Ini Dia Tips Mengencangkan Kulit yang Aman dan Efektif

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 23 May 2018, 16:46 WIB
Mengencangkan kulit dapat dilakukan secara aman dan efektif. Ikuti tips-tipsnya di bawah ini.
Ini Dia Tips Mengencangkan Kulit yang Aman dan Efektif (Number One/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Siapa yang tak ingin tampak awet muda dengan kulit kencang dan sehat? Mengencangkan kulit merupakan salah satu upaya untuk terus terlihat cantik, segar, sehat, menawan, dan tentu saja awet muda. Tak hanya wanita, pria pun mendambakan hal ini.

Semakin bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan seperti keriput, munculnya bintik-bintik matahari (sun spots), atau noda hitam, tak dapat dihindari. Tak hanya itu, elastisitas kulit pun akan semakin berkurang sehingga kulit menjadi keriput dan tampak kendur. Jika Anda mengalami hal ini, proses perawatan kulit perlu dilakukan secara lebih intensif.

Apa pun jenis kulit Anda, kulit harus dirawat setiap hari demi menjaga kesehatan kulit wajah secara keseluruhan sekaligus memperbaiki masalah seputar kulit wajah. Dilansir dari laman CNN, berikut ini adalah beberapa cara mengencangkan kulit wajah yang aman dan efektif.

Tips alami mengencangkan kulit

Menurut dermatolog asal San Francisco, Amerika Serikat, Kathleen Welsh, perlindungan terhadap sinar matahari adalah hal paling penting yang dapat dilakukan pada usia berapa pun, demi menjaga kulit tetap sehat. Sayangnya, kebanyakan orang mengabaikan hal ini, bahkan sejak masih muda.

Matahari memancarkan dua jenis radiasi ultraviolet, yaitu UVA dan UVB. Keduanya merusak DNA di kulit jika Anda terpapar dalam waktu yang lama.

Menurut Kathleen, sinar UV dapat menyebabkan kanker kulit dan mempercepat hilangnya kolagen. Perlu diketahui bahwa kolagen sejatinya mulai berkurang sekitar 1 persen setiap tahun sejak memasuki usia 20 tahun.

American Academy of Dermatology merekomendasikan sejumlah cara sehat untuk mengencangkan kulit secara aman dan efektif, yakni berteduh sejenak dari paparan matahari. Mengenakan pakaian pelindung juga dianjurkan untuk dilakukan agar kulit Anda tak terpapar matahari secara langsung.

Selain menjaga dari paparan sinar matahari, makan makanan yang sehat juga berperan penting dalam meningkatkan kesehatan kulit. Mulailah atau perbanyak konsumsi makanan yang tinggi antioksidan dan antiinflamasi seperti sayur dan buah yang berwarna-warni, protein yang cukup, dan lemak sehat terutama asam lemak omega-3.

Hindari kebiasan buruk yang merusak kulit

Inflamasi atau peradangan yang terjadi di dalam tubuh dapat mengubah enzim yang memecah kolagen. Kondisi ini dapat memicu produksi radikal bebas yang bisa merusak sel-sel. Kelebihan gula dan karbohidrat olahan juga turut andil dalam mempercepat penuaan dengan cara mengombinasikan lemak dan protein dalam kulit untuk membentuk produk akhir glikasi tingkat lanjut (advance glycation end product atau AGE). AGE ini akan terakumulasi di dalam kulit dari waktu ke waktu dan dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan pada elastin dan kolagen. Tak hanya itu, akumulasi AGE ini dapat bereaksi terhadap sinar UV lalu memproduksi radikal bebas yang dapat makin merusak kulit.

Menurut dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, berikut ini adalah pola hidup yang dianjurkan, yang menjadi kunci awet muda:

  1. Cobalah makan protein bersumber dari tanaman seperti kedelai, kacang-kacangan. Banyak makan sayur dan buah, gandum, dan kurangi kandungan lemak dalam diet Anda.
  2. Biasakan untuk berolahraga dengan intensitas sedang selama 30 menit selama 6 hari per minggu. Lari di sekitar rumah bisa jadi cara mudah untuk selalu sehat.
  3. Kurangi tingkat stres Anda dengan melakukan aktivitas peregangan seperti yoga, latihan pernapasan, dan meditasi selama setidaknya 60 menit setiap hari.
  4. Lakukan perawatan kulit secara rutin. Anda dapat mulai mengaplikasikan krim malam ketika menjelang tidur dan mulai menggunakan pelembap untuk wajah pada pagi hari.

Stop kebiasaan buruk seperti merokok yang diyakini dapat mempercepat penuaan kulit. Selain efeknya yang buruk untuk organ tubuh, rokok juga mengancam kulit sehat menjadi lebih mudah keriput. Hal itu terjadi karena rokok banyak mengandung zat beracun serta bahan aktif berbahaya yang akan mempercepat penuaan.

Bagi Anda penggemar kopi, cobalah untuk membatasi konsumsi minuman tersebut. Pasalnya, kafein juga berkontribusi dalam menyebabkan penuaan dini.

“Air putih juga sangat bermanfaat untuk mencegah datangnya jerawat di wajah. Jadi minumlah air putih delapan gelas sehari agar sehat dan tetap lembap, kencang serta terlihat awet muda,” dr. Kartika Mayasari, juga dari KlikDokter, menambahkan.

Mari mulai memberikan perawatan ekstra terhadap kesehatan kulit wajah, dengan melakukan berbagai langkah yang dapat membantu mengencangkan kulit. Menggunakan berbagai produk kecantikan juga tak ada salahnya, selama Anda berkonsultasi dengan dokter. Jangan lupa untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV dan merawat kecantikan kulit dari dalam dengan menerapkan pola makan sehat, rutin berolahraga, tidur yang cukup, serta jauhi hal-hal yang dapat menyebabkan stres.

[RN/ RVS]