search

Mengungkap Manfaat BB Cream untuk Kecantikan Kulit

Sebagian orang tertarik menggunakan BB cream sebagai pilihan kosmetika utama. Apa sebenarnya manfaat BB cream untuk kulit dan wajah? Yuk, cari tahu!
Mengungkap Manfaat BB Cream untuk Kecantikan Kulit

Klikdokter.com, Jakarta Setelah sukses di Korea Selatan, BB cream semakin terkenal di seluruh dunia. Lebih banyak wanita yang memilih menggunakannya, karena disinyalir dapat membawa manfaat sehat bagi kecantikan kulit

BB cream adalah produk yang pertama kali dikembangkan oleh dokter kulit asal Jerman yang tenar pada tahun 1960-an, dr. Christine Schrammek. Tujuannya membuat produk ini adalah untuk memberikan krim multifungsi yang dapat digunakan oleh pasiennya setelah terapi laser.

BB cream itu sendiri merupakan kepanjangan dari beauty balm atau blemish balm. Walaupun fungsi utamanya sama dengan foundation, tapi produk kecantikan yang satu ini memiliki tekstur krim yang lebih ringan di wajah. 

Tak hanya untuk makeup, BB cream juga dapat digunakan untuk merawat kulit wajah Anda, lho!

Artikel Lainnya: Ada BB Cream Ber-SPF, Perlukah Pakai Sunscreen Lagi?

Dalam BB cream sudah terkandung pelembap, tabir surya, alas bedak, dan bahan untuk perawatan kulit wajah lainnya. Adapun beberapa manfaat BB cream yang bisa Anda peroleh, yaitu

1 dari 3

1. Melembapkan Kulit

Melembapkan Kulit
loading

Manfaat BB cream yang paling banyak diketahui adalah dapat melembapkan wajah. Hal ini karena krim tersebut mengandung hyaluronic acid atau glycerin. 

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering, mengandalkan pelembap dari BB cream saja tidak cukup. Oleh karena itu, sebelum menggunakannya Anda harus mengoleskan pelembap tambahan di wajah. Tapi, untuk jenis kulit berminyak, pelembap dari BB cream mungkin sudah cukup.

2. Meratakan Warna Kulit

Tidak jauh berbeda dengan foundation, BB cream juga hadir dengan berbagai pilihan warna sehingga bisa dicocokkan dengan warna dasar kulit penggunanya. 

Selain itu, kandungan seperti licorice dan arbutin di dalamnya juga dinilai mampu meratakan warna kulit; tidak hanya bersifat sementara tapi secara permanen. Kandungan tersebut dapat pula menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat di wajah.

3. Memperlambat Penuaan

Manfaat BB cream yang satu ini masih berkaitan dengan yang sebelumnya. Faktanya, kelembapan kulit yang terjaga turut mencegah kekeringan. Dengan demikian, risiko munculnya kerutan dan garis halus dapat dihindari.

BB cream juga mengandung peptide dan berbagai antioksidan, seperti vitamin A, E, dan C yang memang sudah terbukti dapat memperlambat penuaan di wajah akibat kerusakan sel.

Artikel Lainnya: 7 Ragam Perawatan Kecantikan untuk Kulit Wajah, Apa Saja?

2 dari 3

4. Menutup Masalah Kulit Wajah Tanpa Membuat Iritasi

Menutup Masalah Kulit Wajah Tanpa Membuat Iritasi
loading

Jika Anda memiliki kulit sensitif atau berjerawat dan perlu menyembunyikan masalah tersebut, BB cream adalah pilihan yang tepat.

Kandungan zink di dalamnya memiliki banyak manfaat untuk kulit berjerawat, seperti mencegah iritasi, mengontrol produksi minyak di wajah, menyembuhkan jerawat, dan sebagai antiradang.

5. Melindungi dari Bahaya Sinar Ultraviolet

Setiap BB cream pasti mengandung tabir surya. Kandungannya pun cukup beragam, mulai dari SPF 15 hingga SPF 50. Tentu saja, kandungan tabir surya dalam BB cream dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Jika Anda sering berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari, sebaiknya gunakan BB cream dengan SPF tinggi. Sebaliknya, jika Anda lebih banyak di dalam ruangan, SPF 15 hingga 30 sudah cukup untuk melindungi kulit.

6. Menghaluskan Kulit

Di dalam BB cream juga terkandung dimethicone, yaitu zat berbasis silikon yang sering ditemukan dalam primer makeup

Zat tersebut menambah kegunaan BB cream wajah, yaitu dapat membuat tampilan kulit Anda menjadi lebih halus. 

7. Membuat Tampilan Lebih Alami

Berbeda dengan foundation yang menghasilkan riasan tebal, BB cream memiliki tekstur yang lebih ringan sehingga tampilan wajah menjadi lebih alami. 

Meski begitu, produk ini tetap dapat secara efektif menutupi warna kulit yang tidak rata, kemerahan, noda hitam, bahkan jerawat ringan di wajah.

Baca Juga

Manfaat BB cream untuk kecantikan ternyata sangat beragam. Meski demikian, Anda tetap harus memilih produk yang sesuai dengan jenis dan warna kulit agar manfaatnya dapat dirasakan optimal.

Konsultasikan lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 Jam atau di aplikasi KlikDokter apabila Anda mempunyai pertanyaan mengenai kegunaan BB cream wajah.

(NB/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Monalisa Manik, M.Ked, Sp.KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Julieta Diana Pricillia Dotulong, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Hervina, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 35.000

ARTIKEL TERKAIT

Manfaat Masker Lendir Siput untuk Kecantikan

Info Sehat
07 Des

Mitos Keliru Seputar Penuaan Kulit

Info Sehat
07 Des

Terapi Siput, Benarkah Bermanfaat untuk Kulit Wajah?

Info Sehat
04 Des

Muncul Benjolan di Leher, Hati-Hati Neck Tag!

Info Sehat
30 Nov

Tips Memilih Serum Wajah untuk Kulit Berminyak

Info Sehat
29 Nov

REAKSI ANDA

1 KOMENTAR

Avatar
utis
3 Tahun Lalu

yey

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat