Bisakah Air Kelapa Atasi Dehidrasi Akibat Olahraga?
searchtext customer service

Bisakah Air Kelapa Atasi Dehidrasi Akibat Olahraga?

Saat tubuh kekurangan cairan setelah berolahraga, bisakah kita menggantikan cairan tubuh dengan mengonsumsi air kelapa?
Bisakah Cairan Tubuh Digantikan Air Kelapa, Saat Olahraga?

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga bukan hanya menjadi kebutuhan, melainkan juga bagian dari gaya hidup sebagian besar masyarakat modern. Terutama bagi Anda yang tinggal di kota besar. Selain memiliki manfaat untuk kesehatan, olahraga juga berperan dalam membentuk tubuh ideal. 

Tapi Anda juga perlu tahu, olahraga mengakibatkan hilangnya sejumlah cairan dari tubuh. Untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ini, bisakah menggunakan air kelapa untuk atasi dehidrasi?

1 dari 4

Olahraga Bisa Picu Dehidrasi

Olahraga Bisa Picu Dehidrasi
loading

Aktivitas fisik dalam berolahraga akan menciptakan peningkatan suhu tubuh yang didinginkan dengan proses berkeringat. Jika tubuh Anda tidak terhidrasi dengan baik, tubuh tidak dapat mendinginkan dirinya sendiri dengan baik.

Cairan dapat membantu dalam kontraksi otot dan aliran darah, yaitu dua hal yang diperlukan bagi tubuh Anda untuk menerima manfaat penuh dari aktivitas fisik. 

Artikel Lainnya: Mungkinkah Atlet Olahraga Air Mengalami Dehidrasi?

Normalnya, Anda dianjurkan untuk minum setidaknya 6-8 gelas air sehari. Jika Anda berolahraga, kemungkinan tubuh Anda akan membutuhkan lebih banyak cairan. Cara terbaik untuk memastikan hidrasi yang tepat adalah minum banyak cairan tidak hanya selama latihan, tetapi juga sebelum dan sesudah latihan fisik. 

Minum beberapa gelas air beberapa jam sebelum berolahraga memungkinkan tubuh menyerap cairan dan mempersiapkan diri untuk beraktivitas fisik. Selanjutnya, minum air selama latihan dapat membantu menjaga suhu tubuh yang aman. Terakhir, minum air setelah berolahraga dapat membantu pemulihan otot.

Jika Anda berolahraga sedikit lebih lama yaitu lebih dari 60 menit, mungkin Anda bisa menambahkan konsumsi cairan lain yang dapat menggantikan elektrolit. Alasannya, keringat akan membawa cairan beserta elektrolit keluar dari tubuh Anda.

Oleh karena itu, untuk tetap menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, Anda harus mengganti cairan dan elektrolit yang keluar.

Artikel Lainnya: Sakit Kepala Saat Olahraga? Redakan dengan Cara Ini

Kegagalan mengganti cairan dan elektrolit yang keluar dapat menyebabkan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit. Apabila hal tersebut tidak teratasi, maka dapat mengakibatkan kelemahan tubuh, gangguan performa olahraga, penurunan kognitif, gangguan pengaturan suhu tubuh, dan gangguan fungsi kardiovaskular.

2 dari 4

Berbagai Jenis Minuman Pengganti Cairan dan Elektrolit Tubuh

Ilustrasi Minuman Elektrolit
loading

Terdapat berbagai jenis minuman pengganti cairan tubuh yang hilang, yakni air putih, minuman khusus olahraga, dan air kelapa.

Air putih memang mengandung elektrolit, tapi jumlahnya lebih sedikit bila dibandingkan dengan minuman khusus olahraga. Selain itu, apabila Anda melakukan olahraga intensitas berat dan dengan waktu latihan yang lama (misalnya lebih dari 75 menit), Anda akan membutuhkan karbohidrat, yang tidak ditemukan dalam air putih.

3 dari 4

Air Kelapa untuk Atasi Dehidrasi

Air Kelapa untuk Atasi Dehidrasi
loading

Bagi Anda yang lebih memilih untuk mengonsumsi minuman yang mengandung elektrolit alami dengan kandungan gula rendah, air kelapa adalah pilihan yang tepat. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan terutama jika dikonsumsi dingin, air kelapa juga memiliki kandungan yang lengkap dan mirip dengan cairan tubuh.

Artikel Lainnya: Minuman Isotonik Bisa Bikin Kulit Mulus, Mitos atau Fakta?

Manfaat air kelapa untuk tubuh dapat terlihat dari kandungannya. Berikut adalah beberapa kandungan air kelapa:

  • Karbohidrat
  • Elektrolit seperti kalium, natrium, klorida, magnesium, mangan, dan kalsium 
  • Serat
  • Protein
  • Vitamin C

Sudah banyak penelitian yang telah membuktikan kemampuan air kelapa untuk menggantikan cairan dan elektrolit tubuh, sehingga dapat mengatasi dehidrasi.

Dahulu saat terjadi peperangan, fasilitas yang terbatas membuat air kelapa digunakan sebagai alternatif cairan infus. Namun sekarang, penggunaan air kelapa sebagai cairan infus tidak direkomendasikan lagi karena alasan sterilitas dan keamanan.

Air Kelapa sebagai Pengganti Oralit

Selain bermanfaat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat berolahraga, air kelapa juga dapat menjadi alternatif oralit, yaitu cairan yang mengandung bubuk gula dan garam. Oralit biasa digunakan sebagai pengganti mineral dan cairan tubuh yang hilang dalam keadaan sakit, seperti diare dan muntah.

Baca Juga

Air kelapa tergolong minuman lezat, bergizi, dan alami yang sangat baik untuk kesehatan jantung, gula darah, ginjal, dan atasi dehidrasi saat olahraga.

Kini Anda tak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi air kelapa sebelum, saat, dan sesudah aktivitas fisik. Alasannya, minuman pengganti cairan tubuh yang hilang ini memiliki rasa manis alami sehingga tidak akan menimbulkan mual dan perut kembung jika dalam porsi yang wajar.

Jika memiliki pertanyaan seputar minuman yang tepat untuk gantikan elektrolit yang hilang setelah berolahraga, Anda dapat menggunakan layanan Live Chat di KlikDokter untuk berkonsultasi langsung kepada dokter. Semoga bermanfaat! 

[WA/ RS]

ARTIKEL TERKAIT

Car Free Day Sebabkan Dehidrasi pada Anak? Atasi dengan Cara Ini

Info Sehat
17 Apr

Waspada, Dehidrasi Bisa Ganggu Kehidupan Seksual Anda

Info Sehat
17 Apr

Bolehkah Balita Diberikan Minuman Isotonik?

Info Sehat
14 Apr

Penyakit Penyebab Dehidrasi yang Perlu Anda Tahu

Info Sehat
13 Apr

Dehidrasi, Dampak DBD yang Harus Ditangani dengan Cepat

Info Sehat
13 Apr

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat