3 Penyebab Badan Lemas Saat Menstruasi

Oleh dr. Kartika Mayasari pada 19 Feb 2018, 16:28 WIB
Sering mengalami badan lemas saat menstruasi? Bisa jadi ini penyebabnya.
3 Penyebab Badan Lemas Saat Menstruasi (Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu keluhan yang sering menyerang para wanita saat menstruasi adalah badan lemas. Alhasil, mereka menjadi tidak bergairah untuk melakukan aktivitas apa pun. Bahkan hanya untuk bangkit dari tempat tidur, rasanya sulit dan dilematis.

Agar tak lemas terus-menerus di kala haid, penting bagi Anda untuk tahu penyebab di baliknya. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa pencetus badan lemas saat menstruasi:

  1. Dehidrasi

Ketika menstruasi, Anda akan mengalami perubahan kadar estrogen dan progesteron sehingga memengaruhi jumlah air dalam tubuh. Ditambah dengan pengeluaran darah haid yang sangat banyak. Tak heran bila Anda dapat merasa lemas saat datang bulan.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menanganinya? Konsumsilah air dengan cukup saat Anda menstruasi. Selain lemas, kekurangan air dalam tubuh akan meningkatkan retensi air yang kemudian berisiko memperburuk kram perut.

  1. Hormon

Hormon estrogen dan progesteron berada pada level terendah saat menstruasi. Hal ini dapat menyebabkan berbagai keluhan yang tak mengenakkan, seperti mood swing, nyeri perut, pusing, mual, serta mudah lelah.

Saat itu terjadi, sebaiknya Anda mengurangi aktivitas yang terlalu berat. Jika ingin berolahraga, silakan saja asalkan Anda memang masih kuat.

  1. Anemia

Wanita yang mengalami menstruasi berat berisiko terkena anemia. Ini dikarenakan jumlah darah yang hilang saat menstruasi lebih besar daripada kemampuan tubuh untuk mengganti sel darah merah yang hilang.

Tanda dan gejala anemia adalah badan lemas, kulit pucat, detak jantung tidak beraturan, napas pendek, dan sebagainya.

1 of 2

Cegah badan lemas saat menstruasi

Badan lemas dan mudah lelah bisa dibilang merupakan keluhan yang umum saat menstruasi. Namun, bukan berarti hal tersebut tidak dapat dicegah. Berikut ini cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi badan lemas saat datang bulan:

  1. Konsumsi makanan tinggi zat besi

Mengapa perlu mengonsumsi makanan tinggi zat besi? Ketahuilah bahwa zat besi adalah mineral yang membantu untuk membentuk hemoglobin atau sel darah merah. Dengan mengatasi jumlah sel darah yang hilang saat menstruasi, maka keluhan badan lemas pun dapat segera dibereskan. Beberapa makanan yang kaya akan zat besi, antara lain daging merah, sayur bayam, dan hati ayam.

  1. Minum cukup air

Seperti yang dibahas sebelumnya, badan lemas saat menstruasi bisa jadi disebabkan karena dehidrasi. Dengan mengonsumsi air putih delapan gelas sehari, maka kebutuhan air dalam tubuh akan terpenuhi sehingga Anda akan terhindar dari kondisi mudah lelah.

  1. Olahraga dan tidur yang cukup

Olahraga dan tidur dapat membantu mengatasi mood yang berubah saat menstruasi serta badan lemas. Lakukan olahraga selama minimal 30 menit dalam sehari. Jangan lupa untuk melakukan peregangan sebelum maupun sebelum olahraga agar otot-otot lebih kuat.

Demikian penjelasan mengenai penyebab badan lemas saat menstruasi serta cara mengatasinya. Jika memang gejalanya makin parah, Anda sebaiknya segera menemui dokter agar dapat didiagnosis dan ditangani dengan tepat. Semoga berguna!

[RS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