Ketahui, Ini Manfaat Kopi untuk Kesehatan Hati Anda

Konsumsi kopi dalam takaran yang pas telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Tapi benarkah kopi juga bermanfaat bagi kesehatan hati atau lever?
Ketahui, Ini Manfaat Kopi untuk Kesehatan Hati Anda

Klikdokter.com, Jakarta Tren mengonsumsi kopi semakin menjamur di masyarakat Indonesia. Ini salah satunya dibuktikan dengan bermunculannya kedai-kedai kopi ala kekinian. Namun rupanya, bukan sekadar tren, ada juga manfaat kopi untuk hati atau lever, lho! Tidak percaya?

Faktanya, menjaga kesehatan hati bisa dilakukan dengan minum kopi. Sebuah laporan menunjukkan kalau menurunnya risiko penyakit hati dapat dipengaruhi oleh berapa banyak jumlah kopi yang diminum. 

1 dari 3

Manfaat Kopi untuk Kesehatan Hati

Kopi
loading

Menurut laporan dari Coffee and Health, konsumsi 3-5 cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko kerusakan hati. Laporan tersebut mengungkapkan, kandungan kopi dapat menurunkan risiko penyakit hati (penyakit lever) hingga 70%.

Untuk diketahui, penyakit hati kronis atau tahunan adalah salah satu penyebab kematian yang paling umum di Amerika Serikat. 

Diperkirakan, 31.000 orang di AS meninggal akibat sirosis setiap tahun. Hal ini dipicu oleh tingginya konsumsi alkohol, kalori, dan lemak.

Nah, seperti sudah disinggung sebelumnya, minum kopi bermanfaat untuk kesehatan hati  dan mengurangi risiko penyakit tersebut. Bagaimana bisa?

Kopi mengandung kafein. Saat mencerna kafein, tubuh juga membentuk zat kimia yang disebut paraxanthine. Senyawa ini akan memperlambat pertumbuhan jaringan parut dalam fibrosis hati. 

Proses tersebut akan membantu melawan terjadinya kanker hati, sirosis terkait alkohol, perlemakan hati, serta hepatitis C.

Termuan itu juga didukung oleh penelitian Modi et al. Mereka menyebutkan, ada hubungan antara konsumsi kopi harian dengan tingkat beratnya fibrosis hati pada penderita penyakit hati kronis. 

Artikel Lainnya: Suka Minum Kopi? Ini Tips Cara Minum Kopi yang Lebih Sehat

Menurut peneliti, minum 1-2 cangkir kopi dikaitkan dengan menurunnya angka fibrosis hati.

Dua bahan kandungan dalam kopi, yaitu Kahweol dan Cafestol juga diketahui bersifat anti-kanker. 

Mengonsumsi kopi tanpa gula sebanyak 3-4 cangkir per hari dapat membantu pemulihan karsinoma hepatoseluler, di samping obat utama.

Meski demikian, belum ada penelitian mendalam mengenai dosis yang tepat untuk mendapatkan manfaat minum kopi tersebut.

Selain itu, kandungan asam di dalam kopi dapat bekerja melawan virus penyebab hepatitis B. Seperti dilaporkan sebuah studi, kopi dapat memberikan manfaat yang sama baik terhadap wanita maupun pria secara setara.

Meskipun cara penyajian kopi dapat berbeda-beda, baik disaring, instan, ataupun espresso, semuanya dapat memberikan manfaat yang sama.

Artikel Lainnya: Ingin BAB Setelah Minum Kopi, Ini Penyebab dan Solusinya

2 dari 3

Tips Minum Kopi yang Aman bagi Kesehatan Hati

Ilustrasi sedang Minum Kopi
loading

Meski ada penelitian yang mendukung manfaat kopi untuk kesehatan hati, tak berarti Anda dapat mengonsumsi kopi sesukanya. Semua ada batasnya. Anda yang tak terbiasa mengonsumsi kopi, juga jangan dipaksakan.

Hingga saat ini, belum terdapat rekomendasi spesifik mengenai tingkat asupan kopi agar bermanfaat untuk kesehatan lever. Penelitian sejauh ini hanya menunjukkan konsumsi kopi tingkat sedang (3-4 cangkir per hari) secara teratur dapat bermanfaat.

Anda dapat mengonsumsi kopi pada pagi dan siang hari saat akan beraktivitas untuk membantu performa kerja sehari-hari. 

Namun, pada orang dengan kondisi tertentu, mungkin perlu untuk membatasi asupan kafein harian, termasuk kopi, teh, coca-cola, maupun cokelat.

Contohnya, wanita hamil disarankan untuk membatasi asupan kafein hingga 200-300 mg per hari. Jumlah ini setara dengan 2-3 cangkir kopi biasa. 

Meski manfaat kopi untuk kesehatan hati sudah terbukti, bukan berarti Anda bisa bebas mengonsumsinya. 

Baca Juga

Tetap batasi jumlahnya sesuai kebutuhan dan kondisi. Bila terlalu banyak, dapat menimbulkan insomnia, jantung berdebar, bahkan kenaikan asam lambung.

Lakukan juga pola hidup yang sehat lainnya, seperti makanan sehat dan seimbang, hindari alkohol dan merokok, olahraga rutin, serta istirahat yang cukup. Cari tahu tips menjaga kesehatan hati lainnya di aplikasi KlikDokter.

(HNS/AYU)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Inilah Segudang Manfaat Kopi untuk Rambut Sehat

Info Sehat
04 Jun

Saat Sahur, Hindari Minuman Ini Agar Puasa Lancar

Info Sehat
22 Mei

Ini Alasan Tidak Boleh Minum Kopi Saat Perut Kosong

Info Sehat
18 Mei

Fika, Cara Minum Kopi di Swedia agar Kerja Lebih Produktif

Info Sehat
13 Mei

Ingin BAB Setelah Minum Kopi, Ini Penyebab dan Solusinya

Info Sehat
13 Mei

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk