12 Makanan Terbaik untuk Mengatasi Badan Lemas
searchtext customer service

Jenis Makanan Ini Ampuh Mengatasi Badan Lemas

Jika badan lemas, jangan buru-buru minum obat atau suplemen. Ini cara mengatasi badan lemas dengan mudah lewat konsumsi 12 makanan ini!
5 Jenis Makanan Ini Ampuh Mengatasi Badan Lemas

Kondisi badan lemas dan letih dapat mengganggu performa saat beraktivitas. Jangan langsung minum bercangkir-cangkir kopi atau makan banyak energy bar. Karena, ada beberapa makanan untuk mengatasi badan lemas yang lebih sehat.

Bahan makanan yang fresh tentu lebih kaya gizi terbaik. Sangat berbeda efeknya bagi tubuh jika dibandingkan makanan olahan dan kemasan.

Cara mengatasi badan lemas bisa dilakukan lewat konsumsi makanan-makanan berikut ini:

1 dari 13

1. Biji Chia

Biji Chia
loading

Sebagian masyarakat kini menjadikan biji chia sebagai bahan pengganti makanan utama. Superfood ini bisa dicampur ke dalam berbagai menu makanan.

Biji chia memiliki rasio tepat protein, lemak, dan serat untuk mendongkrak energi. Efek mengonsumsi biji chia berbeda dari karbohidrat atau sumber gula lainnya.

Manfaat biji chia tidak menyebabkan sugar crash, atau timbulnya efek lemas layaknya setelah makan makanan tinggi karbohidrat seperti nasi.

Biji chia juga mampu menyerap air hingga sepuluh kali beratnya. Kelebihan ini tentu akan membantu tubuh mencukupi dan mempertahankan kandungan cairan yang sangat berpengaruh pada stamina tubuh.

2 dari 13

2. Quinoa

Quinoa
loading

Quinoa juga merupakan salah satu bahan makanan yang saat ini banyak dimanfaatkan sebagai pengganti nasi. Quinoa kaya akan protein, serat, dan zat besi, sehingga dapat menjadi salah satu pilihan makanan untuk badan lemas.

Anda dapat mengolah quinoa menjadi menu asin ataupun manis serupa dessert seperti puding dan muffin. Selain itu, Anda bisa juga mengombinasikan quinoa dengan makanan sehat lainnya seperti ikan roa.

Artikel lainnya: Badan Lemas Seharian? Mungkin Anda Kebanyakan Tidur!

3 dari 13

3. Pisang

Pria sedang Makan Pisang
loading

Pisang bisa menjadi pilihan buah untuk badan lemas dan pusing. Peneliti pun telah banyak membandingkan khasiat pisang dalam menyuplai energi dengan pemasok energi lain seperti minuman berenergi.

Hasilnya? Salah satu penelitian pada pembalap sepeda menemukan, pisang dapat menghasilkan energi setara minuman berenergi. Bonusnya, pisang lebih aman dan alami tentunya.

Pisang kaya akan potassium, serat, berbagai vitamin, dan jumlah karbohidrat yang tepat untuk mendongkrak stamina serta menangkal badan lemas.

Untuk sarapan sebelum memulai aktivitas, pisang dapat menjadi pilihan mudah, lezat, dan dapat Anda andalkan sebagai salah satu sumber energi.

4 dari 13

4. Gandum Utuh

Aneka Gandum Utuh
loading

Ganti nasi dengan gandum utuh (whole wheat) sebagai sumber karbohidrat. Makanan untuk badan lemas ini akan menjauhkan Anda dari rasa letih setelah makan seperti sehabis makan nasi.

Selain memberikan pasokan energi, konsumsi gandum utuh juga dapat menyehatkan saluran cerna karena kandungan seratnya yang tinggi.

Gandum utuh dapat Anda temukan pada roti, sereal, dan berbagai bahan makanan lainnya. Jangan lupa perhatikan label kemasan supaya tidak keliru dengan produk gandum lainnya.

5 dari 13

5. Oatmeal

Oatmeal
loading

Oatmeal merupakan produk gandum lainnya yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasi badan lemas. Selain sebagai menu sarapan dengan buah, kini oatmeal juga sudah banyak dikonsumsi dalam berbagai cara, termasuk sebagai pengganti nasi yang dimakan bersama lauk-pauk.

