Gejala dan Cara Mengatasi Alergi Dingin pada Bayi
searchtext customer service

Cara Mengatasi Alergi Dingin pada Bayi

Kulit si Kecil bentol-bentol atau kemerahan saat berada di tempat dingin? Yuk, lakukan cara ini untuk mengatasi alergi dingin pada bayi.
Cara Mengatasi Alergi Dingin pada Bayi

Klikdokter.com, Jakarta Alergi dingin cukup sering dialami oleh bayi dan anak-anak. Sayangnya, penyebab alergi yang satu ini belum diketahui secara pasti. 

Namun, kondisi ini diduga terjadi karena adanya paparan dingin yang merangsang sel mast untuk mengeluarkan zat-zat yang dapat menimbulkan gejala alergi.

Agar lebih waspada, tentu orang tua perlu mengetahui apa saja gejala alergi dingin pada bayi serta cara mengatasinya. Berikut penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Mengenal Gejala Alergi Dingin pada Bayi

Mengenal Gejala Alergi Dingin pada Bayi

Umumnya gejala alergi dingin mulai muncul setelah kulit terpapar suhu dingin, baik udara, air, atau benda yang dingin, dalam kurun waktu tertentu. 

Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, penderita alergi dingin bisa sampai mengalami syok, detak jantung berdebar-debar, sesak napas, ataupun kehilangan kesadaran (pingsan).

Alergi dingin pada bayi memiliki beberapa gejala. Tanda dan gejala yang paling sering muncul adalah:

  • Bersin-bersin
  • Mata tampak berair
  • Rasa gatal juga dapat membuat bayi menggaruk-garuk bagian hidung dan mengusap matanya. Gejala ini muncul saat bayi dipaparkan dalam kondisi dingin, misalnya di pagi hari atau jika tidur dalam ruangan dingin ber-AC
  • Batuk-batuk
  • Produksi lendir berlebihan yang menyebabkan suara “grok-grok”
  • Bentol dan kemerahan pada kulit
  • Kondisi berat hingga dapat menyebabkan sesak napas

Artikel lainnya: Alergi pada Kulit Bayi yang Perlu Anda Tahu 

Tips Mengatasi Alergi Dingin pada Bayi

Tips Mengatasi Alergi Dingin pada Bayi

Guna mencegah maupun menangani alergi dingin, maka perlu menghindari pencetusnya. Berikut ini adalah cara mengatasi alergi dingin pada bayi:

1. Hindari Paparan Dingin

Pada kasus alergi dingin, tentu saja hal pertama yang perlu dicegah adalah paparan dingin, misalnya pendingin ruangan. 

Saat pagi hari yang dingin, berikan selimut pada bayi untuk mencegah munculnya gejala alergi. Selain itu, hindari membawa bayi keluar pada kondisi dingin seperti saat hujan. 

2. Berikan Paparan Sinar Matahari

Berikan paparan sinar matahari agar bayi menjadi lebih hangat. Akan tetapi, jika ingin menjemur bayi, tunggulah hingga matahari terbit agar udara lebih hangat.

3. Pastikan Ruangan Bayi Tetap Hangat

Salah satu cara mengatasi alergi dingin pada bayi adalah dengan memastikan ruangannya tetap hangat.

Jika bayi berada di ruangan yang dingin, buatlah ruangan menjadi lebih hangat dengan mematikan pendingin ruangan dan membuka jendela untuk membuat udara dingin keluar dari ruangan dan bersirkulasi.

4. Menjaga Kelembapan Kulit Bayi

Jagalah kelembapan kulit bayi dengan mengoleskan pelembap setelah mandi. Hal ini dilakukan untuk menghindari kondisi dermatitis atopik karena bayi memiliki kecenderungan alergi.

Artikel lainnya: Pengobatan Alami untuk Anak Alergi

5. Oleskan Minyak Telon pada Bagian yang Gatal

Salah satu gejala alergi adalah gatal. Jika bayi Anda terlihat gatal, Anda dapat membantu meredakannya dengan memberikan minyak telon pada bagian yang digaruk.

6. Pakaikan Baju Lengan Panjang, Celana Panjang, dan Kaus Kaki

Pada cuaca yang dingin, Anda dapat memakaikan bayi Anda baju lengan panjang, celana panjang, dan kaus kaki. Dengan begitu, bayi Anda merasa lebih hangat dan menghindari terjadinya alergi dingin.

7. Menyelimuti si Kecil

Selain memakaikan pakaian, Anda dapat memberikan tambahan ekstra selimut untuk membuat bayi Anda menjadi lebih hangat. Anda juga dapat memeluknya dan memberikan kehangatan dari tubuh Anda.

8. Berikan ASI Hangat

Setelah menggunakan pakaian lengkap dan selimut, Anda dapat memberikan ASI yang hangat. ASI yang hangat dapat membuat bayi merasa hangat dari dalam.

9. Berikan Obat

Biasanya untuk anak yang sudah memiliki riwayat alergi sebelumnya, dokter akan memberikan obat untuk meredakan gejala alergi jika tiba-tiba kambuh. 

Anda dapat menggunakan obat-obatan tersebut untuk mengatasi alergi dingin pada bayi, dan tentunya harus sesuai dengan petunjuk dokter yang memberikannya.

10. Bawa ke Dokter 

Jika cara-cara di atas belum dapat mengatasi alergi dingin pada bayi Anda, sebaiknya Anda membawa bayi Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang sesuai.

Baca Juga

Demikian gejala alergi dingin pada bayi dan cara mengatasinya. Apabila cara-cara yang telah dijelaskan belum dapat meredakan kondisi buah hati Anda, segeralah bawa ke dokter untuk diperiksa.

Baca artikel lainnya mengenai kesehatan anak di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Live Chat 24 jam.

[RS]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Ifrah Ayuna Siregar, M. Ked(Ped), Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Marlina Tanjung, M. Ked, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 40.000
avatar

dr. Nenvy Gracia Wantouw, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 30.000

ARTIKEL TERKAIT

Penyebab Batuk Rasa Logam yang Tak Bisa Disepelekan

Info Sehat
09 Mar

Alergi Bisa Bikin Sesak Napas, ini Sebabnya

Info Sehat
04 Mar

Si Kecil Alergi Debu, Harus Bagaimana?

Info Sehat
24 Feb

Cara Ampuh untuk Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan

Info Sehat
18 Feb

Kenali Alergi pada Ibu Hamil

Info Sehat
02 Feb

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat