Manfaat Cuci Tangan untuk Anak

Oleh KlikDokter pada 19 Feb 2018, 12:45 WIB
Tangan bisa menjadi media masuknya kuman dan bakteri dari luar ke dalam tubuh. Karena itu, anak harus dilatih untuk selalu cuci tangan sejak usia dini.
Manfaat Cuci Tangan untuk Anak (Gorillaimages/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Anak sebaiknya dilatih untuk selalu cuci tangan sejak usia dini. Kenapa perlu cuci tangan?

Tangan bisa menjadi media masuknya kuman dan bakteri dari luar ke dalam tubuh.  Ya, tangan dapat menjadi kotor setelah melakukan kontak dengan teman, memegang uang, berolahraga, bermain di lapangan, ataupun melakukan aktivitas di toilet.  

Bahkan saat tangan tidak tampak kotor, sebenarnya di tangan Anda dan anak juga bisa saja terdapat kuman dalam jumlah yang besar. Padahal, anak juga makan dengan tangan –baik saat makan makanan utama maupun ngemil.

Hal yang menjadi masalah sebenarnya bukanlah makan dengan tangan, tetapi bila anak makan dengan tangan yang kotor. Jika tidak cuci tangan, maka kuman dapat terbawa ke dalam saluran pencernaan dan menyebabkan infeksi saluran cerna. Gejala infeksi saluran cerna dapat berupa diare, perut mulas, mual-mual, muntah, dan demam.

Tak hanya masuk lewat makanan, kuman dan bakteri pada tangan yang kotor juga bisa membawa masalah saat bersentuhan dengan hidung atau mulut. Seperti infeksi saluran napas dengan gejala batuk dan pilek. Keluhan sesak napas disertai demam juga dapat timbul bila infeksi saluran napas berat.

Tangan yang tidak terjaga kebersihannya, juga dapat menularkan penyakit kulit, atau menyebabkan infeksi pada mata bila kontak dengan mata. Itulah sebabnya mengapa cuci tangan merupakan hal yang sangat penting dan perlu diajarkan pada anak sejak dini. Selain itu, anak-anak juga lebih mudah mengalami infeksi karena daya tahan tubuh yang lebih lemah dibandingkan orang dewasa.

Tapi ingat, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cuci tangan harus dilakukan dengan benar. Gunakan air bersih dan sabun saat mencuci tangan. Sabun antiseptik dapat membantu menghilangkan kuman pada tangan dan menjaga kesehatan tubuh. Perhatikan area yang tersembunyi seperti sela-sela jari, kuku, dan ujung jari saat cuci  tangan.

Anda bisa menekan jumlah kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh anak dengan membiasakannya mencuci tangan sejak dini. Ingat, tangan yang kotor jauh lebih berbahaya dari tempat-tempat yang Anda anggap kotor. Ayo biasakan cuci tangan!

(RH)