5 Kiat Bebas Batuk Meski Cuaca Tak Menentu

Oleh KlikDokter pada 12 Jan 2018, 13:04 WIB
Salah satu gejala penyakit yang cukup sering terjadi saat cuaca tak menentu adalah batuk. Yuk, cari tahu solusinya di sini!
5 Kiat Bebas Batuk Meski Cuaca Tak Menentu (Ra2studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Batuk dapat disebabkan oleh alergi, iritasi, atau peradangan saluran napas bagian atas. Tanpa disadari, batuk dapat memengaruhi aktivitas dan produktivitas Anda. Lantas, bagaimana trik agar bebas batuk meski cuaca tak menentu? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Hindari aktivitas di luar ruang yang tidak perlu

Saat cuaca tak menentu, aktivitas di luar rumah yang tidak perlu sebaiknya dihindari. Perubahan cuaca yang cepat membuat pertahanan tubuh menurun, sehingga Anda lebih mudah mengalami batuk.

Cuaca yang dingin pada sebagian orang dapat menimbulkan alergi dan gejala batuk. Itu sebabnya saat cuaca tidak menentu akan lebih baik jika Anda memperbanyak aktivitas di dalam ruangan.

2. Jaga suhu tubuh dengan baik

Jika Anda harus berpergian ke luar rumah, gunakan pakaian yang hangat. Siapkan juga payung atau jas hujan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu turun hujan. Perbanyak minum air mineral dan makan makanan yang hangat. Dengan melakukan hal-hal tersebut, suhu tubuh Anda dapat terjaga dengan baik dan terhindar dari batuk.

3. Jaga kebersihan diri

Saat cuaca yang tidak menentu, virus dan bakteri dalam udara menjadi lebih banyak karena udara yang lembap. Selain itu, banyaknya orang yang sakit saat cuaca pancaroba menyebabkan infeksi lebih mudah menular.

Itu sebabnya, kebersihan diri penting diperhatikan. Rajinlah mencuci tangan terutama sebelum dan sesudah makan, sebelum menyiapkan makanan, dan setelah buang air besar dan kecil.

Selain itu, jangan malas untuk mandi secara teratur, serta menggunakan masker saat keluar rumah. Hal-hal tersebut merupakan beberapa hal yang penting Anda lakukan untuk mencegah terkena batuk.

4. Makan makanan yang kaya nutrisi

Salah satu hal yang sangat penting dalam menjaga daya tahan tubuh terutama saat cuaca yang tak menentu adalah nutrisi yang baik. Konsumsilah makanan yang kaya nutrisi, termasuk makanan yang mengandung vitamin dan mineral, seperti buah dan sayur.

Hindari gorengan dan jajanan yang tidak higienis. Bila perlu, minumlah suplemen vitamin dan mineral untuk menjaga daya tahan tubuh Anda, sehingga tidak mudah terserang batuk.

5. Tetap jaga pola hidup sehat

Pola hidup sehat seperti olahraga teratur, istirahat yang cukup, serta menghindari rokok dan alkohol juga penting untuk mencegah batuk di saat cuaca yang tidak menentu. Jaga pula kesehatan psikolgis Anda dengan selalu berpikiran positif dan menghindari stres.

Menjaga keseimbangan antara kesehatan fisik dan mental akan membuat daya tahan tubuh Anda akan menjadi lebih baik. Dengan begitu, Anda akan terjaga dari penularan berbagai penyakit, termasuk batuk.

Bila perlu, minumlah multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsilah obat batuk yang sesuai dengan gejala batuk Anda dan tentunya pilihlah hanya obat batuk yang menggunakan bahan alami, seperti HerbaKOF.

HerbaKOF merupakan satu-satunya obat batuk herbal yang sudah pasti berbahan dasar alami. Obat batuk ini diproses melalui teknologi fraksinasi mutakhir, yaitu proses ekstraksi dari bahan-bahan yang digunakan, seperti legundi, jahe gajah, daun saga, dan mahkota dewa.

Obat batuk ini memiliki empat keunggulan meredakan batuk. HerbaKOF dapat meredakan segala jenis batuk Anda, meredakan radang tenggorokan, melegakan pernapasan, dan menghangatkan saluran pernapasan.

Lalu apa yang membedakan obat batuk ini dengan obat batuk biasa? Kelebihan HerbaKOF dibanding obat batuk lainnya adalah teknologi fraksinasi yang membuat obat batuk herbal ini dapat bekerja lebih efektif dan cepat untuk meredakan batuk Anda.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, kami yakin Anda akan bebas batuk selama cuaca yang tidak menentu. Jadi ingat, saat batuk menyerang, beristirahatlah dengan cukup dan jangan lupa untuk mengonsumsi obat batuk herbal HerbaKOF. Anda bisa mendapatkannya di Indomaret dan Alfamart terdekat. Saat ini HerbaKOF sudah tersedia dalam kemasan stick pack yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Jadi mulai KOF KOF, minum HerbaKOF.

[NP/ RH]