Menilik Manfaat Memelihara Anjing bagi Kesehatan

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 01 Apr 2018, 14:35 WIB
Banyak yang mengatakan bahwa memelihara anjing dapat mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Ini faktanya.
Menilik Manfaat Memelihara Anjing bagi Kesehatan (Sg Shot/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Anjing merupakan salah satu hewan idaman untuk dijadikan peliharaan. Tak sekadar menjadi teman di rumah, hewan berbulu ini juga dituding dapat mendeteksi kepribadian sang pemilik hingga membantu menurunkan risiko kematian.

Dalam pembuktian akan hal tersebut, penelitian dilakukan dengan cara meminta pemilik anjing untuk bertindak dalam skenario yang berbeda, sementara anjing mereka mengawasi. Para responden alias pemilik anjing berpura-pura berusaha membuka sebuah wadah sebelum meminta dua peneliti untuk membantu mereka.

Pada skenario pertama, seorang peneliti berdiri namun tindakannya pasif, sementara yang lain menawarkan bantuan. Lalu pada skenario kedua, satu peneliti tetap pasif, tapi satunya lagi menolak memberikan bantuan secara mentah-mentah.

Usai skenario dilakukan, masing-masing peneliti yang terlibat, segera mendekati anjing tersebut. Di sinilah respons menarik terjadi.

Anjing-anjing tersebut cenderung mengabaikan orang yang tidak menyenangkan dan menghindari sentuhan mereka, yang mana ini adalah peneliti yang menolak memberikan bantuan serta peneliti yang bersifat pasif. Beda halnya dengan peneliti yang memberikan bantuan pada responden, anjing-anjing itu malah terlihat akrab.

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa anjing dapat mengetahui apakah seseorang sedang melakukan pekerjaan yang buruk, dan menilai mereka dengan tepat. Selain itu, lewat penelitian yang lebih mendalam lagi, hewan berbulu ini juga dapat mengetahui apakah orang tersebut berbahaya bagi dirinya atau orang di sekitarnya. Hal ini memengaruhi bagaimana tindakan anjing kelak, termasuk jika sikap Anda cenderung kasar di depannya. Oleh karena itu, ketika suatu saat anjing Anda tampak tidak menyukai seseorang, maka kejanggalan ini patut diperhatikan.

Baik untuk kesehatan

Dilansir dari The Guardian, sebuah penelitian di Swedia menyebutkan bahwa mereka yang memelihara anjing memiliki risiko 23% lebih rendah untuk terkena serangan jantung. Penelitian ini dilakukan sepanjang 12 tahun kepada 3,4 juta orang di Swedia yang berada pada rentang usia 40-80 tahun.

Diketahui bahwa selain menurunkan risiko terkena serangan jantung, studi tersebut turut menunjukkan bahwa memelihara anjing dapat menurunkan risiko kematian dari segala macam penyakit hingga 20%.

“Dalam hal mengurangi risiko kematian, memelihara anjing bisa menjadi pengganti dari hidup bersama seseorang. Anjing menciptakan dorongan tersendiri bagi Anda untuk rajin berjalan, memberikan dukungan sosial, serta menjadikan hidup lebih bermakna,” ujar ahli epidemiologi dari Uppsala University di Swedia yang juga merupakan peneliti studi di atas, Tove Fall.

Jadi, sudah tahu ‘kan fakta tentang anjing? Selama hewan peliharaan Anda bertindak normal dan masih dalam batas wajar, maka biarkanlah dia bergerak sebebas mungkin. Karena dengan begitu, Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari memelihara anjing, khususnya aspek kesehatan.

[NB/ RVS]