10 Makanan Manis Ini Bisa Turunkan Berat Badan!
search

Camilan Manis yang Bantu Turunkan Berat Badan

Siapa bilang makanan manis tidak bisa menurunkan berat badan? Yuk, cek makanan manis untuk menurunkan berat badan berikut ini.
Camilan Manis yang Bantu Turunkan Berat Badan

Klikdokter.com, Jakarta Apa yang suka Anda lakukan ketika sedang menikmati waktu senggang? Ya, makan camilan manis. Selain enak, tahukah Anda bahwa beberapa camilan manis juga dapat membantu menurunkan berat badan?

Faktanya, camilan manis tak melulu mendatangkan dampak buruk berupa kenaikan berat badan yang berujung dengan obesitas. Banyak ahli berpendapat bahwa terdapat beberapa camilan manis yang justru mendatangkan efek sebaliknya, yaitu menjadikan berat badan ideal.

Berikut adalah beberapa makanan manis untuk membantu menurunkan berat badan Anda:

1 dari 6

1. Ceri Beku

Ceri Beku
loading

Ceri beku adalah makanan manis yang sehat dan segar. Buah beku ini dapat dikonsumsi lewat semangkuk piring, yang diperkirakan hanya mengandung sekitar 100 kalori.

Selain itu, karena ceri ini tersaji dalam bentuk beku, Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengonsumsinya. Alhasil, Anda tidak akan punya banyak waktu untuk mengonsumsi camilan-camilan lainnya.

2. Dark Chocolate (Cokelat Hitam)

Jika Anda membutuhkan alasan untuk menikmati cokelat, maka inilah saatnya. Dark chocolate atau cokelat hitam mengandung banyak flavonoid, nutrisi tanaman yang dapat membantu menghentikan penyimpanan lemak, menekan nafsu makan, dan menurunkan gula darah, untuk membantu mengurangi rasa lapar.

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, cokelat hitam juga bisa Anda kombinasikan dengan yoghurt, oatmeal, atau smoothie.

Artikel lainnya: Makanan Ini Ampuh Bakar Lemak dan Turunkan Berat Badan

2 dari 6

3. Susu Cokelat

Susu Cokelat
loading

Tidak perlu takut saat harus berhadapan dengan minuman yang mungkin pernah Anda favoritkan di masa kecil. Ya, satu gelas cokelat seberat 8 ons yang kaya gizi dapat menghilangkan keinginan terhadap camilan manis sambil turut memuaskan dahaga Anda.

Manfaat kalsium dan protein yang terkandung dalam susu cokelat konon memiliki tingkat kesehatan yang jauh lebih besar daripada gula tambahan.

4. Kacang Almond

Kacang almond atau badam memegang peranan yang sangat bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Kombinasi lemak, protein, dan serat yang ada pada kacang almond juga cocok untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda sehari-hari. Agar menjadi camilan manis yang efektif turunkan berat badan, Anda dapat mengombinasikan kacang almond dengan beberapa tetes madu murni.

3 dari 6

5. Stroberi

Stroberi
loading

Stroberi juga bisa menjadi camilan untuk menurunkan berat badan. Buah ini mampu membantu tubuh untuk menghentikan penyimpanan lemak.

Stroberi dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, salah satunya dengan mencelupkan setengah atau seluruh bagian stroberi ke dalam yoghurt rendah lemak. Selain menambah antioksidan, stroberi yang dikombinasikan dengan yoghurt juga dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna Anda.

6. Pir

Buah pir termasuk makanan untuk menurunkan berat badan. Sebab, di samping memiliki rasa yang segar dan manis, kandungan serat di dalamnya juga tinggi.

Banyak cara yang dapat diterapkan untuk mengonsumsi buah pir, salah satunya dikombinasikan dengan kacang almond serta kayu manis. Kombinasi ini dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah, dan memberikan manfaat yang signifikan dalam menurunkan berat badan.

4 dari 6

7. Pisang

Pisang
loading

Pisang adalah salah satu buah favorit yang rasanya manis dan kaya akan nutrisi. Selain kaya nutrisi, pisang juga rendah kalori, sehingga pisang dipercaya baik untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Teksturnya yang padat juga membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga terhindar dari kebiasaan-kebiasaan ngemil yang bikin berat badan malah naik.

Artikel lainnya: Benarkah Makan Pisang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

8. Madu

Jika sedang menginginkan sesuatu yang manis, hendaknya mengganti gula dengan madu. Selain lebih sehat dan alami, sedikit madu akan menghasilkan rasa manis yang sama seperti gula.

Karena harga madu yang lebih mahal, maka orang cenderung membatasi konsumsinya, biasanya sehari hanya 1-2 sendok saja.  Berbeda dengan konsumsi gula yang bisa mencapai 3 sendok dalam sekali minum teh.

Hal ini akan berpengaruh pada kalori yang masuk, dengan mengganti pemanis menjadi madu maka harapannya kalori akan lebih berkurang.

5 dari 6

9. Yoghurt

Yoghurt
loading

Yoghurt adalah camilan manis yang bisa menjadi alternatif. Makanan ini mengandung probiotik yang dikenal baik dalam melancarkan pencernaan, dengan begitu akan berdampak pula dalam menjaga berat badan Anda.

Rekomendasi yoghurt yang tepat adalah Greek yogurt karena ia rendah gula serta rendah lemak. Pilihlah yang plain agar kandungan gulanya lebih rendah. Jangan lupa pula selalu cek kandungan nutrisi dan kalori di balik kemasannya.

10. Granola

Mungkin camilan satu ini masih terdengar asing. Granola merupakan campuran gandum, kacang-kacangan, dan buah kering. Granola tinggi akan serat dan vitamin sehingga penting untuk sistem pencernaan Anda.

Selain itu, camilan ini memiliki kalori yang rendah, rasa yang manis, dan dapat divariasikan dengan susu rendah lemak, yoghurt rendah lemak, ataupun dengan potongan buah segar.

Baca Juga

Meski baik dan dapat membantu menurunkan berat badan, ingatlah untuk tidak mengonsumsi camilan manis di atas secara berlebihan. Di samping itu, agar efektivitasnya dalam menurunkan berat badan bisa lebih optimal, Anda wajib mengombinasikan konsumsi camilan tersebut dengan olahraga secara rutin.

Untuk tips diet sehat lainnya, Anda bisa menanyakan langsung kepada dokter-dokter kami dengan menggunakan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[NWS]

ARTIKEL TERKAIT

Tahukah Anda Apa Saja Manfaat Ikan Gabus?

Info Sehat
30 Nov

Makanan Terbaik untuk Trimester Pertama Kehamilan

Info Sehat
06 Nov

Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh Sebelum Bersepeda Jarak Jauh

Info Sehat
17 Okt

Apa Saja Nutrisi untuk Tetap Bergerak Aktif di Rumah?

Info Sehat
16 Okt

Si Kecil Tidak Suka Ngemil, Orang Tua Perlu Paksa?

Info Sehat
04 Sep

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat