Benarkah Pola Tidur yang Buruk Pengaruhi Kesuburan Wanita?

Pola tidur yang buruk dituding sebagai salah satu kondisi yang dapat menyebabkan dampak buruk pada kesuburan wanita. Apakah fakta atau hanya mitos belaka?
Benarkah Pola Tidur yang Buruk Pengaruhi Kesuburan Wanita?

Klikdokter.com, Jakarta Pekerjaan, kesibukan rumah tangga, dan segudang aktivitas lainnya adalah beberapa hal yang membuat seorang wanita mengalami gangguan tidur. Tentu saja, hal ini tidak dapat dibiarkan terjadi secara berkelanjutan.

Faktanya, gangguan tidur pada wanita adalah awal mula terjadinya berbagai kondisi medis yang merugikan. Salah satu kondisi yang dimaksud adalah gangguan kesuburan pada wanita.

Gangguan Tidur dan Kesuburan Wanita

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Tri-Service General Hospital dan National Defense Medical Center di Taipei, Taiwan, pola tidur yang buruk terbukti dapat menyebabkan gangguan kesuburan pada wanita. 

Dalam studi itu, peneliti memeriksa data 16.718 wanita yang didiagnosis mengalami gangguan tidur antara tahun 2000 hingga 2010. 

Peneliti pun mempunyai data pembanding dari 33.436 wanita yang tidak memiliki masalah tidur.

Setelah melewati berbagai proses, hasil dari penelitian tersebut mengatakan bahwa sebagian besar wanita yang menjadi peserta studi dengan gangguan tidur lebih rentan mengalami gangguan kesuburan hingga tiga kali lipat lebih tinggi.

Artikel Lainnya: Tes Kesuburan Sebelum Menikah, Cara Deteksi Kemandulan Sejak Dini

1 dari 2

Tips Mendapatkan Waktu Tidur yang Berkualitas

Ilustrasi Wanita sedang Tidur
loading

Perlu diketahui bahwa gangguan tidur pada wanita tidak hanya menyebabkan masalah kesuburan. 

Hal tersebut juga bisa meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan kronis, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, gangguan paru-paru, dan penyakit ginjal

Penelitian pun mengungkapkan bahwa peserta studi yang memiliki pola tidur buruk cenderung memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, masalah tiroid, depresi, dan kecemasan. 

Anda tentu tidak ingin mengalami gangguan kesuburan dan hal-hal merugikan lain yang bisa terjadi akibat pola tidur yang buruk, bukan? 

Jika memang demikian, Anda mesti segera berupaya untuk memiliki pola tidur yang baik.

Artikel Lainnya: Kenali Tanda Wanita dalam Masa Subur

Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba agar pola tidur yang baik bisa segera diraih:

  • Atur Posisi Tidur

Pastikan bantal yang Anda gunakan untuk tidur sudah cukup nyaman. Bisa jadi, keluhan sulit tidur yang Anda rasakan disebabkan oleh bantal atau posisi tidur yang tidak tepat. 

Intinya, Anda mesti mengatur posisi tidur sedemikian rupa agar terasa nyaman. Dengan begitu, Anda pun bisa memiliki kualitas tidur yang baik pula.

  • Terapkan Gaya hidup Sehat

Pola tidur yang baik dapat bergantung dari gaya hidup Anda sehari-hari. Maka itu, mulailah untuk menerapkan gaya hidup sehat mulai saat ini.

Pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang, jaga berat badan tetap ideal, lakukan olahraga secara rutin, kelola stres dengan baik, dan hindari rokok maupun alkohol.

Selain itu, hindari pula konsumsi minuman berkafein di sore hari agar Anda tidak susah tidur di malam hari. 

Jika Anda ingin minum kopi atau teh, usahakan untuk mengonsumsinya di pagi hari atau sebelum jam makan siang.

Artikel Lainnya: Bagaimana Menentukan Masa Subur Wanita?

  • Ciptakan Suasana Kamar Tidur yang Nyaman

Gunakan kamar Anda hanya untuk tidur, bukan sebagai tempat kerja atau makan. Selain itu, atur pula kondisi lingkungan di kamar tidur Anda agar terasa lebih nyaman. 

Jika perlu, jadikan pula minyak esensial beraroma lavender sebagai pengharum kamar Anda.

Mengapa harus aroma lavender? Ini karena sebuah studi yang dilansir pada jurnal Nursing in Critical Care tahun 2017 menyebutkan soal hubungan penyakit jantung dan kualitas tidur. 

Sebanyak 60 orang dengan penyakit jantung yang dirawat di ruang ICU bisa memiliki rasa cemas yang rendah dan kualitas tidur yang lebih baik setelah diminta menghirup aroma lavender (2%).

Terbukti bahwa gangguan tidur dapat secara langsung mengganggu kesuburan wanita. Jika Anda tak ingin mengalaminya, segera perbaiki pola tidur agar bisa sepenuhnya mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Baca Juga

Jangan lupa untuk imbangi dengan penerapan gaya hidup bersih dan sehat, agar kondisi organ reproduksi Anda senantiasa terjaga. 

Jika Anda punya pertanyaan lain mengenai kesuburan wanita, tak perlu sungkan untuk chatting secara langsung dengan dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Inilah Lima Kiat Ampuh Menjaga Kesuburan Rahim Wanita

Info Sehat
10 Jun

Hindari Konsumsi Makanan Ini Sebelum Tidur Agar Tidak Gemuk

Info Sehat
09 Jun

Kenali Gangguan Tidur Akibat Kerja Shift

Info Sehat
20 Mei

Anak Menjerit Saat Tidur, Jangan-jangan Alami Sleep Terror, Bunda!

Info Sehat
16 Mei

Tes Kesuburan Sebelum Menikah, Cara Deteksi Kemandulan Sejak Dini

Info Sehat
14 Mei

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk