Penanganan yang Tepat untuk Korban Luka Bakar

Oleh dr. Kartika Mayasari pada 26 Apr 2018, 14:33 WIB
Jika tak diatasi dengan baik, luka bakar dapat merenggut nyawa. Bagaimana cara menanganinya?
Penanganan yang Tepat untuk Korban Luka Bakar (Jprom/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kebakaran sumur minyak di Desa Pasir Putih, Peureulak, Aceh Timur, Rabu (25/4) dini hari waktu setempat telah mengakibatkan belasan orang meninggal dan puluhan lainnya mengalami luka bakar. Dilansir dari Liputan6, para korban luka berat sudah dievakuasi ke sejumlah rumah sakit. Kejadian ini memang sering terjadi di daerah tersebut, tapi kebakaran ini adalah yang paling besar sepanjang sejarah.

Banyak yang tidak mengetahui bahwa luka bakar bisa mengakibatkan kerusakan organ jika tidak segera diatasi. Jangan anggap sepele luka bakar yang terjadi pada diri Anda atau kerabat. Berikut ini adalah hal-hal penting yang harus Anda ketahui seputar luka bakar:

Tingkatan luka bakar

Luka bakar mempunyai tiga tingkatan atau derajat keparahan, yaitu:

● Luka bakar tingkat 1

Luka bakar tingkat 1 adalah luka bakar yang paling ringan. Biasanya luka bakar jenis ini terjadi pada orang yang gemar berjemur di bawah terik matahari. Pada luka bakar tingkat 1, hanya menimbulkan kemerahan pada kulit.

● Luka bakar tingkat 2

Gejala luka bakar tingkat 2 adalah bengkak kemerahan dan timbulnya bula berisi air pada kulit. Saat terjadi luka bakar jenis ini, penderita akan merasakan sangat nyeri pada luka bakarnya. Hati-hati pada luka bakar tingkat 2 karena rentan terhadap infeksi. Cara mencegah agar luka bakar ini tidak infeksi adalah dengan menjaga kebersihan luka.

● Luka bakar tingkat 3

Luka bakar tingkat 3 adalah luka bakar yang mengenai hampir seluruh lapisan kulit. Saat terjadi luka bakar jenis ini, orang tersebut sudah tidak lagi merasakan nyeri pada luka. Ini dikarenakan saraf nyerinya sudah tidak ada lagi. Luka bakar jenis ini sangat membutuhkan terapi yang lebih serius di rumah sakit.

Penanganan luka bakar

Secara umum, inilah penanganan luka bakar pada derajat berapapun:

  • Segera lepaskan baju yang digunakan penderita luka bakar agar api tidak terus menyerang tubuh korban.
  • Lepaskan perhiasan yang ada di sekitar tubuh. Karena tubuh yang terkena luka bakar akan cepat membengkak.

Selanjutnya, penanganan luka bakar secara khusus yang sesuai dengan derajat keparahannya adalah:

● Pada luka bakar tingkat 1

Pada luka bakar tingkat 1, tidak perlu diberikan terapi khusus. Hanya perlu melakukan kompres di kulit yang mengalami kemerahan, dengan air bersuhu ruangan atau air yang mengalir. Luka bakar jenis ini membutuhkan waktu sekitar 2-5 hari untuk penyembuhan.

● Pada luka bakar tingkat 2

Pada luka bakar tingkat 2, diperlukan terapi berupa antibiotik untuk mencegah infeksi. Jika lukanya dalam, biasanya dokter akan memberikan terapi untuk memperlancar aliran darah ke kulit agar luka bakar cepat sembuh. Jadi bila luka bakar jenis ini terjadi pada diri Anda, sebaiknya periksakan langsung ke dokter supaya diberikan terapi.

● Pada luka bakar tingkat 3

Pada luka bakar tingkat 3, tidak ada yang bisa Anda lakukan di rumah. Anda harus ke rumah sakit untuk menanganinya secara tuntas.

Tujuan penanganan luka bakar adalah untuk mencegah infeksi, meminimalkan jaringan parut, mengembalikan fungsi tubuh, serta menghalau dehidrasi khususnya bagi penderita luka bakar tingkat 3. Dehidrasi inilah yang dapat menyebabkan kerusakan organ serta kematian pada penderita luka bakar yang tidak ditangani dengan tepat.

[RS/ RVS]

Zahra ZahiraZahra Zahira

Bagaimana cara menghilangkan bekas luka bakar, supaya bisa kembali seperti semula?