Cegah Komplikasi Diabetes Melitus dengan Cara Ini

Oleh dr. Alvin Nursalim pada 28 Feb 2018, 13:35 WIB
Meski berbahaya, penyakit diabetes melitus ternyata bisa dikendalikan agar tidak menimbulkan komplikasi mematikan.
Cegah Komplikasi Diabetes Melitus dengan Cara Ini

Klikdokter.com, Jakarta Diabetes melitus merupakan salah satu penyakit berbahaya yang namanya mendunia. Penyakit ini menyebabkan berbagai komplikasi dan dapat mengancam nyawa penderitanya. Penderitanya bisa siapa saja, baik anak muda maupun orang tua.

Meski terdengar menyeramkan, diabetes melitus sebenarnya dapat dikendalikan agar tidak menimbulkan komplikasi mematikan. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan untuk ‘menjinakkan’ diabetes melitus:

  1. Pola makan

Agar penyakit tidak menjadi ganas, penderita diabetes harus pintar mengatur pola makan sehari-hari. Salah satu caranya adalah dengan menghindari makan dalam jumlah berlebihan.

Di samping itu, penderita diabetes juga dianjurkan untuk menjadikan karbohidrat kompleks sebagai pilihan utama. Zat gizi ini dapat ditemukan pada beras merah, oatmeal dan roti gandum.

Penderita diabetes juga sangat ditekankan untuk menghindari lemak tersaturasi. Lemak jahat ini banyak terdapat pada berbagai makanan cepat saji, seperti ayam goreng, kentang goreng, dan berbagai jenis goreng-gorengan lainnya.

  1. Olahraga secara teratur

Selain memerhatikan pola makan dengan saksama, penderita diabetes juga dituntut untuk berolahraga secara teratur. Tidak hanya menyehatkan, tindakan ini juga bertujuan agar penderita dapat mencapai berat badan ideal.

Penderita diabetes dianjurkan untuk berolahraga sebanyak lima kali seminggu, dengan durasi minimal 30 menit. Beberapa olahraga yang bisa dijadikan pilihan adalah berjalan santai di pagi hari, atau berenang.

  1. Rutin kontrol gula

Salah satu hal penting yang berperan dalam pengendalian penyakit diabetes melitus adalah kontrol gula darah yang baik. Tindakan ini dapat dilakukan dengan rutin mengunjungi dokter untuk memantau kadar gula darah, dan minum obat atau insulin sesuai dengan anjuran yang diberikan.

Namun, jika Anda sudah terlanjur terkena diabetes dan komplikasinya sudah menjalar hingga ke kaki, Anda dianjurkan untuk tidak banyak bergerak, supaya luka tak membesar. Lantas, jika Anda ingin buang air kecil tanpa harus pergi ke toilet, popok dewasa yang sudah teruji klinis dan tidak menyebabkan iritasi dapat menjadi salah satu solusinya.

Diabetes melitus merupakan gangguan metabolik yang berhubungan erat dengan gaya hidup. Karena itu, jika Anda adalah penderita diabetes, perhatikan gaya hidup yang Anda lakukan, agar komplikasi mematikan tidak terjadi kemudian.

(NB/ RH)