Tips Sederhana yang Efektif Atasi Lidah Terbakar

Oleh dr. Reza Fahlevi pada pada 16 Mei 2018, 10:10 WIB
Lidah terbakar karena konsumsi makanan atau minuman panas? Jangan buru-buru panik. Cari tahu cara mengatasinya di sini.r
Tips Sederhana yang Efektif Atasi Lidah Terbakar (File404/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda pernah mengalami lidah terbakar? Ya, minuman atau makanan yang dikonsumsi saat masih panas memang dapat menyebabkan terjadinya hal tersebut. Begitu pula dengan makanan yang memiliki tingkat kepedasan super.

Bukan perkara sepele, lidah terbakar merupakan kasus yang sebenarnya harus segera mendapatkan penanganan tepat. Ini karena keadaan tersebut dapat menyebabkan nyeri berkepanjangan, juga akan mengurangi kemampuan papil lidah untuk merasakan makanan atau minuman yang selanjutnya masuk ke mulut Anda.

Mengenal derajat lidah terbakar

Luka bakar pada lidah dapat diklasifikasikan menjadi 3 derajat sesuai dengan kedalamannya.

● Luka bakar derajat satu

Luka bakar meliputi lapisan terluar dari lidah. Gejala yang dialami meliputi nyeri, kemerahan, dan bengkak pada lidah.

● Luka bakar derajat dua

Kondisi ini membuat lidah terasa sangat nyeri, karena luka bakar meliputi lapisan luar dan dalam lidah. Luka bakar derajat dua menyebabkan terbentuknya lentingan kecil pada lidah. Kondisi ini juga membuat lidah tampak lebih merah dan bengkak.

● Luka bakar derajat tiga

Luka bakar derajat tiga mengenai lapisan terdalam dari lidah. Efeknya adalah lidah akan tampak putih atau kehitaman. Penderita juga dapat merasakan rasa baal atau nyeri berat akibat luka bakar derajat ini.

Berapa pun derajat yang terjadi, lidah terbakar umumnya menyebabkan gejala berupa nyeri, kemerahan, bengkak dan hilangnya sensasi pengecapan. Ketika lidah terlihat merah atau bengkak, benjolan pada lidah (papil) akan menghilang.

Hal itu menyebabkan lidah tampak halus, sehingga taste bud di papil lidah akan menghilang. Taste bud itu sendiri merupakan sensor lidah, yang berfungsi untuk mengecap alias merasakan sesuatu yang masuk ke mulut Anda.

Cara mengatasi lidah terbakar

Jika Anda mengalami lidah terbakar derajat dua atau tiga, cara terbaik untuk mengatasi keluhan adalah dengan segera membawa diri Anda berobat ke dokter. Sebab, kasus lidah terbakar derajat tersebut dapat menyebabkan terjadinya infeksi bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Sedangkan, jika yang terjadi hanyalah luka bakar derajat satu, Anda sebenarnya tidak membutuhkan penanganan khusus. Ini karena lidah terbakar derajat satu dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, jika Anda merasa sangat terganggu dan ingin segera terbebas dari kondisi tersebut, berikut beberapa cara yang bisa diterapkan:

  • Minum air dingin dan cuci daerah lidah yang terbakar dengan air dingin selama beberapa menit.
  • Hisap es untuk mengurangi rasa nyeri di lidah.
  • Hindari makanan serta minuman hangat atau panas, karena dapat mengiritasi luka bakar yang sudah terjadi.
  • Konsumsi madu atau gula untuk mengurangi rasa nyeri di lidah.
  • Minum parasetamol atau ibuprofen agar keluhan nyeri dan peradangan bisa segera hilang.

Jika dengan langkah-langkah di atas kondisi tak kunjung membaik atau justru bertambah parah, segera bawa diri Anda untuk berobat ke dokter. Jangan abai apalagi menganggap sepele lidah terbakar, jika Anda tak ingin kehilangan sensasi merasakan makanan atau minuman yang dihidangkan.

[NB/ RVS]