5 Cara Jitu agar Hamil Anak Perempuan

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 16 Apr 2018, 16:06 WIB
Ingin hamil anak perempuan? Ini cara yang bisa Anda terapkan.
5 Cara Jitu agar Hamil Anak Perempuan (Olena Yakobchuk/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Anda menginginkan hamil anak perempuan? Ya, keberadaan anak, apa pun jenis kelaminnya, tentu dapat memberikan nuansa baru bagi sebuah keluarga. Kelahirannya pasti akan disambut dengan hangat oleh seluruh kerabat dan kolega terdekat.

Sehubungan dengan hamil anak perempuan, dr. Anita Amalia Sari dari KlikDokter memberikan penjelasan. Menurutnya, secara ilmiah, perempuan memiliki dua kromosom seks yang sama, yaitu X dan X.

“Bila dalam hubungan intim sperma X berhasil membuahi sel telur, maka terjadilah pertemuan antara kromosom X dengan X. Pada akhirnya, yang didapat adalah bayi perempuan,” ujar dr. Anita.

Cara hamil bayi perempuan

Dilansir dari Liputan6.com, inilah 5 cara yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan peluang hamil anak perempuan:

1. Atur pola makan Anda

Mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar asam vagina bisa memperbesar peluang untuk mendapatkan anak perempuan. Kromosom X mampu bertahan lebih lama dibanding Y dalam lingkungan berasam tinggi. Untuk itu, para ibu, cobalah mengonsumsi daging sapi, ayam, keju, pasta, nasi, dan kacang-kacangan.

2. Konsumsi makanan kaya mineral

Konsumsi asupan kaya mineral dapat meningkatkan kadar asam di vagina. Semakin banyak mineral – seperti kalsium, magnesium, dan potassium – yang terkandung pada tubuh, semakin besar pula peluang Anda untuk hamil anak perempuan.

3. Cobalah menahan orgasme

Orgasme atau kepuasan saat bercinta dapat menyebabkan kontraksi yang membuat serviks terbuka lebar. Sebaiknya, hindari orgasme atau paling tidak cobalah untuk menahannya, demi mempersempit jalur serviks sebagai jalan masuknya kromosom Y. Dengan begitu, kemungkinan masuknya kromosom X untuk membuahi sel telur menjadi lebih besar.

4. Bercinta sebelum masa subur

Metode Shettles merekomendasikan bercinta dua atau empat hari sebelum masa subur. Jika tak ada aktivitas seksual saat masa ovulasi tiba, sperma dengan kromosom X akan bertahan.

5. Hindari penetrasi terlalu dalam

Penetrasi yang terlalu dalam akan memberikan banyak kesempatan bagi sperma untuk langsung masuk lewat serviks tanpa melalui area asam vagina terlebih dahulu. Sedangkan, penetrasi yang tidak terlalu dalam akan memberikan kesempatan bagi sel sperma dan kromosom X untuk mencapai rahim, ketika kromosom Y mati karena asam.

Perhatikan ini!

Menurut dr. Anita Amalia Sari, jenis kelamin anak yang akan dimiliki tak dapat ditentukan secara langsung oleh Anda sendiri. Jika Anda benar-benar ingin hamil anak perempuan, metode pasti yang bisa dicoba adalah program bayi tabung. Namun sayangnya, metode ini memakan biaya yang besar dan harus ditangani oleh tenaga kesehatan yang ahli.

Meski begitu, tak ada salahnya jika Anda mencoba melakukan cara di atas agar bisa hamil anak perempuan. Jangan ragu jika Anda ingin berkonsultasi secara langsung pada dokter terkait masalah ini.

[NB/ RVS]