Cara Alami Meredakan Batuk Berdahak

Oleh dr. Anita Amalia Sari pada 02 May 2018, 13:15 WIB
Ingin tahu cara alami meredakan batuk berdahak, seperti yang diajarkan oleh nenek moyang terdahulu? Simak di sini.
Cara Alami Meredakan Batuk Berdahak (Eggeegg/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Meredakan batuk berdahak tak selamanya membutuhkan obat. Faktanya, beberapa cara alami yang diwariskan oleh nenek moyang terdahulu ternyata benar-benar terbukti dapat menjadi solusi dari keluhan yang satu ini.

Ingin tahu apa saja resep alami yang terbukti efektif meredakan batuk berdahak? Simak di bawah ini.

● Air putih

Air putih dapat membantu mengencerkan dahak, sehingga memudahkan cairan tersebut untuk keluar dari saluran napas Anda. Semakin banyak air putih yang diminum, semakin baik.

● Sup ayam

Sup ayam hangat menjadi salah satu makanan yang wajib dikonsumsi saat Anda mengalami keluhan batuk berdahak. Selain enak, ternyata makanan sehat yang satu ini juga dapat berfungsi sebagai pengencer dahak, lho!

● Tanaman akar manis

Akar manis merupakan pengencer dahak (ekspektoran) alami. Tanaman ini dapat dikonsumsi dengan dicampur ke dalam teh, dan diminum selagi hangat.

Meski efektif meredakan batuk berdahak, tanaman akar manis sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh Anda yang memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Eucalyptus

Eucalyptus bekerja sebagai pelega napas dan perangsang pengeluaran dahak. Untuk merasakan manfaat ini, Anda dapat menggunakannya sebagai steam inhalant. Caranya adalalah dengan meneteskan 2 hingga 3 bulir cairan eucalyptus ke dalam baskom berisi air hangat.

● Lemon dan cayenne pepper

Untuk membantu mengencerkan dan mengeluarkan dahak, cobalah untuk mengombinasikan perasan lemon, dan sedikit cayenne pepper.

Lemon dapat mengurangi iritasi, dan mengandung vitamin c dosis tinggi sehingga dapat melawan infeksi. Sedangkan cayenne pepper dapat meningkatkan aliran darah ke saluran napas, sehingga mempercepat proses penyembuhan batuk berdahak yang Anda alami.

● Madu

Mekanisme madu dalam meredakan batuk berdahak sebenarnya belum diketahui dengan jelas. Namun, banyak lembaga kesehatan, termasuk WHO, meyakini bahwa madu mengandung 181 zat alami yang berfungsi sebagai antioksidan dan antimikroba.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, madu dapat diminum secara langsung atau dicampurkan ke dalam segelas susu atau teh hangat. Hindari memberikan madu untuk anak berusia 1 tahun ke bawah, ya!

Peppermint

Peppermint mengandung mentol yang dapat membantu mengencerkan dahak. Untuk menikmati manfaat tersebut, Anda dapat mencampurkan beberapa lembar daun peppermint ke dalam teh hangat.

● Bawang putih

Bawang putih telah lama dikenal sebagai tanaman obat, yang salah satu manfaatnya adalah meredakan batuk berdahak. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat mencampurkan bawang putih dengan beberapa tetes madu. Cara lain, oleskan bawang putih ke dada Anda secara langsung.

Agar manfaat bahan alami di atas benar-benar optimal, Anda juga dianjurkan untuk melakukan tindakan berikut ini:

  • Jaga kelembapan udara di ruangan. Jika perlu, gunakan humidifier.
  • Hindari rokok dan paparan asapnya.
  • Hindari pemicu batuk, seperti debu, asap kendaraan, serta makanan atau minuman yang membuat tenggorokan gatal.

Sederet tips di atas dapat Anda terapkan untuk membantu meredakan batuk berdahak. Namun, bila keluhan tak membaik dalam 2 minggu, atau disertai keluarnya dahak berdarah, demam, penurunan berat badan atau mengi, sebaiknya segera bawa Anda untuk berobat ke dokter. Batuk berdahak yang datang bersama keluhan-keluhan tersebut dapat menjadi pertanda adanya penyakit serius.

[NB/ RVS]