Kiat Menjaga Kesehatan untuk Musisi

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 23 Apr 2018, 16:54 WIB
Untuk para musisi, ada berbagai cara untuk menjaga kesehatan. Baca selengkapnya di sini.
Kiat Menjaga Kesehatan untuk Musisi (PHOTOCREO Michal Bednarek/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Musisi merupakan salah satu profesi yang memiliki pola aktivitas unik dan berbeda dibandingkan para pekerja kantoran. Ketika sejumlah pegawai mesti masuk dari pagi sampai sore, musisi konon tak terpatok dengan jam kerja dan lebih fleksibel.

Sekilas hal tersebut terdengar asyik dan menggiurkan. Namun, ketahuilah bahwa setiap pilihan memiliki keuntungan dan risikonya masing-masing. Ketika waktu kerja menjadi lebih fleksibel, otomatis pola hidup sehari-hari mesti dipantau dan dijaga dengan lebih  saksama.

Baru-baru ini, kabar meninggalnya DJ dan produser asal Swedia, Avicii, sanggup menggemparkan dunia. Bagaimana tidak, musikus pengusung genre electronic dance ini berpulang pada usia muda, yakni 28 tahun. Disinyalir ia meninggal akibat sejumlah gangguan kesehatan.

Selain DJ Avicii, masih banyak kasus lain terkait kesehatan yang pernah terjadi pada kalangan musisi. Jika Anda musisi, jangan sampai lalai menjaga kesehatan tubuh! Dilansir berbagai sumber, ikuti kiat-kiatnya berikut ini:

1. Sering lakukan gerakan pemanasan

Kegiatan musisi tak akan jauh dari duduk berlama-lama di depan komputer untuk merekam lagu baru, tampil di atas panggung, serta menjalani tur yang lama, berjarak jauh dan melelahkan. Meski Anda bahagia di jalan, namun tubuh bisa saja berkata lain.

Jika Anda terbangun di sofa teman atau kursi belakang mobil Anda, kemungkinan tubuh akan menderita sakit dan nyeri. Jangan biarkan kondisi ini mengganggu hari-hari Anda. Rajin-rajinlah untuk melakukan gerakan sederhana seperti push-up, sit-up, dan sejenisnya. Lebih bagus jika Anda meluangkan waktu setiap minggu untuk berolahraga kapan pun dan di mana pun.

2. Jangan makan sembarangan

Saat sedang sibuk beraktivitas, mulai dari meramu lagu baru hingga tur dari kota ke kota lain, kadang sekadar makan juga kerap terlupakan. Jam makan sering berantakan hingga asupan nutrisi sering terabaikan. Satu hal yang mesti dicatat, Anda harus merencanakan pola makan sehat dengan sebaik-baiknya.

Pertama, makanan pada dasarnya tidak boleh disimpan terlalu lama dan hal ini selalu jadi kebiasaan musisi saat membawa makanan dalam mobil. Jika ingin lebih aman, Anda dapat menginvestasikan kesehatan untuk membeli lemari pendingin yang bisa dibawa ke mana-mana. Jika tidak, maka pola disiplin waktu harus diterapkan seketat mungkin agar asupan terjaga.

Di luar lemari pendingin, Anda dapat menyiapkan bekal sehat dari rumah, atau membeli makanan sehat saat di perjalanan. Pastikan menunya bergizi lengkap, baik karbohidrat, protein, lemak (lemak tak jenuh), vitamin, dan mineral. Selalu sediakan buah-buahan untuk camilan. Jika ingin membeli makanan kemasan, pilihlah yang mengandung nutrisi lengkap. Hindari makanan kemasan yang menyimpan sodium tinggi, seperti MSG dan sodium nitrat.

3. Hindari alkohol dan zat adiktif lainnya

Tanpa menyudutkan sejumlah profesi, namun kehidupan musisi seolah identik dengan konsumsi alkohol dan zat adiktif lainnya di belakang panggung. Meski tak menutup kemungkinan pekerja dari bidang lain juga melakukan hal yang sama, namun Anda harus menjauhi kebiasaan merugikan seperti ini.

Tubuh seharusnya diisi dengan asupan sehat dan berenergi untuk membuat Anda tetap fit saat berkarya, bukan dengan mengonsumsi sesuatu yang malah membuat tubuh tidak stabil. Sudahi konsumsi alkohol dan zat aktif lainnya mulai dari sekarang.

Menjadi musisi dan mempertahankan gaya hidup sehat memang kadang terdengar sulit. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya sama sekali, kan? Yuk, biasakan hidup sehat agar tubuh dan pikiran tetap prima!

[RS/ RVS]