Hamil Kembar Tetap Sehat dengan Konsumsi Ini

Oleh Nur Budhi pada 18 Feb 2018, 15:19 WIB
Jaga kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan selama hamil kembar dengan konsumsi makanan ini.
Hamil Kembar Tetap Sehat dengan Konsumsi Ini (Africa Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tak sedikit orang yang ingin hamil kembar. Beberapa artis Indonesia yang juga sempat mengalami kehamilan tersebut, antara lain: Jonathan Frizzy, Cynthia Lamusu dan Surya Saputra, serta Marissa Nasution. Apakah Anda termasuk orang-orang yang beruntung seperti mereka bisa merasakan hamil kembar?

Jika ya, Anda harus benar-benar memperhatikan kesehatan diri dan si Kembar yang masih dalam kandungan. Ini karena menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, hamil kembar bisa mendatangkan berbagai risiko berikut:

  • Pada ibu:
    • Hipertensi alias darah tinggi dalam kehamilan
    • Preeklamsia atau keracunan kehamilan
    • Solusio plasenta alias terlepasnya plasenta dari Rahim
  • Pada janin
    • Kelahiran prematur
    • Berat badan lahir rendah
    • Pertumbuhan di dalam kandungan terhambat.

Meski risikonya beragam, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Ini karena risiko-risiko tersebut bisa dihindari, salah satunya dengan terus memenuhi asupan yang dibutuhkan selama hamil kembar.

Apa saja asupan yang baik dikonsumsi selama kehamilan kembar?

  1. Karbohidrat kompleks

Mengutip WebMD, karbohidrat kompleks merupakan asupan terpenting selama kehamilan kembar. Ini karena zat gizi tersebut dapat memberikan tubuh Anda energi yang dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang si Kembar di dalam kandungan.

Tak hanya itu, karbohidrat kompleks juga dapat menjaga kesehatan saluran cerna, sehingga sangat baik untuk mencegah sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Karbohidrat kompleks dapat Anda temukan pada buah dan sayuran, serealia gandum, beras merah, roti gandum utuh, serta pasta.

  1. Protein dan zat besi

Guna memasok kebutuhan darah si Kembar dalam kandungan, Anda wajib mengonsumsi beragam makanan yang mengandung protein dan zat besi. Ini karena zat gizi tersebut dapat bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi darah dan otot si Kembar dalam kandungan. Selain itu, memenuhi kebutuhan protein dan zat besi selama hamil kembar juga dapat menurunkan risiko anemia, kelahiran prematur, dan hipertensi atau darah tinggi.

Seorang wanita yang hamil kembar membutuhkan sekitar 120 gram protein setiap hari. Sedangkan untuk zat besi, kebutuhannya adalah 30 miligram per hari. Beberapa sumber zat gizi tersebut, antara lain: daging merah, daging unggas, tahu dan produk olahan kedelai lainnya, kacang-kacangan, biji-bijian, serta telur.

  1. Kalsium dan vitamin D

Kalsium dan vitamin D bekerja sama untuk membantu pembentukan tulang dan gigi yang kuat, juga fungsi otot yang baik pada si Kembar. Kebutuhan kalsium untuk wanita yang sedang hamil kembar adalah sekitar 1.500 miligram per hari. Sedangkan kebutuhan vitamin D berkisar antara 600-800 IU dalam sehari.

Beberapa sumber kalsium dan vitamin D yang bisa Anda jadikan pilihan, di antaranya susu, keju, dan yoghurt.

  1. Magnesium

Magnesium dapat membantu menunjang perkembangan sistem saraf si Kembar, juga mengurangi risiko kelahiran prematur. Seorang wanita yang sedang hamil kembar dianjurkan untuk mendapatkan sekitar 350-400 mg magnesium dalam sehari.

Anda bisa mendapatkan magnesium dari kacang-kacangan, biji bunga matahari, gandum, tahu, serta yoghurt.

  1. Asam folat

Asam folat merupakan salah satu nutrisi esensial yang harus didapatkan oleh wanita hamil, termasuk hamil kembar. Ini karena zat gizi tersebut terbukti dapat membantu mengurangi risiko cacat lahir.

Anda yang sedang hamil kembar dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 600 miligram asam folat dalam sehari. Zat gizi ini dapat Anda temukan pada bayam, asparagus, buah-buahan seperti jeruk dan sejenisnya.

  1. Zink

Kekurangan zink pada ibu hamil diketahui dapat menyebabkan berbagai masalah kandungan seperti kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, serta persalinan yang memanjang.

Seorang wanita yang sedang hamil kembar dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 12 mg zink per hari. Beberapa sumber zat gizi tersebut meliputi daging merah, bayam, kacang-kacangan, dan ikan salmon. 

Demikian beberapa asupan yang wajib Anda konsumsi selama hamil kembar. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang berhubungan dengan kehamilan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan, guna menentukan jenis dan dosis asupan yang paling sesuai dengan kondisi Anda.

[RVS]