Panduan Merawat Kulit Kering

Oleh dr. Arina Heidyana pada 27 Jun 2020, 19:52 WIB
Merawat kulit kering tak boleh sembarangan. Salah-salah, kulit bisa semakin kering. Ini solusi bagi Anda untuk mencegah dan mengatasi kulit kering.
Panduan Merawat Kulit Kering

Klikdokter.com, Jakarta Banyak orang beranggapan kalau merawat kulit kering cukup menyulitkan. Salah-salah, kulit bisa semakin kering hingga mengganggu penampilan. Padahal, perawatannya tak sesulit yang dipikirkan. Yang terpenting, Anda melakukannya secara teratur dan sesuai.

Seperti Anda tahu, kulit memiliki fungsi penting bagi tubuh. Misalnya, membantu menjaga kestabilan suhu tubuh, melindungi tubuh dari berbagai macam kuman dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Itulah sebabnya, penting bagi Anda untuk mengetahui cara merawat kulit kering serta menjaga kesehatan kulit.

Kondisi Kulit Kering yang Sering Terjadi

Setiap orang memang memiliki jenis kulit yang berbeda, tapi kulit yang sehat umumnya akan tampak segar, lembap, elastis, serta bebas dari rasa gatal, terkelupas, atau perih. Untuk mendapatkan kulit yang sehat bukanlah hal yang mudah. Sering kali ada masa di mana kulit menjadi bermasalah. Salah satu hal yang umum terjadi adalah kulit kering.

Kondisi ini ditandai dengan kulit terasa kencang atau tertarik, yang umumnya terjadi setelah mandi, kulit tampak berkerut, kusam, kasar, dan kadang terasa gatal. Dalam kondisi yang cukup berat, kulit kering bisa disertai kemerahan, tanda peradangan, dan terkelupas.

Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja, mulai dari anak hingga orang tua, tanpa memandang jenis kelamin atau jenis kulit. Meski demikian, ada beberapa kelompok orang yang lebih rentan mengalami kulit kering, yaitu usia tua (lebih dari 65 tahun) serta tinggal di daerah kering dan dingin.

Artikel Lainnya: Tips Cegah Kulit Kering Saat Perjalanan Panjang dengan Pesawat

1 of 3

Penyebab Kulit Menjadi Kering

Ilustrasi Kulit Menjadi Kering
Ilustrasi Kulit Menjadi Kering

Sebelum mengetahui cara merawat kulit kering yang benar, terlebih dahulu harus diketahui apa saja yang dapat menyebabkannya. Hal ini bertujuan agar Anda dapat mencegah kondisi kulit menjadi lebih kering.

Penyebab kulit kering dibagi menjadi dua faktor, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Berikut hal-hal yang masuk dalam kedua faktor tersebut.

1. Faktor Eksternal

  • Cuaca.
  • Udara kering.
  • Berada di ruangan dengan pendingin udara.
  • Pakaian yang terlalu ketat.
  • Penggunaan sabun dan detergen yang tidak benar.
  • Penggunaan air panas saat mandi.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu.

2. Faktor Internal

  • Faktor genetik.
  • Penuaan.
  • Memiliki alergi
  • Adanya penyakit tertentu.

Ada cukup banyak yang dapat menyebabkan kulit kering, kan? Bagi Anda yang memiliki jenis kulit ini, ketahui faktor-faktor yang mempengaruhi kulit kering agar tahu cara merawat kulit kering dengan tepat.

Artikel Lainnya: Cara Terbaik Atasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

2 of 3

Cara Melembapkan Kulit Kering

Ilustrasi Cara Melembapkan Kulit Kering
Ilustrasi Cara Melembapkan Kulit Kering

Merawat kulit kering memerlukan perawatan dari dalam dan luar. Berikut cara mengatasi kulit kering yang wajib Anda ketahui.

1. Hindari Menggunakan Air dengan Suhu Terlalu Panas

Anda boleh saja mandi dengan air hangat. Kadar panasnya sekitar satu derajat di atas suhu tubuh yaitu 38OC.

Ini karena air yang panas dapat menghilangkan minyak alami dari kulit. Lalu batasi waktu mandi 5-10 menit.

2. Gunakan Sabun Khusus untuk Kulit Kering

Sabun tersebut biasanya mencantumkan label “moisturizing” atau melembapkan. Sedapat mungkin pilihlah sabun yang tidak mengandung pewangi ataupun pewarna.

3. Hindari Sabun dan Detergen yang Dapat Merusak Kulit

Sabun antibakteri dan mengandung alkohol dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan mudah iritasi.

4. Gunakan Pelembap

Segera setelah tubuh dikeringkan, gunakan pelembap ke seluruh bagian tubuh, termasuk wajah.

Gunakan pelembap alami yang mengandung vitamin E, minyak alpukat, minyak biji aprikot dan vitamin A.

Pelembap sebaiknya digunakan untuk mengatasi kulit bersisik, pecah-pecah, dan juga kering.

Artikel Lainnya: Cara Menjaga agar Kulit Tak Kering di Tengah Cuaca Panas

5. Minum Air Putih Cukup

Kulit kering sering kali menjadi pertanda tubuh yang dehidrasi (kekurangan cairan). Jadi, salah satu cara melembapkan kulit kering adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan, yaitu 1,5–2 liter per hari.

6. Perawatan dari Dalam

Merawat kulit kering juga harus diupayakan dari dalam, yakni melalui makanan. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, E, omega 3, dan zinc merupakan cara alami mengatasi kulit kering.

7. Gunakan Krim Anti-Peradangan

Bila kulit kering Anda disebabkan oleh peradangan kulit, berkonsultasilah dengan dokter.

Dokter biasanya akan memberikan krim steroid yang disesuaikan dengan kondisi kulit Anda.

8. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Hindari penggunaan pakaian yang berbahan wool karena mudah mengiritasi kulit. Sebaiknya gunakan pakaian yang berbahan katun agar kulit Anda dapat “bernapas”.

9. Gunakan Humidifier

Udara kering, panas, dan ruang ber-AC membuat kulit semakin kering. Nah, untuk mengatasi kulit kering bersisik, gunakan humidifier untuk menambah kelembapan di dalam rumah.

Ada banyak cara merawat kulit kering dan tentunya tidak rumit yang bisa Anda lakukan. Dengan mengikuti panduan di atas dengan teratur, bukan tidak mungkin kulit Anda dapat kembali sehat dan segar kembali.

Cari tahu informasi menarik lainnya seputar kesehatan dan perawatan kulit hanya di aplikasi KlikDokter.

(HNS/AYU)

Lanjutkan Membaca ↓