Wajib Tahu, Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium Awal

Oleh dr. Sara Elise Wijono MRes pada 05 Feb 2018, 16:36 WIB
Kenali ciri-ciri kanker payudara stadium awal agar Anda lebih waspada.
Wajib Tahu, Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium Awal (Foto593/shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kanker payudara merupakan penyakit yang dapat berakibat fatal. Namun, jika dikenali dari stadium awal, penderita dapat memiliki angka harapan hidup yang tinggi. Karena itu, penting bagi wanita untuk mengetahui ciri-ciri stadium awal dari kanker ini.

Stadium kanker payudara ditentukan berdasarkan tiga faktor, yaitu tumor, kelenjar getah bening, dan metastasis (penyebaran sel kanker). Pada stadium awal, ukuran benjolan payudara masih kecil. Selain itu, sel kanker belum meluas hingga kelenjar getah bening sekitar serta jaringan sekitar payudara.

Pada kanker payudara stadium lanjut, ukuran benjolan makin besar, juga ada penyebaran pada kelenjar getah bening dan organ lain.

Meski ukurannya kecil atau besar, setiap benjolan payudara tidak boleh disepelekan dan harus diperiksa lebih lanjut. Bahkan tanpa adanya benjolan sekalipun, wanita harus sigap melakukan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri) atau mamografi untuk wanita di usia 40 tahun dan USG payudara untuk wanita di bawah 40 tahun.

Tanda-tanda kanker payudara lainnya

Seberapa besar Anda mengenal payudara Anda? Penting sekali bagi wanita untuk memahami keadaan payudara masing-masing, terutama ukuran, bentuk, dan rasa saat perabaan payudara.

Perubahan pada payudara bisa jadi merupakan tanda kanker payudara stadium awal. Misalnya, payudara menjadi besar sebelah atau bengkak, berbentuk asimetris, atau terasa berbeda jika diraba. Jika Anda mengenal keadaan payudara, Anda pun akan lebih awas dan menyadari apabila terdapat perubahan (meskipun hanya perubahan kecil).

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah perubahan pada kulit payudara. Seperti kerutan dan lekukan masuk pada kulit payudara, tekstur kulit terasa seperti kulit jeruk, serta ruam atau kemerahan pada kulit di area payudara. Cermati juga adanya kulit bersisik atau penebalan kulit.

Puting payudara juga dapat menunjukkan gejala bila terdapat kanker. Jika Anda menemukan puting yang retraksi (masuk ke dalam), puting yang tampak atau terasa berbeda, sebaiknya segera temui dokter. Selain itu, keluarnya cairan dari puting, pada wanita yang tidak hamil atau menyusui, perlu dievaluasi lebih lanjut.

Apabila Anda menemukan tanda dan gejala tersebut, ataupun merasa tidak yakin dengan keadaan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Ingat, makin awal kanker payudara terdeteksi, angka harapan hidup penderitanya pun makin tinggi.

[RS/ RVS]