Tanda-tanda Anda Hamil Muda

Oleh dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A pada 15 Mar 2018, 11:52 WIB
Setiap pasangan yang mendambakan buah hati tentu menanti-nanti kehadirannya dengan penuh harap. Berikut tanda-tanda seorang wanita sedang hamil muda.c
Tanda-tanda Anda Hamil Muda (Interstid/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Saat merencanakan kehamilan, tentunya pasangan perlu mengetahui kapan masa subur tiba. Sebab, melakukan hubungan pada masa subur akan meningkatkan keberhasilan terjadinya pembuahan. Saat masa subur, sel telur dilepaskan dan dapat dibuahi oleh sperma yang kemudian membuat wanita mengalami hamil muda.

Menghitung masa subur

Secara teori, hanya tersedia waktu sekitar 12–24 jam, di mana sel telur dapat dibuahi. Namun, sperma dapat bertahan selama tiga hingga enam hari di saluran telur. Di sinilah pentingnya memperkirakan masa subur.

Pada umumnya, ovulasi terjadi di antara dua siklus menstruasi. Siklus ini berlangsung selama rata-rata 28 hari, walaupun pada beberapa wanita dapat terjadi variasi antara 23–35 hari. Pada wanita dengan siklus menstruasi yang teratur, cara menghitung masa subur dapat dilakukan sebagai berikut.

Pertama, hitunglah hari pertama menstruasi berakhir ke hari pertama menstruasi berikutnya. Kedua, bagilah dua angka tersebut. Apabila Anda memiliki siklus 28 hari misalnya, maka angka yang didapat adalah 14.

Langkah terakhir, kurangilah tanggal perkiraan menstruasi berikutnya dengan angka tersebut. Misalnya, apabila menstruasi berikutnya diperkirakan di tanggal 20 April, maka ovulasi akan terjadi pada 6 April.

Tanda kehamilan muda

Hal yang patut diingat adalah tiap-tiap wanita memiliki perbedaan. Pengalaman yang dijalani selama kehamilan pun dapat sangat bervariasi dari satu wanita ke wanita lainnya. Terkadang, gejala kehamilan juga serupa dengan apa yang mungkin dirasakan sebelum dan selama menstruasi.

Tanda yang dapat dialami pertama kali adalah munculnya bercak-bercak atau flek pendarahan yang bisa disertai nyeri perut. Ini disebabkan oleh menempelnya sel telur yang telah dibuahi ke dinding rahim. Gejala ini bisa muncul dalam enam hingga 12 hari setelah pembuahan.

Selain itu, tanda lain yang juga muncul adalah adanya cairan putih dari vagina. Penebalan dinding sel dalam vagina yang disebabkan oleh kehamilan adalah penyebab munculnya produksi cairan ini.

Namun, apabila cairan disertai rasa gatal atau terbakar, serta bau yang tidak sedap, maka pemeriksaan oleh dokter diperlukan untuk menyingkirkan kemungkinan adanya infeksi.

Tanda yang muncul di awal kehamilan juga dapat ditemukan di organ lain yakni payudara. Perubahan hormon yang diakibatkan oleh kehamilan akan membuat payudara terasa lebih sensitif, bengkak, atau terasa nyeri. Umumnya hal ini terasa satu atau dua minggu setelah pembuahan.

Selain itu, muntah-muntah di pagi hari sering dikaitkan dengan kehamilan. Namun nyatanya, tidak semua wanita hamil mengalaminya. Penyebab tanda ini belum diketahui dengan pasti, akan tetapi hormon selama kehamilan diduga memiliki pengaruh.

Tanda lain yang dikenal luas, seperti mengidam, juga disebabkan oleh perubahan hormon.

Kehamilan memang menimbulkan perubahan dalam hormon, sehingga beberapa kondisi yang tidak biasa dapat ditemui. Frekuensi berkemih yang meningkat, sembelit, nyeri kepala dan punggung, atau pusing adalah beberapa di antaranya. Tanda yang memunculkan dugaan kuat kehamilan adalah tidak terjadinya menstruasi.

Namun, harap diingat bahwa perubahan berat badan yang drastis, gangguan hormon, dan kelelahan fisik serta mental juga dapat membuat menstruasi menjadi tak teratur.

Nah, apabila berbagai tanda dan gejala di atas Anda alami, bisa jadi Anda tengah mengalami hamil muda. Namun, patut diingat juga bahwa ada berbagai penyebab lain dari tanda-tanda di atas.

Agar kondisi hamil muda dapat dipastikan, maka tes kehamilan harus dijalani. Pada umumnya, tes kehamilan akan memberikan hasil akurat apabila dilakukan paling tidak pada hari pertama terlambat menstruasi.

Reza ArdianReza Ardian

Sy udh tlt 2bln tp di tes 1 garis jelas 1msh agak samar samar apkh itu tanda hamil trs kpn bs tes lg ya mohon jawabannya trmksh

ketutmadketutmad

nice info πŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌ

ketutrollingketutrolling

artikel yang bermanfaat bagi pasutri yang baru menikah πŸ‘πŸΌ