Ini Alasannya Mengapa Anda Perlu Akupunktur

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 07 Jun 2018, 16:20 WIB
Akupunktur dapat memberikan segudang manfaat sehat bila dilakukan secara rutin dan teratur. Cari tahu di sini selengkapnya.
Ini Alasannya Mengapa Anda Perlu Akupunktur (Andrey Popov/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Ketika ilmu pengetahuan semakin menunjukkan bahwa terapi akupunktur dari Cina kuno dapat seefektif obat-obatan, semakin banyak dokter yang mengakui keabsahannya. Pada saat yang sama, penemuan baru yang menarik tentang bagaimana akupunktur bekerja juga menguatkan posisinya sebagai perawatan medis yang bonafide secara menyeluruh.

Asisten profesor di Harvard Medical School, Joseph F. Audette, menyebutkan bahwa saat ini terdapat banyak penelitian yang mendukung penggunaan akupunktur untuk meningkatkan kesehatan tubuh, khususnya mengobati penyakit.

Penelitian dari Indiana University School of Medicine menemukan bahwa akupunktur mendorong pelepasan sel-sel induk yang dapat membantu perbaikan jaringan dalam tubuh. Terapi ini juga menghasilkan zat antiperadangan yang berhubungan dengan proses penyembuhan.

Akupunktur juga memiliki efek menenangkan sistem saraf, sehingga dapat meremajakan tubuh dengan lebih cepat. Dilansir dari Shape.com, hal tersebut bisa terjadi karena akupunktur begitu kompleks namun ajaib dalam merespons penyakit.

Mengungkap manfaat sehat akupunktur

Ketika jarum menusuk tubuh, benda tajam ini akan merangsang saraf kecil di bawah kulit dan memicu reaksi berantai yang mematikan respons tubuh. Sebagai akibatnya, tingkat stres akan menurun drastis.

“Akupunktur melemaskan otot-otot Anda, memperlambat denyut jantung Anda, dan mengurangi peradangan untuk meningkatkan penyembuhan. Terapi ini juga memiliki efek samping yang lebih kecil,” kata Audette.

Lebih jauh, Audette mengatakan bahwa efek analgesik akupunktur sangat kuat dan efektif untuk tubuh. Penelitian yang ada mengungkapkan bahwa terapi ini berguna untuk membantu mengatasi masalah pencernaan, misalnya sindrom iritasi usus.

Di sisi yang sama, penelitian lain dari Arizona State University menyebut bahwa akupunktur dapat mengurangi perasaan stres hingga tiga bulan setelah perawatan. Kondisi ini diyakini memiliki kaitan dengan sebuah sistem yang mengendalikan reaksi tubuh terhadap stres.

Sederet manfaat di atas disinyalir baru sebagian kecilnya saja. Para peneliti menyebut bahwa fungsi akupunktur lainnya meliputi pengurangan frekuensi migrain, meminimalisir gejala PMS, meringankan insomnia, meningkatkan efektivitas obat depresi, menurunkan tekanan darah pada orang dengan hipertensi, dan mengurangi efek samping obat kemoterapi.

Anggapan medis terkait akupunktur

Akupunktur yang telah dilakukan sejak 3000 tahun silam ini berpendapat bahwa kesehatan terjadi jika energi (qi) dalam tubuh stabil. Apabila terjadi ketidakseimbangan dalam qi, maka akan terjadi penyakit.

“Praktisi akupunktur percaya bahwa qi mengalir di garis meridian tubuh. Jika titik-titik tertentu di sepanjang garis meridian tersebut dirangsang dengan penusukan jarum, maka keseimbangan energi qi dapat dikembalikan. Dengan kata lain, penyakit dapat disembuhkan dengan menyeimbangkan qi,” kata dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter.

Belakangan ini, tercatat semakin banyak orang yang melakukan terapi akupunktur. Hingga tahun 2007 saja, penggunaan akupunktur sebagai terapi alternatif kian meningkat hingga 31%.

Terkait manfaat, dr. Karin menjelaskan bahwa berbagai penelitian telah membuktikan efektivitas akupunktur sebagai terapi nyeri sendi, terutama osteoartritis (OA) dan reumatoid artritis (RA). Jadi, dapat disimpulkan bahwa akupunktur efektif dalam memberikan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Sekarang sudah jelas ‘kan mengapa Anda perlu akupunktur? Lakukanlah terapi ini secara rutin dan teratur. Imbangi pula dengan konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, rajin olahraga, cukup istirahat, hindari merokok dan alkohol. Dengan demikian, akupunktur yang Anda lakukan bisa membawa manfaat yang lebih sempurna. Meski demikian, jika sebelumnya Anda sudah memiliki penyakit tertentu dan ingin menjalani akupunktur, konsultasikan dulu dengan dokter Anda.

[NB/ RVS]