Cara Memilih Pembersih Wajah yang Tepat

Oleh dr. Ellen Theodora pada 08 Feb 2018, 12:31 WIB
Bingung dengan banyaknya produk pembersih wajah di pasaran? Ini kiat memilihnya.
Cara Memilih Pembersih Wajah yang Tepat (Nestor Rizhniak/shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Serum mahal tak ada artinya jika Anda tidak membersihkan wajah dengan baik. Begitu juga bila pembersih wajah yang Anda pilih kurang cocok dengan jenis kulit Anda. Apa pun produk lain yang masuk ke kulit tidak akan meresap dengan efektif dan melakukan fungsinya dengan maksimal.

Karena itu, Anda perlu membersihkan kulit wajah secara teratur, dengan cara yang baik dan benar. Apalagi jika Anda selalu menggunakan kosmetik dalam keseharian, atau sering beraktivitas di luar ruangan.

Sisa penggunaan kosmetik yang menempel di kulit tentunya akan mengganggu keadaan kulit itu sendiri. Hal ini kemudian dapat mengakibatkan kulit berjerawat, kusam, dan sejumlah masalah kulit lainnya. Mungkin Anda pernah mengalaminya, kulit langsung breakout karena lupa mencuci wajah sebelum tidur.

Untuk membersihkan kulit, tentunya Anda memerlukan bantuan dari pembersih wajah. Nah, dalam memilih pembersih wajah yang tepat, jangan sampai luput untuk memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Kenali dulu jenis kulit wajah

Jika membersihkannya sudah tepat, tapi pembersih tersebut tidak sesuai dengan jenis kulit Anda, hasilnya pun akan sama saja: kulit bisa mengalami masalah. Oleh karena itu, ketahui dulu jenis kulit Anda sebelum membeli produk pembersih wajah. Apakah normal, berminyak, kering, sensitif atau kombinasi.

Bila kulit Anda termasuk kering atau sensitif, carilah pembersih wajah yang bebas pewangi dan tanpa alkohol. Sementara untuk kulit berminyak, pilihlah produk yang bebas minyak dan berlabel non-comedogenic.

Selanjutnya, bagi Anda yang menggunakan riasan setiap hari, dapat memilih pembersih wajah yang juga berfungsi sebagai pengangkat kosmetik. Di samping itu, pastikan Anda tidak memiliki riwayat alergi dengan kandungan zat yang ada di pembersih yang hendak dibeli.

1 of 2

Ketahui jenis-jenis pembersih wajah

Ada berbagai jenis pembersih wajah yang ada di pasaran. Mulai dari pembersih gel, foam, hingga micellar water. Yuk, intip satu per satu!

a.    Pembersih gel

Pembersih gel dapat digunakan oleh mereka yang menginginkan pembersih yang ringan, tapi benar-benar dapat membilas bersih dan membuat kulit segar. Kebanyakan pembersih wajah jenis ini dapat dengan mudah mengangkat riasan yang ringan.

Produk pembersih jenis ini cocok untuk kulit normal hingga kombinasi dan berminyak.

b.    Pembersih foam

Sedangkan pembersih foam cocok untuk mereka yang menginginkan pembersihan menyeluruh untuk segala jenis riasan, serta menyukai tekstur busa yang membuat kulit terasa lembut. Sebenarnya pembersih tak harus berbusa untuk membuat kulit bersih, tapi banyak orang yang menyukai pembersih jenis ini karena busa yang dihasilkan.

Cocok untuk kulit kombinasi, berminyak, dan mudah breakout.

c.    Pembersih bertekstur balm

Pembersih jenis ini dapat mengangkat kotoran dengan baik serta meninggalkan rasa lembut pada kulit. Namun, membilas wajah dengan pembersih bertekstur balm sebaiknya menggunakan handuk bersih ketimbang kapas.

Cocok untuk kulit normal, kering, hingga yang sering eksim. Tidak cocok untuk kulit berminyak dan mudah breakout.

d.    Pembersih 'oil'

Mereka yang sering menggunakan riasan berat atau merasa harus melakukan double cleansing, dapat memilih pembersih jenis oil ini, sebelum diikuti oleh pembersih jenis gel atau foam. Atau jika Anda menginginkan pembersih yang lebih ringan daripada pembersih bertekstur balm.

Cocok untuk segala jenis kulit, bahkan untuk mereka yang kulitnya berminyak dan bermasalah.

e.    Micellar water

Jika Anda lebih suka membersihkan wajah dengan kapas ketimbang air, mungkin dapat mempertimbangkan micellar water ini. Selain itu, micellar water tidak memerlukan pembilasan dengan air setelahnya. Meski demikian, sebaiknya Anda tetap melakukannya agar tidak meninggalkan sisa-sisa agen pembersih di kulit.

Produk ini cocok untuk segala jenis kulit. Tapi mungkin Anda membutuhkan pembersih tradisional untuk memastikan bahwa riasan sudah terangkat sepenuhnya.

Faktor lain yang harus dipertimbangkan adalah dari segi harga dan merek. Perlu diingat, bahwa produk dengan harga yang mahal ataupun merek yang lebih terkenal tidak menjamin kualitas produk itu sendiri, karenanya segi kecocokan masing-masing orang bervariasi.

Selain itu, perhatikan juga apakah produk pembersih wajah tersebut memiliki sertifikasi dari badan POM. Hal ini penting karena terdaftar atau tidaknya di lembaga tersebut menentukan baik atau tidaknya produk ini untuk digunakan.

Bagaimanapun juga, setiap produk yang diaplikasikan pada kulit—termasuk pembersih wajah—harus diperhatikan secara saksama agar tidak menimbulkan masalah pada kulit. Jangan lupa juga untuk menambahkan perawatan wajah lain, seperti tabir surya, untuk membuat kulit tetap sehat.

[RS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓
Huzaimah HuzaimahHuzaimah Huzaimah

Untuk anak usia 11 boleh