Benarkah Tetes Jeruk Nipis Ampuh Atasi Mata Minus?

Oleh Nur Budhi pada 30 Dec 2017, 13:10 WIB
Tetes jeruk nipis diyakini menjadi ramuan herbal yang ampuh mengatasi mata minus. Apakah ini terbukti?
Benarkah Tetes Jeruk Nipis Ampuh Atasi Mata Minus? (Vitalina Rybakova/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Jeruk nipis merupakan buah yang dikenal sejak lama memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat yang paling populer adalah tetesan dari buah jeruk nipis diyakini dapat membantu mengatasi mata minus. Apa kata medis?

Mata minus atau miopia merupakan kondisi berkurangnya kemampuan melihat benda jauh, tapi dapat melihat benda dekat dengan lebih baik. Oleh karena itu, gangguan ini juga dikenal dengan sebutan rabun jauh.

Mata minus terjadi ketika kornea dan lensa mata terlalu cembung atau bola mata terlalu panjang, sehingga titik fokus sinar yang dibiaskan akan terletak di depan retina. Pada umumnya, tingkat keparahan mata minus akan menjadi stabil ketika penderita sudah memasuki usia 20 tahun. Artinya, minus pada mata cenderung tidak akan bertambah, atau hanya bertambah sangat sedikit.

Mata minus dapat diatasi dengan penggunaan kacamata atau lensa kontak minus (negatif) yang sesuai. Di samping itu, penderita juga dapat menjalani operasi LASIK alias Laser Assisted in Situ Interlamellar Keratomileusis untuk memperbaiki kondisi mata yang minus.

Bagaimana dengan tetes jeruk nipis?

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang bekerja sebagai antioksidan untuk mata. Vitamin ini dapat mengurangi tingkat keparahan akibat katarak maupun akibat degenerasi makula.

Akan tetapi, manfaat tersebut hanya bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi jeruk nipis, bukan menjadikannya sebagai obat tetes mata. Artinya, peggunaan tetes mata dengan jeruk nipis tidak terbukti dapat mengurangi keluhan mata minus. Hal ini justru dapat mendatangkan malapetaka bagi mata Anda.

Menurut dr. Anita Amalia Sari, jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan pada lapisan mata. Keadaan ini dapat mencetuskan mata merah, nyeri, bengkak, dan pandangan menjadi buram.

Perlu Anda ketahui, segala cairan yang bersifat asam dapat menyebabkan trauma pada mata. Oleh karena itu, jika mata Anda terkena cipratan jeruk nipis atau cairan asam lainnya, segera bilas dengan air bersih yang mengalir. Jika kondisi tak kunjung membaik, periksakan diri ke dokter spesalis mata, agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Sekarang Anda sudah tahu fakta yang sebenarnya. Jadi jangan pernah berpikiran untuk menjadikan tetes jeruk nipis sebagai alternatif mengobati mata minus. Bukannya menyembuhkan, hal itu justru dapat mengancam kesehatan mata Anda.

[NB/ RVS]

Fatimah BeniFatimah Beni

memang nya aman?