Benarkah Rutin Minum Susu Bisa Bersihkan Paru-Paru? - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Benarkah Rutin Minum Susu Bisa Bersihkan Paru-Paru?

Sebagian orang percaya hanya dengan minum susu dapat bersihkan paru-paru. Benarkah hal tersebut?
Benarkah Rutin Minum Susu Bisa Bersihkan Paru-Paru?

Klikdokter.com, Jakarta Keluhan sesak napas kerap dihubungkan dengan penyakit paru-paru. Tuberkulosis, paru-paru basah, kanker paru, asma, infeksi paru adalah penyakit pada paru yang sering menjadi alasan paru-paru terasa sesak.

Belum lagi banyaknya paparan asap rokok, membuat risiko terserang penyakit di bagian pernapasan ini semakin besar. Berbagai cara untuk membersihkan paru-paru agar tetap bersih pun dilakukan. Salah satu cara yang kerap ditempuh untuk membersihkan paru-paru adalah dengan rutin minum susu.

Baca Juga

Berdasarkan kabar yang beredar dikatakan, apabila mengonsumsi susu maka akan tercipta lendir yang cukup banyak. Melalui mekanisme tertentu seperti batuk,  diharapkan lendir dapat membersihkan paru-paru dari penyakit.

Susu memang disarankan agar diminum rutin karena minuman ini merupakan salah satu sumber gizi yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Selain itu, susu juga merupakan sumber yang penting untuk pertumbuhan tulang serta gigi.

Sayangnya mengenai kabar bahwa minum susu memiliki manfaat untuk membersihkan paru-paru, masih perlu penelitian lebih lanjut. Pasalnya, meminum susu tidak berpengaruh untuk membersihkan paru-paru seperti berita yang tengah beredar di kalangan masyarakat.

Untuk menjaga kondisi paru-paru agar tetap prima sebaiknya hentikan kebiasan merokok. Kebiasaan buruk ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, otak dan ginjal. Selain itu, kebiasaan merokok bisa menyebabkan orang bukan perokok menjadi perokok pasif sehingga rentan terkena penyakit paru-paru.

Nah, susu sebagai minuman yang memiliki nutrisi tinggi, memang disarankan untuk dikonsumsi secara rutin. Namun, manfaat susu untuk membersihkan paru-paru, tampaknya masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Baca Juga

Sedangkan tindakan yang lebih penting untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Selain mengonsumsi makanan bergizi – termasuk minum susu – Anda juga perlu melakukan olahraga secara rutin dan cukup istirahat.

[DA/ RVS]

ARTIKEL TERKAIT

Asupan Pencegah Osteoporosis Selain Susu

Info Sehat
03 Okt

Mana Lebih Baik untuk Sarapan, Susu atau Jus Jeruk?

Info Sehat
22 Agt

Inilah 4 Efek Samping Minum Susu

Info Sehat
21 Agt

Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Minum Susu Kental Manis Berlebih

Info Sehat
03 Agt

Susu Kental Manis untuk Anak, Baik atau Buruk?

Info Sehat
31 Jul

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat