7 Cara Mengobati Asma pada Anak di Rumah
searchtext customer service

Langkah Penanganan Asma pada Anak di Rumah

Asma pada anak dapat kambuh sewaktu-waktu. Jangan khawatir, ada beberapa cara mengobati asma pada anak yang bisa Anda lakukan.
Langkah Penanganan Asma pada Anak di Rumah

Asma adalah salah satu jenis penyakit alergi yang sering terjadi pada anak. Kondisi ini biasanya berhubungan dengan genetik. Artinya, jika ada orang tua atau saudara yang mengalami asma, maka kemungkinan anak mengalami asma juga lebih tinggi. 

Selain kerentanan genetik, pencetus asma juga merupakan faktor yang penting terhadap terjadinya penyakit ini.

Jika tidak diatasi dengan benar, asma akan menjadi penyakit kronis dan mengganggu kualitas hidup seorang anak. 

Itulah mengapa, penting sekali bagi orang tua untuk memperhatikan penanganan asma pada anak, baik saat serangan akut maupun untuk kontrol jangka panjang. Lalu, bagaimana cara mengobati asma pada anak? Baca selengkapnya di bawah ini.

1 dari 8

1. Pertahankan Kebersihan Udara dalam Rumah

Pertahankan Kebersihan Udara dalam Rumah
loading

Kebersihan udara sangat penting untuk menangani serangan asma berulang pada anak. Untuk itu, jagalah kebersihan AC ataupun kipas angin yang digunakan. 

Lakukan servis AC dan kipas angin secara rutin. Kemudian, bersihkan lubang angin dan ventilasi udara lainnya dalam rumah. 

Artikel lainnya: Asma yang Sering Kambuh Dapat Menyebabkan Gangguan Psikologis

2 dari 8

2. Minimalkan Debu

loading

Cara lainnya untuk mengatasi asma pada anak adalah dengan meminimalkan debu. Karena sebenarnya yang memicu alergi adalah tungau debu yang terdapat dalam debu. 

Beberapa cara bisa Anda coba, misalnya dengan membalut bantal dan kasur dengan penutup tahan debu atau rutin mengganti tirai jendela. 

Pertimbangkan juga untuk mengganti karpet dan memasang alas lantai yang mudah dibersihkan, terutama di kamar anak.

3 dari 8

3. Jauhkan dari Bulu Hewan Peliharaan

Jauhkan dari Bulu Hewan Peliharaan
loading

Salah satu jenis alergen yang kerap memicu asma pada anak adalah bulu hewan peliharaan, seperti bulu kucing dan anjing. Jika anak alergi bulu, sebaiknya hindari memiliki hewan peliharaan yang berbulu. 

Kalaupun Anda telanjur memelihara hewan berbulu, rawat dengan baik untuk mengurangi jumlah bulu yang bertebaran. Jauhkan pula hewan peliharaan dari kamar anak Anda.

Artikel lainnya: Anak Menderita Asma, Masih Bolehkan Pelihara Hewan?

4 dari 8

4. Hindari Pencetus Lainnya

loading

Untuk mengobati asma pada anak, cara ini sangatlah penting. Pasalnya, asma juga dapat dipicu oleh jenis makanan tertentu, stres, aktivitas berlebihan, udara dingin, dan pencetus lainnya. 

Jika Anda mengetahui pencetus spesifik asma pada anak Anda, sedapat mungkin jauhkan atau singkirkan pencetus tersebut agar serangan asmanya tidak kambuh. 

5 dari 8

5. Tetap Tenang dan Posisikan dengan Baik Saat Serangan

Tetap Tenang dan Posisikan dengan Baik Saat Serangan
loading

Saat serangan asma terjadi atau kambuh, pertolongan pertama yang bisa dilakukan pada anak adalah dengan mengarahkannya dalam posisi duduk. Hindari posisi berbaring karena lebih menyulitkan dalam bernapas. 

Anda tidak boleh panik. Sebaliknya, tenangkan anak dengan tujuan memperlambat pernapasannya supaya tidak kelelahan. Longgarkan pakaian ketat dan berikan ventilasi udara yang baik.

Artikel lainnya: Penderita Asma, Hindari Makanan dan Minuman Ini

6 dari 8

6. Segera Gunakan Obat Sesuai Instruksi Dokter

loading

Setelah membuat anak tenang dan memosisikan tubuhnya dengan baik, segera berikan obat serangan asma sesuai petunjuk dokter. Tunggulah 5-10 menit. Apabila gejala menghilang, anak dapat beraktivitas lagi. 

Namun, jika kondisi tidak lekas membaik, segeralah bawa anak ke fasilitas kesehatan terdekat. Tetap pakai obat pereda asma beberapa menit sekali sesuai petunjuk dokter, hingga bantuan datang dan anak sudah ditangani oleh tenaga medis.

7 dari 8

7. Rutin Kontrol ke Dokter

loading

Cara selanjutnya yang penting dalam mengobati asma pada anak adalah dengan kontrol rutin ke dokter. 

Banyak orang tua yang memperhatikan kondisi anaknya saat serangan saja. Padahal, karena asma merupakan penyakit kronis, kontrol jangka panjang sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya serangan berulang. 

Baca Juga

Nah, kini Anda telah mengetahui berbagai cara mengobati asma pada anak. Jagalah kebersihan rumah, perhatikan ventilasi udara, serta hindarkan anak sedapat mungkin dari pencetus asma. Semoga bermanfaat!

Apabila Anda masih penasaran dengan topik ini, konsultasikan lewat Live Chat dengan dokter. Dapatkan info penyakit dan penanganannya hanya di aplikasi KlikDokter.

[RS]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Nofiyanty Nicolas, Sp.A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Silvia Wowiling, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Lianto Kurniawan Nyoto, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Cara Tepat Mengajari Anak Berenang

Info Sehat
06 Jun

Anak Sering Bengong, Perlukah Khawatir?

Info Sehat
30 Mei

Kesalahan Menyiapkan MPASI yang Umum Dilakukan Orang Tua

Info Sehat
27 Mei

Susu Rendah Lemak Untuk Batita Anda

Info Sehat
24 Mei

Perlukah Anak-anak Menggunakan Mouthwash?

Info Sehat
24 Mei

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat