Cara Cegah Kaki Bengkak Usai Bermain Sepak Bola

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 13 Mar 2018, 16:13 WIB
Salah satu kemungkinan cedera yang dialami usai bermain sepak bola adalah kaki bengkak. Cegah dengan cara ini.
Cara Cegah Kaki Bengkak Usai Bermain Sepak Bola (SeventyFour/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Animo sepak bola kini tengah naik menjelang Piala Dunia 2018. Diselenggarakan pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018 di Rusia, euforia ajang kompetisi empat tahunan tersebut tak hanya terjadi pada masyarakat Tanah Air, namun juga hampir di seluruh Negara belahan dunia. Olahraga sepak bola yang identik dengan kaum pria ini memang menyehatkan. Namun di balik itu, olahraga ini juga memiliki risiko cedera, salah satunya kaki bengkak.

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kaki bengkak setelah bermain sepak bola, misalnya kurang pemanasan atau sepatu yang terlalu sempit. Mereka yang mengalami cedera tersebut dapat sangat terganggu dalam melakukan aktivitas sehari-hari, karena kaki terasa sangat nyeri.

“Pembuluh darah pada penderita cedera kaki bengkak karena keseleo akan mengalami ‘kebocoran’ dan memungkinkan cairan keluar dari tempat asalnya. Keadaan itu menyebabkan pembengkakan pada sekitar sendi,” kata dr. Kartika Mayasari.

Menurut dr. Kartika. Kondisi tersebut juga bisa disertai dengan perubahan warna di sekitar sendi yang bengkak. Warna dari biru hingga hitam, tergantung seberapa besar luka yang ditimbulkan.

Mencegah kaki bengkak

Agar Anda tidak mengalami cedera kaki bengkak usai bermain sepak bola, berikut beberapa tindakan yang bisa dilakukan:

  • Lakukan pemanasan sebelum bertanding

Sebelum mulai berlatih di lapangan, lakukan pemanasan. Bahkan bila Anda menyaksikan di sejumlah laga profesional, Anda pasti melihat para pemain juga melakukan ritual tersebut.

Mengapa pemanasan penting untuk dilakukan? Faktanya, jika melewatkan pemanasan, Anda dipastikan memiliki risiko tinggi untuk mengalami kaki bengkak usai bermain sepak bola. Dengan melakukan pemanasan, suhu otot Anda akan meningkat, sehingga kaki maupun anggota tubuh lainnya lebih siap untuk melakukan olahraga tersebut.

Tak hanya itu, pemanasan juga mampu meningkatkan fleksibilitas otot pada tubuh. Mereka yang tidak melakukan pemanasan akan merasakan sendi-sendi serta pergerakan yang lebih kaku, karena otot masih dalam keadaan dingin alias belum siap.

Melakukan pemanasan sama dengan meningkatkan kesiapan mental jelang bertanding sepak bola. Dengan demikian, pola permainan Anda akan lebih sehat dan dijauhkan dari tindakan yang merugikan antara sesama pemain.

  • Gunakan perlengkapan yang tepat

Selain fisik yang baik, perlengkapan olahraga yang digunakan juga harus mendukung. Karena, jika tidak sesuai dengan olahraga yang akan Anda lakukan, fisik Anda bisa terancam cedera.

Dalam hal bermain sepak bola, perlengkapan yang wajib Anda gunakan adalah sepatu khusus dengan ukuran yang sesuai dengan kaki. Hindari memakai sepatu yang terlalu kecil, karena dapat menghambat peredaran darah hingga membatasi ruang gerak kaki. Begitu pula dengan penggunaan sepatu yang terlalu besar, yang dapat membuat Anda terjerembap hingga menyebabkan cedera yang lebih parah dari sekadar kaki bengkak.

Dengan mengikuti cara di atas, Anda dapat memperkecil risiko kaki bengkak usai bermain sepak bola. Apabila Anda tetap mengalami cedera kaki bengkak atau lainnya usai bermain sepak bola, segera istirahatkan diri dan beri kompres dingin pada bagian tubuh yang terasa nyeri. Jika rasa nyeri berlanjut hinga beberapa hari, jangan ragu untuk segera berobat ke dokter, agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

[NB/ RVS]