Benarkah Cuci Muka dengan Air Hangat Bikin Cepat Tua?
search

Sering Cuci Muka dengan Air Hangat Bikin Cepat Tua?

Meski memiliki efek relaksasi, ternyata cuci muka dengan air hangat dapat berdampak buruk bagi kulit wajah.
Sering Cuci Muka dengan Air Hangat Bikin Cepat Tua?

Klikdokter.com, Jakarta Mencuci muka seakan menjadi rutinitas sehari-hari yang wajib dilakukan. Setiap orang memiliki ritual tersendiri saat melakukannya. Mulai dari pemilihan produk sabun muka yang digunakan hingga suhu air.

Air hangat dipercaya dapat memberikan efek relaksasi saat digunakan untuk membasuh wajah. Terkait dengan hal ini, banyak produk kecantikan yang menyarankan penggunaan air hangat sebelum mengaplikasikan produk-produknya seperti serum, losion, atau krim wajah lainnya.

Padahal, mencuci muka dengan air hangat bila dilakukan secara terus-menerus akan berdampak pada kesehatan kulit. Kebiasaan ini justru dapat membuat Anda mengalami masalah kulit seperti penuaan dini.

1 dari 4

Benarkah Anggapan Tersebut?

Ilustrasi Wanita Sering Cuci Muka dengan Air Hangat
loading

Manfaat cuci muka dengan air hangat dikenal dapat membersihkan kotoran lebih baik ketimbang air suhu biasa. Namun, akan berbeda halnya jika air yang digunakan memiliki suhu yang terlalu panas.

Mencuci wajah dengan air hangat sebenarnya tidak banyak dianjurkan oleh dokter karena justru dapat merusak kulit. Kulit normal memiliki keseimbangan jumlah lapisan minyak serta air. Dua komponen penting inilah yang menjaga kulit tetap kenyal, awet muda, serta sehat.

Minyak berlebih memang dapat mengundang banyak masalah, tapi kehilangan minyak juga demikian. Kondisi tersebut dapat merusak kesehatan kulit.

Mencuci muka dengan air hangat dapat menghabiskan lapisan minyak ini dengan cepat. Bila dilakukan berulang-ulang, kulit akan kehilangan kekenyalannya dan terlihat kusam.

Kalau sudah demikian, kondisi ini dapat menyebabkan munculnya kerutan pada wajah lebih cepat. Pastinya Anda tidak mau, kan, kulit jadi keriput dan tua dari lebih cepat dari usia sebenarnya?

Lebih jauh lagi, kondisi kulit wajah yang kehilangan minyak alaminya mengharuskan Anda untuk mengaplikasikan pelembap. Namun, kondisi ini juga akan membuat kulit wajah rentan terhadap timbulnya jerawat dan infeksi kulit lainnya.

Bagi Anda pemilik kulit berminyak, mencuci muka dengan air hangat dapat mengikis lapisan minyak alami kulit dan membuat tubuh merespons dengan merangsang produksi minyak berlebih. Akibatnya, kulit Anda menjadi lebih berminyak. 

Artikel Lainnya: Terlalu Sering Mencuci Muka Bikin Wajah Keriput?

2 dari 4

Bagaimana dengan Air Dingin?

Ilustrasi Wanita Cuci Muka dengan Air Dingin
loading

Air dingin berperan sebagai astringent atau dapat membuat pori-pori kulit Anda mengecil untuk sementara. Selain itu, air dingin dapat membuat kulit tampak lebih tertarik. 

Bagi Anda yang memiliki kantong mata, manfaat mencuci muka dengan air dingin dapat membantu mengurangi bengkak meski hanya sementara. 

Manfaat lain cuci muka dengan air dingin di pagi hari adalah dapat membuat Anda tampak lebih segar seketika. Namun, cuci muka dengan air dingin dianggap kurang efektif dalam membuang kotoran dan minyak berlebih pada permukaan kulit. 

Ibarat mencuci piring yang kotor dan berminyak, tentunya lebih mudah membersihkannya dengan air hangat. Namun demikian, penggunaan air dingin sangat dianjurkan untuk digunakan setelah wajah bersih guna memberikan efek segar pada kulit.

Artikel Lainnya: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Muka

3 dari 4

Jadi, Pilih Suhu Hangat atau Dingin Saat Cuci Muka?

Jadi, Pilih Suhu Hangat atau Dingin Saat Cuci Muka?
loading

Seluruh masalah yang ditimbulkan akibat mencuci muka dengan air hangat memang dapat berujung pada kerusakan dan penuaan dini. Kulit wajah akan terlihat kusam dan berkerut lebih cepat dari yang seharusnya. Untuk itu, sebaiknya usahakan mencuci wajah dengan air yang bersuhu netral.

Meski kondisi kulit sedang normal, penting juga untuk menggunakan pelembap usai mencuci muka. Aplikasikan pelembap sesegera mungkin, maksimal tiga menit dari waktu mencuci muka agar penyerapannya lebih maksimal.

Selain pelembap, oleskan selalu tabir surya sebelum beraktivitas, khususnya jika Anda akan beraktivitas di luar ruangan.

Baca Juga

Setelah mengetahui bahwa mencuci muka dengan air hangat atau yang cenderung terlalu panas dapat berdampak buruk bagi kulit, hindarilah kebiasaan ini. Selain itu, pastikan Anda memilih perawatan wajah yang tepat agar kulit terhindar dari kerusakan dan penuaan dini.

Apabila memiliki pertanyaan seputar kesehatan kulit ataupun masalah kesehatan lainnya, tanyakan secara langsung kepada dokter melalui layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[WA]

ARTIKEL TERKAIT

Cara Penularan Kusta yang Perlu Anda Tahu

Info Sehat
10 Sep

Bisakah Kusta Sembuh Total?

Info Sehat
09 Sep

Ibu, Ini Cara Mengobati Panu pada Anak

Info Sehat
09 Sep

Kulit dan Jari Kebas, Gejala Penyakit Kusta?

Info Sehat
08 Sep

Mengapa Mendiang Putri Diana Tak Takut Tertular Kusta?

Info Sehat
08 Sep

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat