Alasan Mengapa Anda Perlu Konsumsi Vitamin C

Oleh KlikDokter pada 19 Feb 2018, 15:48 WIB
Selain payung, sediakanlah vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh saat musim hujan.
Alasan Mengapa Anda Perlu Konsumsi Vitamin C (All Kind of People/Shuterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Beraktivitas di luar rumah pada musim hujan kadang terasa seperti mengundang penyakit. Tapi hal ini tentu tak terhindarkan. Karena itu, menjaga daya tahan tubuh harus menjadi prioritas utama Anda. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi vitamin C.

Apalagi bagi Anda yang tinggal atau bekerja di ibu kota, pastinya sangat disibukkan dengan berbagai kegiatan. Karena tingginya tuntutan dan biaya kehidupan, membuat orang harus bekerja ekstra agar dapat memenuhinya. Tak jarang, orang jadi lupa akan pentingnya menjaga kesehatan. Ditambah lagi dengan banyaknya polusi, yang dapat makin memperburuk daya tahan tubuh.

Lalu, mengapa vitamin C penting untuk dikonsumsi, terutama saat musim hujan? Apa saja efeknya bagi sistem kekebalan tubuh?

Manfaat Hebat Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang bemanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini didukung oleh banyak sekali penelitian dan studi. Beberapa sel yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh, seperti fagosit dan sel T, membutuhkan vitamin C untuk dapat berfungsi secara optimal.

Penelitian lain menemukan bahwa orang yang kekurangan kadar vitamin C dalam tubuhnya menjadi rentan terhadap penyakit-penyakit tertentu. Mulai dari flu hingga infeksi saluran pernapasan atas.

Vitamin C juga berperan dalam menyokong dinding epitel sel terhadap berbagai patogen dan radikal bebas. Salah satu radikal bebas yang berasal dari luar tubuh yang biasa ditemui adalah polusi. Seperti yang kami katakan sebelumnya, tinggal di ibu kota berarti Anda terpapar dengan polusi setiap harinya.

Polusi dapat merusak sel-sel tubuh dan menjadi racun bagi tubuh. Bagian tubuh yang paling pertama terserang polusi adalah kulit. Nah, vitamin C ini dapat membantu kulit untuk menyingkirkan radikal bebas tersebut sekaligus melindungi sel-sel kulit.

Sayangnya, tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri. Anda harus mendapatkannya dari luar seperti melalui makanan dan suplementasi.

Salah satu suplemen vitamin C yang dapat Anda konsumsi adalah Airborne. Mengandung mineral dan ramuan herbal Echinacea serta ginseng, Airborne dapat membantu memelihara sistem kekebalan tubuh sehingga Anda terhindar dari berbagai penyakit. Khususnya, penyakit-penyakit yang biasa terjadi saat musim hujan.

Dosis vitamin C yang terdapat pada Airborne juga sesuai dengan rekomendasi para ahli kesehatan, yaitu 1000 mg. Dengan dosis ini, risiko Anda untuk mengalami flu dapat menyusut sekitar 45–50%. Durasi flu juga dapat berkurang sekitar 3 hari jika dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi vitamin C sama sekali.

Musim hujan tak hanya identik dengan banjir, tetapi juga penyakit. Untuk itu, jagalah selalu daya tahan tubuh Anda dengan teratur mengonsumsi vitamin C serta makanan bernutrisi.

[RS/ RH]