Minyak Kelapa atau Minyak Zaitun, Lebih Sehat Mana?
search

Mana Lebih Baik untuk Kesehatan, Minyak Kelapa atau Minyak Zaitun?

Minyak merupakan salah satu bahan utama untuk memasak. Namun, jangan sampai salah memilih. Di antara minyak kelapa dan minyak zaitun, mana yang paling baik?
Mana Lebih Baik untuk Kesehatan, Minyak Kelapa atau Minyak Zaitun

Klikdokter.com, Jakarta Minyak identik dengan kandungan lemak di dalamnya yang dianggap tidak baik bagi kesehatan, khususnya untuk jantung. Namun, lemak sebenarnya tetap dibutuhkan oleh tubuh. Hal yang terpenting adalah memilih minyak yang memiliki lemak baik, sehingga memberikan manfaat kesehatan lebih.

Anda tentu sudah sering mendengar tentang manfaat minyak zaitun atau olive oil bagi kesehatan. Minyak jenis ini memiliki kadar lemak baik yang tinggi, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah. Akan tetapi, ada baiknya Anda juga mengenal manfaat minyak kelapa yang tak kalah hebatnya.

Kandungan Lemak pada Minyak Kelapa dan Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun dan minyak kelapa sudah tak diragukan lagi. Kedua minyak ini memiliki kandungan lemak baik yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, manakah yang lebih baik di antara keduanya?

Beberapa hasil studi menunjukkan bahwa minyak zaitun memiliki kandungan lemak baik yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan minyak kelapa.

Artikel lainnya: Pakai Minyak Goreng Bekas Bisa Picu Kanker Payudara?

Sebagai perbandingan, minyak zaitun memiliki kandungan lemak baik 10 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan minyak kelapa. Selain itu, minyak zaitun menyimpan lemak jenuh yang lebih sedikit dibandingkan dengan minyak kelapa.

Berikut perbandingan kandungan lemak yang terdapat di dalam satu sendok makan minyak zaitun dan minyak kelapa:

  • Minyak zaitun
Kalori : 120
Total lemak : 14 gram
Saturated fatty acids: 2 gram
Monosaturated fatty acids: 10 gram 
  • Minyak kelapa
Kalori : 120
Total lemak : 14 gram
Saturated fatty acids: 13 gram
 Monosaturated fatty acids: 1 gram 

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa lemak jenuh merupakan lemak jahat dan dapat berbahaya bagi kesehatan jantung. Dengan kata lain, minyak zaitun ternyata lebih aman dikonsumsi untuk sehari-hari dibandingkan dengan minyak kelapa.

1 dari 3

Manfaat Minyak Kelapa dan Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Minyak Kelapa dan Minyak Zaitun
loading

Minyak kelapa dan minyak zaitun sebenarnya memiliki kandungan yang sama, namun dengan takaran yang berbeda, khususnya dalam saturated dan monosaturated fatty acids.

Mengonsumsi asupan dengan kandungan lemak tak jenuh, salah satunya monosaturated fats, dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dibandingkan dengan makanan yang tinggi lemak jenuh dan lemak trans.

Sementara, kandungan saturated fats dapat meningkatkan kolesterol jahat atau LDL (low-density lipoprotein) di dalam darah. Hal ini yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Walaupun manfaat minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan, Anda jangan mengecilkan manfaat minyak kelapa. Kandungan antioksidan dalam minyak kelapa berperan mencegah rongga pembuluh darah menyempit.

Minyak kelapa memiliki sekitar 85 persen lemak jenuh yang mengandung asam laurat. Asam laurat berfungsi sebagai penunjang pertumbuhan probiotik di dalam saluran pencernaan dan berfungsi melawan bakteri jahat.

Artikel lainnya: Pilihan Minyak Goreng yang Aman untuk Kolesterol Tinggi

2 dari 3

Virgin Coconut Oil vs. Minyak Kelapa Olahan

Ilustrasi Virgin Coconut Oil vs. Minyak Kelapa Olahan
loading

Terdapat dua jenis minyak kelapa, yaitu minyak kelapa virgin yang biasa disebut VCO (virgin coconut oil) dan minyak kelapa olahan. Minyak kelapa virgin ini diambil dari santan melalui proses yang disebut wet extraction.

Sedangkan minyak kelapa olahan diekstrak dari daging kelapa yang dikeringkan dan membutuhkan proses pemurnian yang panjang, hingga akhirnya jadilah minyak kelapa yang biasa Anda gunakan untuk memasak. Sayangnya, karena melalui proses yang panjang, kandungan yang baik seperti antioksidan dan fenol dapat hilang.

Selain juga mengandung lemak baik, minyak kelapa VCO memiliki khasiat yang lebih banyak dibandingkan dengan minyak kelapa olahan. Kandungan antioksidan dan polifenol yang lebih tinggi dibanding jenis minyak lainnya berperan dalam melawan radikal bebas dan mencegah terbentuknya plak di pembuluh darah.

Peran kedua kandungan tersebut dalam minyak kelapa dapat membantu Anda terhindar dari sumbatan di pembuluh darah. Gangguan kesehatan ini jika dibiarkan akan berujung pada penyakit tekanan darah tinggi dan sakit jantung.

Jadi, meskipun secara ilmiah minyak zaitun memiliki khasiat yang lebih baik jika dibandingkan dengan minyak kelapa, bukan berarti minyak kelapa buruk bagi kesehatan.

Baca Juga

Hanya saja, jika dibandingkan dengan minyak kelapa, minyak zaitun memberikan khasiat bagi kesehatan yang lebih besar. Selain itu, tetap perhatikan jumlah yang dikonsumsi agar tidak meningkatkan berbagai risiko penyakit.

Bagi Anda yang punya pertanyaan seputar manfaat minyak kelapa dan minyak zaitun, dapat berkonsultasi secara daring kepada dokter kami. Gunakan layanan Live Chat yang tersedia di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[NWS/ RS]

ARTIKEL TERKAIT

Cara Alami Menghilangkan Stretch Mark

Info Sehat
15 Mei

Lebih Baik Mana, Minyak Zaitun atau Minyak Jagung?

Info Sehat
15 Okt

Minyak Zaitun untuk Pelumas Seks, Apakah Aman?

Info Sehat
16 Agt

Kabar Gembira! Makanan Berlemak juga Bisa Bikin Sehat

Info Sehat
01 Agt

6 Kiat Aman Makan Gorengan agar Tak Kena Radang Tenggorokan

Info Sehat
26 Mei

REAKSI ANDA

1 KOMENTAR

Avatar
inu saba
2 Tahun Lalu

tetapi menjaga kualitas minyak zaitun sangatlah sulit. minyak zaitun tidak boleh terkena cahaya meski itu cahaya lampu sekalipun apalagi cahaya matahari,minyak zaitun tidak boleh disimpan didalam kemasan plastik dan tidak boleh terkena suhu lingkungan yang panas

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat