Makan Malam Romantis Bikin Tubuh Sehat

Oleh Gerardus Septian Kalis pada 02 Jan 2018, 10:59 WIB
Ingin mendapatkan tubuh yang sehat? Cobalah untuk jatuh cinta dan atur makan malam yang romantis dengan pasangan Anda.
Makan Malam Romantis Bikin Tubuh Sehat (Lucky Business/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Ada sebuah pemeo yang mengatakan, saat pria dan wanita sedang di puncak kasmaran, dunia akan serasa milik mereka berdua. Pada masa ini, setiap pasangan akan sering menghabiskan banyak waktunya untuk selalu berduaan, salah satunya adalah momen makan malam romantis.

Makan malam bersama adalah salah satu cara untuk merasakan bahwa dunia memang hanya milik berdua. Akan tetapi, tahukah Anda jika perasaan romantis dapat membuat tubuh lebih sehat?

Saat seseorang sedang jatuh cinta, tubuhnya akan memproduksi hormon oksitosin. Produksi hormon oksitosin ini juga dapat meningkat ketika Anda bersama anggota keluarga, hewan peliharaan, atau apapun yang Anda percaya dapat memberikan rasa nyaman. Pada akhirnya kondisi ini menurunkan hormon stres dan meningkatkan imunitas.

Selain itu, oksitosin  dapat memperkuat hubungan antar manusia dan meredakan rasa cemas. Beberapa penelitian medis menyatakan bahwa oksitosin  dapat meredakan kadar hormon kortisol dalam tubuh yang memicu peningkatan kadar gula darah, menurunkan tekanan darah, serta memperbaiki permasalahan saluran cerna yang kerap dipicu oleh stres.

Sementara itu, sebuah penelitian bersama antara State University of New York (SUNY) dan Stanford University Medical Center di California menunjukkan bahwa kokain dan perasaan romantis dapat memicu aktivitas otak di daerah yang sama.

Daerah yang teraktivasi ini memicu produksi suatu senyawa kimia yang disebut dengan dopamin.  Senyawa dopamin inilah yang menghasilkan rasa senang dan merupakan faktor yang penting dalam penanganan rasa nyeri.

Dari pemaparan di atas sudah jelas bahwa lewat makan malam romantis pun Anda dapat menjaga kesehatan. Selingi momen romantis tersebut dengan gurauan yang mengundang tawa. Perpaduan antara cinta dan tawa adalah kombinasi yang baik untuk membuat Anda tetap sehat secara mental dan fisik. Selamat makan malam romantis dengan pasangan terkasih!

[NP/ RVS]