Menjalani Sulam Lesung Pipi, Amankah bagi Kesehatan?
searchtext customer service

Sulam Lesung Pipi, Amankah?

Tak sedikit orang yang tertarik untuk melakukan sulam lesung pipi. Adanya lesung pipi dinilai membuat wajah lebih menawan. Namun, apakah aman?
Sulam Lesung Pipi, Amankah?

Klikdokter.com, Jakarta Lesung pipi dianggap dapat membuat wajah seseorang menjadi lebih manis saat tersenyum. Lihat saja artis Alyssa Soebandono, Intan Nuraini, hingga Miranda Kerr dan Ariana Grande yang tampak menawan dengan lekukan di pipinya. 

Tak heran, kini dunia kecantikan memiliki tren baru, yakni sulam lesung pipi atau yang disebut dimpleplasty. Ini adalah operasi kecantikan yang dilakukan oleh dokter bedah plastik untuk membuat lesung pipi. Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut. 

Mengenal Sulam Lesung Pipi 

Lesung pipi atau lekukan di pipi terbentuk akibat kondisi otot wajah yang menempel. Hal ini normal terjadi dan bukan merupakan penyakit yang membutuhkan terapi. Biasanya lesung pipi diturunkan secara genetik. 

Banyak orang menganggap lesung pipi dapat menambah kecantikan seseorang. Sehingga, tidak sedikit orang yang ingin melakukan sulam lesung pipi atau operasi lesung pipi.

Waktu prosedur operasi tidak lama, hanya sekitar satu setengah jam. Masa penyembuhannya juga tidak lama sehingga prosedur ini sangat diminati banyak orang. 

Seorang ahli bedah plastik dari Atlanta bernama Wright Jones menyatakan bahwa permintaan prosedur lesung pipi ini meningkat sebanyak tiga kali lipat di kalangan kaum milenial dalam beberapa tahun terakhir.

Artikel Lainnya: Efek Samping Merugikan di Balik Prosedur Tarik Benang

1 dari 3

Bagaimana Cara Melakukan Operasi Lesung Pipi?

Ilustrasi Operasi Lesung Pipi
loading

Selama operasi, dokter bedah plastik akan membuat sayatan sepanjang 2-3 mm di area pipi dalam pasien. Lalu, diikuti dengan penempatan jahitan untuk jangkar lesung pada tempatnya. Jahitan ini akan larut dalam beberapa minggu. 

Operasi lesung termasuk prosedur rawat jalan yang tidak perlu opname. Pembiusan juga dilakukan secara lokal. Setelah diberikan anestesi atau obat bius, pasien perlu menunggu dulu sekitar sepuluh menit agar efek obatnya bekerja.

Setelah prosedur pembiusan selesai, dokter akan mengetes dulu apakah obat anestesi sudah bekerja sebelum memulai teknik sulam dimple. Dokter menggunakan alat biopsi atau pisau untuk membuat lubang kecil pada kulit pipi. Setelah itu, dokter akan menyayat otot yang kemudian dilekatkan pada bawah permukaan kulit. 

Artikel Lainnya: Batasan Usia untuk Melakukan Prosedur Operasi Plastik

Dalam beberapa minggu pertama setelah dioperasi, lesung pipi akan terlihat meskipun sedang tidak tersenyum. Seiring proses pemulihan jahitan, lesung pipi akan mulai menyatu dengan pipi dan hanya muncul saat tersenyum saja.

Agar bentuk dan letak lesung pipi simetris, biasanya dokter ahli bedah plastik akan menggambar garis imajiner atau desain terlebih dahulu, dari sudut mulut ke cuping telinga, dan garis lain vertikal dari sudut mata. 

Lesung pipi akan ditempatkan kira-kira di mana garis-garis ini berpotongan. Pasien juga dapat mengubah lokasinya sedikit jika menginginkannya.

Artikel Lainnya: Mengapa Ada Orang yang Ketagihan Operasi Plastik?

2 dari 3

Efek dari Sulam Lesung Pipi

Ilustrasi Efek dari Sulam Lesung Pipi
loading

Setiap prosedur operasi tentunya memiliki efek samping. Efek samping sulam lesung pipi dapat dibagi menjadi dua, yaitu efek jangka pendek dan jangka panjang. 

Risiko infeksi termasuk dalam efek samping jangka pendek. Sayatan yang dibuat dilakukan pada area mukosa yang basah, jadi rentan terjadi infeksi. Sedangkan, kulit membutuhkan pengeringan untuk segera pulih.

Meski menggunakan benang khusus mukosa, tetap saja penyembuhan di dalam mukosa membutuhkan waktu lama dan menimbulkan nyeri serta bengkak hingga dua bulan.

Selain itu, untuk efek samping jangka panjangnya, orang akan mengalami deformitas atau kelainan bentuk wajah. Kelainan ini terjadi karena adanya kerusakan nervus atau saraf fasialis.

Saraf ini ada di seluruh wajah, termasuk di area mukosa, yang membuat Anda dapat menutup mata bersamaan, tersenyum, serta mengangkat alis dengan simetris. Kalau saraf ini cedera, maka dapat terjadi ketidakseimbangan otot di wajah sehingga wajah bisa terlihat tidak simetris.

Baca Juga

Tak ada salahnya melakukan operasi lesung pipi untuk menunjang kecantikan. Namun perlu dicatat, bahwa tindakan ini hanya dapat dilakukan oleh dokter bedah plastik.

Ingin bertanya hal-hal lainnya seputar teknik sulam dimple? Silakan berkonsultasi dengan dokter kami melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[FY/ RS]

ARTIKEL TERKAIT

Kenali Dampak Pijat Payudara dengan Minyak Bulus

Info Sehat
06 Jan

5 Pilihan Cara untuk Menghapus Tato Permanen

Info Sehat
16 Agt

4 Hal yang Perlu Anda Tahu Sebelum Facelift

Info Sehat
13 Jul

9 Hal yang Perlu Diperhatikan Usai Operasi Plastik

Info Sehat
03 Des

Mengapa Ada Orang yang Ketagihan Operasi Plastik?

Info Sehat
22 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat