Atasi Wajah Berminyak dengan Konsumsi Makanan Ini

Oleh dr. Arina Heidyana pada 17 Jun 2020, 09:15 WIB
Berikut ini daftar makanan yang dianjurkan jika Anda memiliki kulit wajah berminyak.
Atasi Wajah Berminyak dengan Konsumsi Makanan Ini

Klikdokter.com, Jakarta Anda memiliki masalah dengan muka berminyak? Jika ya, tentunya ini akan sedikit merepotkan dan mengganggu penampilan. Tapi jangan khawatir, ada beberapa makanan untuk cegah wajah berminyak yang bisa Anda konsumsi.

Wajah merupakan bagian di mana kelenjar sebasea (kelenjar minyak) paling banyak ditemukan. Setiap kelenjar mengeluarkan sebum, minyak alami tubuh yang berguna untuk melembapkan dan melindungi kulit.

Jika produksi minyak berlebih, masalah jerawat dan kulit kusam pun akan muncul. Belum lagi penampilan muka yang akan terlihat mengkilat. Namun, ada cara mudah mengurangi wajah berminyak, yakni dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Apa saja makanan tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

1 of 6

1. Timun

Timun
Timun

Cara mengurangi wajah berminyak yang dapat Anda coba adalah dengan mengonsumsi timun. Timun direkomendasikan untuk pemilik wajah berminyak karena dapat menghidrasi kulit dengan efek pendinginnya.

Artikel Lainnya: Kiat Mengatasi Produksi Minyak Berlebih di Wajah

2. Kacang

Anda juga bisa mengonsumsi kacang sebagai cara mengurangi wajah berminyak. Kacang sendiri dipercaya kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat membuat kulit bersih dan sehat. Untuk menghilangkan wajah berminyak, konsumsilah kacang dengan tidak berlebihan dan hindari kacang yang digoreng.

2 of 6

3. Jeruk

Buah Jeruk
Buah Jeruk

Buah-buahan sitrus seperti jeruk dan lemon mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C ini dapat mendetoksifikasi racun dalam tubuh serta menghilangkan minyak berlebih dari kulit. Itulah sebabnya, jeruk menjadi makanan yang baik untuk mencegah wajah berminyak.

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah makanan kaya serat. Selain bagus untuk pencernaan, serat juga membantu membersihkan kulit Anda dan mengatur produksi minyak. Agar wajah tidak berminyak, konsumsilah sayur seperti bayam, brokoli, dan kale yang memiliki serat tinggi dan nutrisi penting lainnya.

3 of 6

5. Alpukat

Buah Alpukat
Buah Alpukat

Alpukat mengandung antioksidan dan asam lemak yang sehat untuk kulit, serta mencegah produksi minyak berlebih dari kelenjar sebasea. Selain dimakan langsung, Anda juga bisa menggunakan alpukat sebagai masker untuk mengatasi kulit berminyak.

Artikel Lainnya: 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah yang Perlu Anda Coba

6. Anggur

Sama seperti buah-buahan sitrus, anggur juga kaya akan vitamin C. Di samping itu, anggur mengandung kadar air yang tinggi sehingga membantu menghidrasi kulit.

4 of 6

7. Dark Chocolate

Dark Chocolate
Dark Chocolate

Ya, dark chocolate juga termasuk makanan untuk mencegah wajah berminyak. Jenis cokelat ini mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat mengontrol produksi minyak pada wajah.

8. Oatmeal

Cara mengurangi wajah berminyak selanjutnya adalah dengan konsumsi makanan yang tinggi serat seperti oatmeal. Makanan ini dapat membantu menenangkan kulit yang meradang dan menyerap minyak berlebih.

Oatmeal juga dapat bertindak sebagai eksfoliator, sehingga membantu pengelupasan kulit mati.

5 of 6

9. Madu

Madu
Madu

Madu adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara mencegah wajah berminyak. Madu dapat menjaga kelembapan kulit, sehingga kelenjar minyak di muka tidak perlu bekerja ekstra dan menghasilkan minyak berlebih.

10. Tomat

Tomat mengandung asam salisilat yang dapat membantu penyerapan minyak berlebih di wajah sekaligus membersihkan pori-pori Anda. Selain dikonsumsi, tomat juga sering digunakan sebagai masker.

Banyak sekali makanan untuk cegah wajah berminyak yang dapat Anda konsumsi. Akan tetapi, hal tersebut harus dikombinasikan dengan usaha lain agar hasilnya maksimal. Misal, dengan membersihkan wajah secara teratur, menghindari polusi dan sinar matahari, serta olahraga teratur.

Untuk penggunaan kosmetik, sebaiknya pemilik kulit wajah berminyak memilih produk yang berlabel “oil-free” dan “non-comedogenic”. Dengan kombinasi berbagai usaha tersebut, minyak pada wajah Anda pun dapat terkontrol dengan baik. Jika masih memiliki pertanyaan seputar topik ini, bisa berkonsultasi dengan dokter kami di aplikasi KlikDokter!

[FY/ RS]

Lanjutkan Membaca ↓