5 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Kulit Anda

Oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti pada 25 Feb 2018, 09:00 WIB
Olahraga tak hanya membuat tubuh bugar, tapi juga dapat membuat kulit tampak lebih awet muda.
5 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Kulit Anda (Subbotina Anna/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Semua orang tahu bahwa olahraga sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh, menurunkan berat badan dan membentuk massa otot. Di balik itu, tahukah Anda bahwa ternyata aktivitas sehat ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit?

Faktanya, banyak penelitian yang membuktikan bahwa olahraga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat, bahkan awet muda. Ini karena aktivitas positif tersebut terbukti efektif dalam memperlambat penuaan sel, memperlancar sirkulasi darah dan memperbaiki produksi hormon di dalam tubuh.

Manfaat olahraga untuk kulit

Berikut lima manfaat olahraga untuk kesehatan kulit Anda:

  1. Kulit lebih bercahaya

Olahraga membantu memperlancar sirkulasi darah di seluruh tubuh, termasuk di kulit. Olahraga yang bersifat aerobik seperti senam, lari, atau bersepeda akan mendorong perputaran sirkulasi darah, sehingga seluruh organ tubuh mendapatkan pasokan oksigen yang memadai. Proses ini pada akhirnya akan membuat kulit Anda terlihat merona bercahaya, bahkan hingga beberapa jam setelah selesai berolahraga.

  1. Mengusir jerawat

Darah maupun oksigen yang mengalir dengan efektif ke kulit dapat membantu membuang kotoran serta ‘racun’ yang menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit Anda. Berkeringat saat olahraga juga membantu membuang kotoran yang ada di permukaan kulit Anda.

Untuk mendapatkan mafaat ini, Anda wajib melakukan olahraga secara rutin dan teratur. Jangan lupa untuk mandi dan membersihkan wajah dengan saksama setelah berolahraga, agar semua kotoran yang keluar bersama keringat benar-benar terangkat dari kulit Anda.

  1. Bebas stres, bebas radang

Olahraga yang dilakukan secara rutin akan membantu proses produksi berbagai hormon, salah satunya endorfin. Produksi endorfin yang meningkat akan menekan level stres dan menurunkan kadar kortisol di dalam tubuh. Hal ini pada akhirnya akan memperkecil risiko terjadinya peradangan seperti jerawat, serta mempertahankan kadar kolagen sehingga kulit Anda akan tetap mulus, elastis dan sehat.

  1. Awet muda

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa olahraga secara rutin dan teratur mampu memperkecil hilangnya elastisitas kulit akibat kerusakan kolagen. Ini karena olahraga terbukti dapat memperbaiki dan meningkatkan fungsi metabolisme sel kulit.

Tak hanya itu, penelitian tersebut juga menyatakan bahwa olahraga yang bersifat aerobik seperti lari, bersepeda, dan berenang, serta yang bersifat ketahanan seperti maraton akan memberikan manfaat berupa mencegah penuaan dini pada kulit.

  1. Kulit lebih berkilau

Olahraga otot terbukti mampu membuat tampilan kulit menjadi lebih sehat dan bercahaya. Otot yang lebih padat juga mampu menyamarkan tampilan selulit, dan menyokong bentuk kulit dari dalam.

Agar lebih efektif menunjang kesehatan kulit, olahraga wajib dilakukan secara rutin sambil terus memenuhi kebutuhan gizi dan cairan setiap hari, serta melakukan perawatan kulit yang memadai. Jika memiliki kondisi kesehatan khusus, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu agar Anda bisa mengetahui jenis olahraga yang paling sesuai. Selamat berolahraga!

[NB/ RVS]