Oatmeal kaya akan serat dan mengandung cukup protein untuk menjaga Anda tetap berenergi. Makanan sehat ini juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga aman untuk penderita penyakit metabolik seperti diabetes.

Anda yang memiliki risiko penyakit jantung juga dianjurkan untuk mengonsumsi oatmeal.

6 dari 13

6. Daging Merah Tanpa Lemak

Daging Merah Tanpa Lemak
loading

Daging merah tanpa lemak merupakan sumber protein yang baik. Protein merupakan zat gizi yang bisa membantu meningkatkan kekuatan otot tubuh.

Mengonsumsi daging merah tanpa lemak dalam jumlah cukup secara rutin dapat mencegah badan lemas.

Selain daging merah, Anda juga bisa mendapatkan protein dari telur, ikan, serta susu dan produk olahannya.

Artikel lainnya: Alasan Mengapa Pria Rentan Lemas dan Kehabisan Energi

7 dari 13

7. Ubi

Ubi
loading

Ubi mengandung kadar kalium yang lumayan tinggi. Tidak heran, jenis umbi yang satu ini digolongkan sebagai makanan untuk badan lemas.

Kendati begitu, Anda tetap harus membatasi porsi ubi yang dikonsumsi agar manfaatnya benar-benar optimal. Olah ubi dengan cara dipanggang, direbus, atau dikukus.

8 dari 13

8. Apel

Apel
loading

Apel adalah salah satu buah untuk mengatasi badan lemas, karena merupakan sumber vitamin maupun mineral yang membantu tubuh menghasilkan energi.

Makan apel segar dalam jumlah yang dianjurkan setiap hari dapat menurunkan risiko badan lemas dan keluhan lainnya.

9 dari 13

9. Pepaya

Pepaya
loading

Pepaya mengandung vitamin, kalium, folat, likopen, asam amino, dan serat.

Tidak hanya baik untuk kesehatan saluran pencernaan, buah ini ternyata juga bisa membantu mengatasi badan lemas berkat kandungan vitamin C di dalamnya.

Artikel lainnya: Memahami Penyebab Badan Lemas Setelah Bangun Tidur

 

10 dari 13

10. Bayam

Bayam
loading

Bayam bisa menjadi makanan penghasil energi karena memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Konsumsi bayam dan sayuran lain seperti wortel atau brokoli dalam jumlah cukup secara rutin dinilai mampu mencegah badan lemas.

 

11 dari 13

11. Tahu

Tahu
loading

Olahan kedelai ini mengandung zat besi dan merupakan sumber magnesium yang baik untuk kesehatan. Makan tahu secara rutin dapat menjadi cara mengatasi badan lemas secara alami, lho!

 

12 dari 13

12. Ikan

Ikan
loading

Ikan adalah sumber makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Selain dapat mengatasi keluhan badan lemas, mengonsumsi ikan juga dapat menunjang pertumbuhan otot bagi Anda yang gemar berolahraga.

Kurangi dan hindari makan makanan olahan, siap saji, dan berpengawet. Pastikan juga untuk berolahraga rutin dan istirahat cukup agar tubuh tidak mudah lelah.

Baca Juga

Dapatkan tips kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa konsultasi dengan dokter lewat Live Chat.

(FR/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Euis Kurniawati

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Zakya Radhita Nasution

Dokter Umum
wallet
Rp. 15.000
avatar

dr. Wendri Wildiartoni Pattiawira

Dokter Umum
wallet
Rp. 20.000

ARTIKEL TERKAIT

Pentingnya Magnesium untuk Melawan Kanker

Info Sehat
13 Feb

Makanan dan Minuman Ini Efektif untuk Daya Ingat Anda

Info Sehat
11 Feb

Ini Dia Daftar Buah yang Aman untuk Pengidap Diabetes

Info Sehat
09 Feb

Badan Lemas di Tengah Minggu? Pulihkan dengan Akupunktur

Info Sehat
09 Feb

Saat Flu, Hindari Makanan dan Minuman Ini

Info Sehat
07 Feb

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat