Nutrifood Lanjutkan Komitmen Perangi Diabetes

Oleh Ruri Nurulia pada 16 Apr 2018, 15:56 WIB
Meningkatnya angka diabetes di Indonesia memacu Nutrifood terus berkomitmen wujudkan keluarga Indonesia bebas diabetes.
Nutrifood Lanjutkan Komitmen Perangi Diabetes

Klikdokter.com, Jakarta Diabetes adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh peningkatan kadar glukosa atau gula darah pada seseorang. Gula darah sangat vital bagi kesehatan karena merupakan sumber energi yang penting bagi sel-sel dan jaringan tubuh.

Diabetes diketahui dibagi menjadi beberapa tipe, yaitu:

  • Diabetes tipe 1, yaitu sistem daya tahan tubuh menyerang dan menghancurkan sel beta di pankreas yang memproduksi insulin.
  • Diabetes tipe 2, yaitu sel beta di pankreas tidak memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, atau sel-sel tubuh tidak menunjukkan respons terhadap insulin yang diproduksi.
  • Diabetes gestasional, yaitu diabetes yang terjadi saat kehamilan.
  • Diabetes tipe lain, yang dapat timbul akibat kelainan hormon, imunologi, infeksi, atau faktor genetik lainnya.

Diabetes juga dapat menyebabkan terjadinya fluktuasi gula darah dalam tubuh, yang dapat mengakibatkan penurunan (hipoglikemia) atau peningkatan kadar gula darah (hiperglikemia) secara tiba-tiba. Jika tidak dikelola dengan baik, diabetes dapat menyebabkan terjadinya beragam komplikasi, seperti penyakit jantung koroner, stroke, obesitas, serta gangguan pada mata, ginjal, dan saraf.

Angka diabetes di Indonesia mengkhawatirkan

Hingga kini, diabetes dianggap sebagai penyakit yang berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Menurut data milik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang diperoleh dari Sample Registration Survey 2014, menunjukkan bahwa diabetes adalah penyebab kematian terbesar nomor 3 di Indonesia, dengan persentase sebesar 6,7 persen setelah stroke (21,1 persen) dan penyakit jantung koroner (12,9 persen).

Tak hanya itu, data terbaru dari International Diabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2017 menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-6 dunia dengan jumlah penderita diabetes sebanyak 10,3 juta jiwa. Jika tidak ditangani dengan  baik, Badan Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi angka kejadian diabetes akan melonjak hingga 21,3 juga jiwa pada tahun 2030. Sungguh mengkhawatirkan!

Kontribusi Nutrifood dalam menurunkan risiko diabetes

Menanggapi kondisi dan kekhawatiran ini, Nutrifood sebagai produsen makanan dan minuman kesehatan yang membawa misi “Inspiring a Nutritious Life” telah berkomitmen. Selama bertahun-tahun lamanya Nutrifood menginspirasi keluarga Indonesia untuk menjalani gaya hidup sehat, sehingga terhindar dari risiko diabetes.

Berbagai upaya yang dilakukan antara lain secara konsisten berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan seperti pemerintah, praktisi kesehatan, akademisi dan peneliti. Selain itu Nutrifood juga merangkul komunitas dan lembaga nonprofit, media, pihak swasta, dan pastinya masyarakat umum yang juga termasuk kalangan muda.

“Merespons tingginya persentase diabetes di Indonesia, selama bertahun-tahun Nutrifood tergerak untuk berkontribusi dalam upaya membangun keluarga Indonesia yang sehat agar terhindar dari risiko diabetes,” kata Susana, Head of Nutrifood Research Center. Tahun ini, Nutrifood juga masih konsisten untuk berkontribusi dalam mewujudkan keluarga Indonesia yang sehat bebas diabetes.

“Di tahun 2018, Nutrifood masih terus melanjutkan komitmennya dalam mengedukasi keluarga Indonesia, yang salah satunya melalui program edukasi “Lindungi Keluarga Sehat dari Diabetes”, yang bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan RI,” lanjut Susana dalam sebuah konferensi pers hari Jumat (13/04).

Tak hanya itu, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia yang jatuh pada 7 April lalu, Nutrifood juga mengadakan senam sehat #BeatDiabetes selama bulan April di 21 kota, yang menjangkau hingga 18.000 masyarakat Indonesia. Selain senam, masyarakat juga diajak untuk cek gula darah dan konsultasi kesehatan secara gratis, serta ada juga festival makanan dan minuman rendah gula.

Adanya kampanye sehat seperti yang dilakukan oleh Nutrifood ini, diharapkan masyarakat dapat lebih terinspirasi dan tergerak untuk segera menerapkan gaya hidup sehat. Dengan demikian, seluruh keluarga bisa terhindari dari risiko diabetes dan berbagai penyakit lainnya.

[RN/ RVS]