk MPASI si Kecil. Ini resep MPASI beras merah yang bisa Anda coba.
Mengolah Beras Merah untuk MPASI

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu sumber karbohidrat yang dapat menjadi pilihan untuk MPASI adalah beras merah. Anda tak perlu takut anak tidak menyukai nasi merah. Jika Anda tahu bagaimana cara mengolah resep MPASI beras merah, tentu anak akan menyukai dan lahap memakannya. 

Apa saja manfaat beras merah untuk kesehatan si Kecil? Dan bagaimana cara mengolah beras merah agar terasa lembut dan enak?

1 dari 4

Manfaat Beras Merah untuk Bayi

Manfaat Beras Merah untuk Bayi
loading

Beras merah bermanfaat untuk bayi karena makanan ini mengandung karbohidrat yang tinggi sebagai sumber energi bayi. Energi sangat diperlukan agar bayi dapat tumbuh dengan pesat sesuai dengan kurva pertumbuhannya. 

Tidak hanya mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi, beras merah juga mengandung serat yang tinggi yang dapat membantu melancarkan pencernaan bayi. Selain itu, berbeda dengan beras putih, beras merah diserap secara perlahan sehingga dapat membuat bayi merasa kenyang lebih lama. 

Dari segi kandungan mikronutrien, beras merah kaya akan berbagai vitamin dan mineral penting, seperti mangan, besi, seng, fosfor, kalsium, selenium, magnesium, dan potasium. 

Kandungan vitamin dalam beras merah di antaranya vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, folat, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu, beras merah juga mengandung antioksidan yang tentunya juga baik untuk kesehatan bayi dan anak. 

Nah, kandungan nutrisi yang cukup lengkap ini membuat beras merah banyak dipilih sebagai variasi bahan makanan untuk bayi dan anak. 

Artikel lainnya: Ibu, Ini 10 Makanan Paling Sehat untuk MPASI

2 dari 4

Resep MPASI Beras Merah

Resep MPASI Beras Merah
loading

Perlu diingat, walaupun kandungan beras merah sudah cukup lengkap, beras merah tidak dapat dijadikan sebagai menu tunggal untuk MPASI bayi atau makanan anak. Bayi dan anak juga memerlukan nutrien lainnya yang tidak terdapat dalam beras merah, seperti protein, lemak, dan berbagai jenis mikronutrien lainnya. 

Artikel lainnya: MPASI Hati Ayam, Adakah Manfaatnya untuk Kesehatan Bayi?

Itulah mengapa beras merah harus dikombinasikan dengan bahan makanan lain, seperti sumber protein dan lemak, agar buah hati Anda mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap. 

Cara mengolah beras merah sedikit berbeda dengan beras biasa. Untuk mendapatkan beras merah dengan tekstur yang lembut dan disukai anak, sebaiknya Anda merendam beras merah dengan air selama sekitar satu jam setelah mencuci beras merah. 

Merendam beras merah terlebih dahulu akan membuatnya lebih lembut nantinya. Kemudian, masaklah beras merah tersebut dengan air rendaman tadi agar vitamin yang larut dalam air tidak terbuang.

Artikel lainnya: Amankah MPASI Instan untuk Anak?

Takaran air yang digunakan untuk memasak beras merah sedikit lebih banyak dibandingkan dengan memasak beras putih. Setelah air memasak beras merah habis dan beras merah setengah matang, Anda dapat mengukus beras merah tersebut hingga benar-benar matang. 

Pada bayi, beras merah tersebut kemudian dapat disaring, diblender, atau dibuat bubur kasar sesuai dengan tahap perkembangan makan bayi. Juga bisa ditambahkan sumber protein, lemak, dan vitamin/mineral seperti sayur. 

Pada anak, beras merah dapat disajikan dalam bentuk seperti nasi bersama lauk-pauk dan sayuran. Tentunya penambahan sedikit garam dan gula boleh dilakukan, namun tidak berlebihan. 

3 dari 4

Kapan Boleh Memberi Beras Merah untuk Bayi?

loading

Beras merah dapat mulai diberikan pada bayi di atas enam bulan setelah melewati masa menyusui secara eksklusif. Pada usia 6 bulan ke atas, saluran cerna bayi sudah siap untuk menerima MPASI. 

Selain itu, perkembangan motorik yang menunjang proses makan, seperti mengangkat kepala, sudah sempurna pada usia ini. Refleks primitif untuk mengeluarkan makanan yang masuk ke mulut juga sudah menghilang pada usia ini, dan anak umumnya sudah tertarik untuk makan. 

Pemberian MPASI beras merah dapat dimulai dengan tekstur halus terlebih dahulu, dan secara bertahap semakin kasar sesuai dengan usia bayi. 

Walaupun beras merah baik diberikan untuk bayi dan anak, kombinasikan pula dengan sumber karbohidrat lain seperti beras atau gandum. Variasi jenis makanan penting untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi dan pengenalan rasa pada bayi dan anak.

Baca Juga

Jadi, jangan ragu lagi untuk memberikan beras merah sebagai salah satu menu MPASI anak Anda. Selain bernutrisi, kreativitas Anda dalam mengolah beras merah akan menambah petualangan rasa yang baru untuk indra perasa anak. 

Bagi Anda yang punya pertanyaan seputar tips MPASI, dapat bertanya langsung kepada dokter kami. Gunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[NWS/ RS]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Lagi Banyak saat Bulan Puasa, Bunda Bisa Coba MPASI Kurma

Info Sehat
10 Mei

MPASI Hati Ayam, Adakah Manfaatnya untuk Kesehatan Bayi?

Info Sehat
15 Apr

Bolehkah Bayi 6 Bulan Mengonsumsi MPASI Alpukat?

Info Sehat
18 Mar

Ibu, Ini 10 Makanan Paling Sehat untuk MPASI

Info Sehat
25 Jan

Benarkah Makanan Kemasan Bayi Mengandung Bahan Kimia?

Info Sehat
11 Jan

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk