8 Cara Mengatasi Sembelit pada Anak, Ibu Harus Tah
searchtext customer service

Anak Sembelit? Ini Cara Mengatasinya

Sembelit juga bisa menimpa anak-anak. Namun, jangan khawatir, ada berbagai cara untuk mengatasi kondisi tersebut. Simak selengkapnya di sini.
Anak Sembelit? Ini Cara Mengatasinya

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu masalah pencernaan yang banyak terjadi pada anak-anak adalah susah buang air besar (BAB) atau sembelit.  

Sembelit adalah ketidakmampuan mengeluarkan tinja secara sempurna, frekuensi BAB berkurang dari biasanya, dan tinja lebih keras, lebih besar, dan nyeri dibandingkan sebelumnya. 

Sembelit dapat mengganggu kualitas hidup anak. Selain menyebabkan perut terasa penuh, sembelit juga dapat memicu sakit perut dan enkopresis (BAB yang tidak disengaja) pada kondisi yang kronis. 

Lalu, apa saja penyebab dan cara mengatasi sembelit pada anak? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Artikel Lainnya: Cegah Bayi Sembelit dengan MPASI Ini 

Penyebab Sembelit pada Anak

Penyebab Sembelit pada Anak

Sebelum mengetahui cara mengatasi sembelit pada anak, Anda sebaiknya mengenal apa saja penyebab sembelit itu. Berikut di antaranya: 

  • Sering Menahan Tinja 

Sering menahan tinja sering terjadi pada anak-anak sekolah. Ini bisa terjadi karena anak enggan BAB di sekolah, atau karena toilet di sekolah jorok, berbau, atau gelap. 

Penyebab sembelit yang satu ini akan membuat tinja semakin keras dan sulit dikeluarkan, karena air dalam tinja diserap kembali oleh usus. 

  • Kurang Serat atau Kurang Cairan

Kurang konsumsi makanan berserat dan kurang minum juga merupakan penyebab terjadinya sembelit pada anak. Sebab, keduanya dibutuhkan untuk membuat tinja lunak dan mudah dikeluarkan.

  • Efek Samping Obat

Pemberian obat bisa memicu sembelit pada anak. Beberapa obat yang memberikan efek sembelit, misalnya zat besi, antikejang, dan obat maag.  

Artikel lainnya: Asupan Probiotik untuk Mengatasi Sembelit pada Anak

  • Alergi pada Produk Susu Tertentu

Sembelit pada anak bisa saja dipicu oleh alergi susu formula. Apabila anak diberikan susu formula atau terlalu banyak dalam mengonsumsinya, maka ia dapat mengalami kesulitan BAB. 

  • Jarang Beraktivitas Fisik

Anak Anda kurang bergerak? Jarang berolahraga atau beraktivitas fisik, misalnya karena anak hanya menonton TV atau memainkan video game, berpotensi memicu susah BAB pada anak.

  • Memiliki Masalah Saraf dan Tulang Belakang

Selain beberapa penyebab di atas, anak yang memiliki masalah tulang belakang dan gangguan saraf juga rentan mengalami sembelit, karena proses buang air besar diatur oleh sistem saraf.

Cara Mengatasi Sembelit pada Anak 

Cara Mengatasi Sembelit pada Anak

Tidak perlu buru-buru untuk memberikan obat. Anda dapat mencoba beberapa cara berikut untuk mengatasi sembelit pada anak: 

1. Berikan Makanan Tinggi Serat 

Cara yang pertama adalah melalui pola makan. Ubahlah menu makanan anak dengan memperbanyak porsi sayuran dan buah. Sebab, sayuran dan buah mengandung serat yang tinggi untuk membantu kelancaran BAB.

Buah-buahan yang bersifat sebagai pencahar, antara lain pepaya, pir, apel, alpukat serta naga. Selain buah dan sayuran, Anda juga dapat memberikan sereal yang tinggi serat dan roti gandum.

2. Memperbanyak Konsumsi Yoghurt 

Tak hanya buah dan sayur, yoghurt juga dapat membantu melunakkan tinja. 

Bakteri baik yang terkandung dalam yoghurt akibat proses fermentasi dapat membantu melunakkan tinja sehingga lebih mudah dikeluarkan. 

3. Cukupi Asupan Cairan

Cara lainnya untuk mengatasi sembelit pada anak adalah dengan memastikan anak minum air yang cukup. 

Pada kasus sembelit, cairan tubuh yang tercukupi dapat membantu agar tinja lebih mudah dikeluarkan.

Artikel lainnya: Bolehkah Memberikan Buah Naga Saat Anak Susah BAB?

4. Banyak Bergerak

Anak yang tidak aktif bergerak lebih berisiko mengalami sembelit. Sebaliknya jika anak aktif bergerak, pergerakan usus dalam mengeluarkan tinja dapat terbantu.

Anda dapat mengajak anak untuk melakukan olahraga seperti berenang, menari, lompat tali, dan lainnya.  

5. Melakukan Pijatan Lembut pada Perut Anak

Salah satu cara mengatasi sembelit pada anak adalah dengan pijat. 

Pada bayi, jika ia tampak kesulitan mengeluarkan BAB, maka Anda dapat membantu pergerakan usus dengan melakukan pijat lembut pada perutnya. 

Lakukan pijatan secara melingkar dari perut kanan bawah ke kiri bawah, melewati bagian atas perut. Gerakan ini sesuai dengan anatomi usus besar.

6. Ganti Susu Formula

Apabila anak minum susu formula, konsultasikan dengan dokter apakah perlu mengganti dengan susu formula jenis lain. 

Perlu Anda ketahui bahwa anak-anak yang mendapatkan ASI biasanya lebih jarang terkena sembelit.

7. Ajarkan Anak untuk Rutin BAB

Untuk mengatasi konstipasi pada anak, caranya bisa dengan mengajarkan ia untuk rutin BAB. Misal, tiap pagi hari. Dengan begitu, sensasi atau keinginan BAB akan terjadi pada saat yang ditentukan.

Kebiasaan ini akan mempermudah anak untuk BAB dan menghindari ketakutan BAB di toilet sekolah.

8. Menggunakan Obat Pelunak Tinja

Pemberian obat pelunak tinja bisa Anda pertimbangkan. Tidak perlu khawatir, penggunaan obat ini aman untuk anak-anak. Pasalnya, obat jenis ini hanya bekerja lokal di saluran cerna tanpa diserap oleh tubuh.

Namun, perlu diingat, penggunaan obat harus berada di bawah pengawasan dokter anak. Jadi, dosis dan lama penggunaan sebaiknya didiskusikan bersama dokter.

Baca Juga

Itulah beberapa cara mengatasi sembelit pada anak. Anda dapat menerapkan beberapa kiat di atas ketika anak mengalami susah BAB. 

Jika Anda sudah melakukan cara-cara di atas dan gejala sembelit pada anak tidak kunjung sembuh, segera periksakan kondisinya ke dokter untuk penanganan yang tepat.

Untuk membaca artikel lainnya mengenai kesehatan anak, Anda dapat mengunduh aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter anak lewat layanan Live Chat.

[RS]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Lianto Kurniawan Nyoto, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Mervin Tri Hadianto, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 25.000
avatar

dr. Marlina Tanjung, M. Ked, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 25.000

ARTIKEL TERKAIT

Mengenal Manfaat Terapi Bermain untuk Mental Anak

Info Sehat
17 Mar

Tips Mengajarkan Kebersihan Tubuh pada Anak Remaja

Info Sehat
14 Mar

Perkembangan Otak Anak Kurang Maksimal, Ini Ciri-cirinya

Info Sehat
08 Mar

Cegah Anak Susah BAB, Bagaimana Memilih Susu yang Tepat?

Info Sehat
08 Mar

Inilah Tinggi Badan Anak Indonesia Sesuai Usianya

Info Sehat
04 Mar

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat